30
Mar

Cara Mengatasi Bak Mandi Rembes Atau Bocor

sumber : 99.co

CARA MENGATASI BAK MANDI REMBES DAN BOCOR

Arsitek Indo Kontraktor – Bak mandi pada kamar mandi Anda, jika tidak diperhatikan dalam segi perawatannya. Resiko terbesar akan terjadi pada kerusakan pada bak kamar mandi Anda. Salah satunya adalah terjadi kendala rembes atau bocor. Nah siapakah diantara kalian yang sedang mengalami ini? Yuk simak ulasan berikut ini, untuk ulasan kami mengenai cara mengatasi bak mandi rembes atau bocor.

Mendeteksi Letak Rembes

Kalau kebocoran yang terjadi karena ada guncangan seperti gempa atau karena kejatuhan benda berat, maka akan mudah dideteksi. Akan tetapi jika rembesan terjadi tiba-tiba bukan karena kejadian tertentu, mungkin akan sulit memeriksanya. Karena itu, lakukan cara berikut ini.

Pertama, isi bak mandi sampai penuh. Setelah itu jangan gunakan kamar mandi sampai sekitar 5 jam atau setengah hari. Pada tahap ini pastikan kamar mandi Anda kering tanpa aktifitas apapun. Kemudian lihat bagian bak mana yang basah. Fokuslah pada sisi yang basah itu, dan raba apakah ada lubang kecil yang menjadi sumber bocornya air.

Biasanya lubang-lubang ini ada di sela-sela nat keramik atau permukaan keramik yang hampir amblas. Bila lubang kebocoran itu sangat kecil, nantinya akan sulit untuk ditutup. Karena itu Anda bisa memperbesar ukuran lubang tersebut dengan cutter. Hal ini dimaksudkan agar proses perbaikan berjalan lebih mudah.

Baca juga : Kenali Bakteri Kamar Mandi

Memperbaiki Bagian Bak yang Rembes dan Bocor

Secara umum langkah paling mudah yang bisa diambil untuk memperbaiki bak yang bocor adalah dengan menggunakan lem silikon untuk akuarium. Lem ini dapat didapatkan dengan mudah. Caranya pun simple dengan menempelkan lem tersebut di bagian permukaan lubang, area tengah, dan belakang lubang. Setelah lemnya diaplikasikan, kemudian tunggu beberapa saat sampai lemnya mengering dan menggumpal.

Cara tersebut sangat praktis untuk masalah yang tergolong kecil. Namun jika Anda mengalami beberapa masalah lain, seperti nat lepas, keramik retak, atau keramik ambles, dibutuhkan cara ekstra untuk dapat memperbaiki bak mandi Anda. Cukup siapkan semen putih, lem fox, dan cetokan pasir. Atau jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah, Anda cukup membeli semen nat yang sudah tersedia di dalam kemasan.

Nat terlepas. Nat yang terlepas biasanya akan merusak keramik juga. Karena itu lepaskan keramik yang ada di sekitar nat terlebih dahulu. Bersihkan dindingnya dan pasangkan keramik dengan pasir dan semen. Tambahkan campuran semen putih dan lem, atau cukup dengan semen nat untuk menambal nat pinggiran keramik.

mengatasi bak mandi bocor - bestseller.superbangunjaya.com

Jika ada keramik yang retak atau pecah, maka Anda harus siapkan perlengkapan tambahan sapu lidi dan keramik baru. Jika semua sudah disiapkan, campurkan semen abu-abu dengan lem fox. Kemudian masukkan adonan ini pada bagian lubang yang retak. Setelah itu gunakan sapu lidi untuk mengisi retakan-retakan yang kecil.

Keramik yang ambles bisa terjadi karena pembuatan bak mandi yang sebelumnya tidak dibangun dengan adonan yang baik. Sehingga akibatnya sedikit goncangan saja dapat membuat bak air jadi ambles. Karena pergeseran yang terjadi, terjadi celah pada bak dan menyebabkan rembes. Nah, untuk mengatasinya, Anda harus mencopot keramiknya terlebih dahulu. Berikan adonan semen baru pada permukaan keramik agar keramik yang baru bisa sejajar dengan keramik lain.

sumber : https://bestseller.superbangunjaya.com/