Cara Menentukan Lingkungan Rumah Sehat
18
Nov

Cara Menentukan Lingkungan Rumah Sehat

Cara Menentukan Lingkungan Rumah SehatCARA MENENTUKAN LINGKUNGAN RUMAH SEHAT

Lingkungan Rumah Sehat – Untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan sehat, salah satu pendukungnya adalah dengan lingkungan yang tepat juga. Lingkungan yang sehat ini akan menciptakan rumah yang nyaman. Nah berikut ini adalah beberapa cara menentukan lingkungan rumah yang sehat.

1. Siapa yang tinggal di perumahan tersebut?

Tipe tetangga seperti apakah penghuni di perumahan tersebut? Apakah keluarga dengan anak-anak yang masih kecil atau anak-anaknya sudah beranja remaja? Keluarga pensiunan? Masih lajang atau sudah menikah?

Jika Anda sudah memiliki anak, maka perhatikan apakah di lingkungan tersebut ada teman sebaya yang bisa diajak bermain bersama anak Anda. Hal ini baik bagi anak Anda untuk belajar bersosialisasi.

2. Bagaimana perawatan rumah di lingkungan tersebut?

Perhatikan bagaimana lingkungan rumah tersebut terlihat secara keseluruhan. Berjalan kakilah di sekitar area rumah dan lihat bagaimana keadaan rumah lain.

Apakah rumput di rumah-rumah tersebut tercukur dengan rapi? Apakah jalanan yang dilalui mobil cukup bersih? Apakah rumah-rumah tersebut masih dalam bentuk fisik yang cukup baik atau sudah rapuh?

3. Suara bising di lingkungan perumahan

Selagi berjalan kaki di area perumahan, perhatikan bagaimana suasana lingkungan tersebut. Apakah suara gonggongan anjing, anak-anak yang bermain, suara kereta api atau mobil di jalanan cukup terdengar dari rumah?

Bila ketenangan merupakan hal yang penting untuk Anda, perhatikan suara-suara di sekitar rumah dengan seksama. Jangan sampai Anda salah memilh lokasi tempat tinggal seperti dekat dengan sekolah atau pasar.

4. Bau di sekitar rumah

Meskipun terdengar konyol, tapi bau yang ada di sekitar rumah bisa menjadi indikasi penting dalam memilih sebuah rumah. Apakah lokasi rumah dekat dengan pabrik atau mungkin lokasinya dekat dengan peternakan ayam.

Hal-hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, namun mungkin juga tidak ap bila sebelumnya Anda memang sudah terbiasa dengan bau-bau tersebut.

5. Sekolah

Jika Anda memiliki anak (atau mungkin baru berencana), apakah lebih memilih lokasi rumah yang dekat dengan sekolahan incaran? Untuk kebanyakan orang tua, sekolah menjadi bahan pertimbangan utama ketika membeli sebuah rumah.

6. Perjanjian dengan pengembang

Anda bisa menanyakan kepada tetangga di sekitar rumah apakah pengembang berkomitmen dalam menjaga keadaan lingkungan perumahan. Mulai dari sistem keamanan, estetika lingkungan perumahan seperti jalan utama, rumput taman, hingga fasilitas pemasangan air dan juga listrik.

Biasanya ketika membeli pengembang akan menjabarkannya, dan penghuni perumahan sendiri akan ditarik iuran bulanan untuk memenuhi kebutuhan ini.