05
Jan

Cara Menata Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga

Cara Menata Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Setiap orang tentu ingin memiliki rumah dengan ruangan yang lengkap. Sayangnya, bujet yang terbatas menjadi hambatan untuk mewujudkannya. Tak apalah punya rumah seadanya dulu, tipe 36 atau 45 yang ruang tamu dan keluarganya jadi satu. Nggak perlu khawatir, ruang tamu sekaligus ruang keluarga ini bisa didesain menarik agar bisa dimaksimalkan fungsinya. Berikut ini cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga.

Tips dan Trik Cara Menata Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga

Umumnya ruang tamu ini letaknya di bagian depan rumah dan dipisahkan dari area ruangan lain yang lebih private seperti kamar tidur dan ruang keluarga.

Akan tetapi, pada sebagian rumah tata ruang sengaja dibuat tidak bersekat yang perlu ditata sedemikian rupa supaya tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain bisa membuat ruangan lebih enak dilihat, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga jika dilakukan dengan tepat juga dapat tetap memberikan privasi bagi penghuni rumah.

Berikut ini beberapa inspirasi cara penataan ruang tamu sekaligus ruang keluarga yang dapat Anda contoh:

a. Jaga privasi dengan partisiPartisi Ruangan, Solusi Menjaga Privasi Di Rumah Sempit | homify

Agar ruangan tidak terlihat sempit, hindari penggunaan partisi yang tebal dengan ukuran besar seperti lemari contohnya.Partisi ruang bisa dipilih jika memiliki ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga namun tetap ingin ada pembatas antara keduanya.

Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan partisi berupa ornamen-ornamen ataupun rak buku ataupun rak pajangan yang tipis. Meskipun tidak memisahkan kedua ruangan secara jelas, keberadaan partisi ini tetap dapat membatasi ruangan dan membuat aktivitas yang ada di ruang keluarga terasa terpisah.

READ  Tiruin Cara ini Agar Bangun Rumah Tidak Keluar Budget

b.  Gunakan desain ruangan yang senada

7 Cara Menata Ruang Tamu Yang Menyatu Dengan Ruang KeluargaCara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga pada rumah dengan luasan terbatas salah satunya dengan membuat desain ruangan yang sama agar ruangan terkesan lebih luas.

Hindari menggunakan desain yang berbeda antara ruang keluarga dan ruang tamu yang tidak memiliki sekat.

Selain ruangan akan terlihat janggal, masing-masing sudut ruangan juga akan terlihat lebih sempit. Gunakan warna cat yang senada serta model perabot yang juga seragam. Penataan kedua ruangan dengan desain yang sama akan membuat tampilan ruang lebih lapang dan nyaman.

Anda bisa pula membedakan warna dinding antara ruang tamu dan keluarga untuk membedakan keduanya. Akan tetapi gunakan warna yang masih selaras supaya perbedaan tidak terlihat mencolok dan keseluruhan ruangan masih terlihat harmonis.