05
Jan

Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3×3 Terlihat lebih Luas dan Nyaman

Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3×3  Terlihat lebih Luas dan Nyaman

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Desain rumah minimalis memang banyak dipertimbangkan untuk hunian dengan konsep perumahan. Bahkan konsep ini juga sering diterapkan untuk apartemen dengan tipe studio yang ukurannya cukup kecil. Namun memikirkan tata ruang rumah dengan ukuran yang kecil memang tidak mudah. Pada dasarnya model rumah seperti ini harus memiliki bagian inti dari rumah seperti ruang tamu, ruang tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dapur dan garasi. Sementara taman dan keperluan eksterior rumah lain bisa dipertimbangkan setelah rumah selesai dibangun. Berikut ini Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3×3  Terlihat lebih Luas dan Nyaman.

Ruang Tamu Sempit Dapat Diatasi dengan Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3×3 Ini

Anda pasti sudah tidak asing dengan desain rumah minimalis yang banyak dijumpai di Indonesia. Nah, desain interior ruang tamu minimalis modern ini sangat cocok diterapkan untuk membuat ruangan tamu Anda tetap terlihat luas dan cantik. Ada trik-trik tertentu yang bisa Anda terapkan untuk menciptakandesain ruang tamu kecil agar tetap terlihat luas, diantaranya:

a.  Pemilihan warna yang pas
Teori Warna - Canva

Permainan warna memberikan efek yang cukup nyata pada kesan keseluruhan ruangan. Warna-warna cerah bisa memberikan efek ruangan yang lebih luas. Anda bisa menggunakan warna cerah dengan nuansa pastel seperti cokelat muda, hijau muda, kuning muda, biru muda, putih tulang ataupun warna-warna cerah lainnya. Warna-warna pastel dapat memberikan kesan ruangan yang lebih tenang dan nyaman.

Warna-warna cerah bisa memberi kesan ruangan lebih ceria sedangkan warna netral memberi kesan ruangan yang lebih hangat. Anda bisa menggunakan satu warna untuk semua sisi dinding ataupun mengkombinasikannya dengan warna lain yang senada. Penggunaan kombinasi warna lain di salah satu sisi dinding akan memberikan kesan lebih manis pada ruangan.

READ  5 Hiasan Kamar Tidur Esktra Nyaman dan Terjangkau

b.  Penataan dan pemilihan furniturTips Mendekorasi Ruang Keluarga Simpel Tanpa Banyak Budget

Salah satu furnitur yang perlu dihindari untuk ruang tamu ukuran 3×3 m adalah model furnitur klasik dengan model yang glamour. Penggunan furnitur minimalis selain akan membuat ruangan lebih lapang juga akan memberikan kesan lebih modern, rapi dan elegan. Sementara itu penggunaan model klasik akan membuat ruangan terlihat penuh dan sempit.Teknik pemilihan dan penataan furnitur di ruang tamu juga sangat berpengaruh terhadap keseluruhan tampilan ruangan. Sebaiknya pilihlah model furnitur yang minimalis atau sederhana. Hindari penggunaan furnitur dengan ukuran besar dan model yang terlalu rumit. Furnitur ini bisa diletakkan dengan bentuk letter L menempel pada dinding untuk memberikan sisa ruang yang lebih lapang untuk pergerakan Anda.