Cara Menabung Untuk Membeli Rumah
14
Okt

Cara Menabung Untuk Membeli Rumah

Cara Menabung Untuk Membeli RumahCARA MENABUNG UNTUK MEMBELI RUMAH

Membeli Rumah – Kebanyakan orang menganggap bahwa menabung hanyalah teori belaka. Namun tahukah Anda, jika menabung ini akan membuahkan hasil kita akan membeli rumah dengan mudah di masa depan kita.

Ya, gak ada yang salah kok saat kamu menginginkan sesuatu. Asal bersungguh-sungguh dan kerja keras pasti keinginanmu bisa terwujud, salah satunya membeli rumah.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat memiliki rumah sendiri yang kini harganya sangat fantastis adalah dengan menerapkan beberapa tips menabung yang simpel dan sederhana banget ini.

Gak usah berlama-lama lagi, berikut adalah empat tips menabung buat kamu yang pengin punya rumah sendiri :

1. Investasi sejak dini

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai terjun investasi sejak dini. Pasalnya, keuntungan yang didapat dari investasi itu umumnya jangka panjang.

Maksudnya di sini adalah, keuntungan yang kamu dapatkan dari investasi baru akan terasa di beberapa tahun bahkan puluhan tahun mendatang.

Kamu juga gak perlu merogoh kocek besar untuk memulai investasi kok. Pasalnya, kini udah banyak banget instrumen investasi modal kecil bahkan ada yang Rp 50 ribu lho.

Kalau ingin lebih terasa untungnya, kamu bisa terjun ke investasi saham langsung. Tapi sebelumnya, kamu perlu memahami betul cara bermainnya biar gak bangkrut. Atau kalau mau aman, kamu bisa memilih investasi emas batangan atau reksadana.

2. Terapkan gaya hidup hemat

Hemat bukan berarti pelit. Jadi kamu tetap bisa membeli barang kebutuhanmu tapi hanya caranya aja yang berbeda. Gimana maksudnya?

Ya, misalnya selama ini kamu beli sabun mandi dengan ukuran sedang yang habis setiap dua minggu. Untuk selanjutnya, kamu bisa membeli sabun mandirefill ukuran besar yang biasanya untuk harga tidak terlalu jauh.

Meskipun kamu harus mengeluarkan uang lebih besar beberapa ribu di awal. Tapi, nyatanya hal itu menjadi salah satu cara berhemat lho.

Kalau biasanya sabun mandi habis dalam 2 minggu dan kamu harus beli lagi. Untuk ukuran besar, umumnya akan habis di waktu 1 bulan. Walaupun hanya selisih beberapa ratus rupiah, tapi tetap aja berhemat bukan?

Memulai pola hidup hemat memang akan terasa sulit di awal, terutama buat kamu yang terbiasa mengeluarkan uang tanpa pikir panjang.

Tapi percaya deh, berhemat akan membawa kamu ke masa depan yang jauh lebih cerah banget lho.

3. Membuat financial plan setiap bulan

Percaya atau tidak, membuat financial plan setiap bulan akan membantu untuk menggapai impian kamu lho.

Jadi, dengan adanya rencana keuangan tentu akan membuat kamu lebih cermat dan perhitungan. Kamu juga akan terhindar dari kebiasaan menghabiskan uanggak jelas.

Selain itu, financial plan juga akan membantu kamu untuk memiliki hitungan yang tepat untuk memenuhi semua kebutuhan dan bahkan keinginan.

Untuk beli rumah, kamu harus menetapkan jumlah yang akan konsisten setiap bulan di tabung. Seberapa pun nominalnya, kamu harus patuh dengan jumlah yang sudah ditetapkan.

4. Membuat rekening tabungan yang gak bisa diambil

Tips menabung selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar dapat beli rumah adalah dengan membuat rekening tabungan yang gak bisa diambil.

Hal itu bertujuan agar kamu dapat terhindar dari godaan saat menabung. Pasalnya kalau gak seperti itu, saat kamu melihat ada barang sedang diskon, bisa saja langsung tergoda untuk menggunakannya.

Karena itu sebaiknya miliki rekening tabungan yang gak bisa diambil. Sudah banyak kok ditawarkan oleh bank, salah satunya adalah tabungan berjangka.

Itu dia empat tips menabung yang mudah banget dilakukan buat kamu yang ingin memiliki rumah sendiri. Yuk, wujudkan impianmu dengan mengikuti trik di atas.