16
Apr

Cara Memilih Furniture Jati Yang Berkualitas

CARA MEMILIH FURNITURE JATI YANG BERKUALITAS

Macam Jenis Kayu Jati

  • ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dalam memilih furniture yang berbahan dasar kayu jati memang harus benar benar mempertimbangkan beberapa hal. Agar anda tidak salah membeli furniture yang berasal dari kayu jati, kami berikan tips bagaimana memilih furniture kayu jati yang memiliki kualitas kayu yang bagus. Mari simak ulasan di bawah ini.
  • Pilih Mebel Jati Yang Dibuat Dari Kayu Jati Tua

Pertimbangan pertama pada serangkaian cara memilih mebel jati yang bagus adalah memastikan Anda memilih mebel dari kayu jati yang sudah tua. Mengapa demikian? Mebel jati yang tua umumnya lebih kokoh dan lebih indah daripada mebel jati lebih muda. Kayu jati tua memiliki ciri-ciri unggul yang sekaligus bisa Anda jadikan panduan saat memilih mebel jati, yakni memiliki tekstur serat kayu yang padat, lebih berat, lebih keras, dan memiliki warna coklat kemerahan yang rata.

  • Pilih Mebel Jati Yang Tidak Berlubang-Lubang

Perhatikan dengan seksama bagaimana kondisi mebel jati Anda. Cermati adakah lubang-lubang pada berbagai sisi? Keberadaan lubang pada mebel umumnya menunjukkan mebel tersebut sedang terserang hama kayu. Mebel mungkin terlihat dalam kondisi baik namun bagian dalam sudah rapuh. Usianya pun tidak akan begitu lama seperti Anda harapkan.

Baca Juga : Plus Minus Menggunakan Kayu Pinus

  • Pilih Mebel Jati Yang Konstruksinya Kuat

Cara memilih mebel jati yang bagus untuk poin ketiga adalah memperhatikan konstruksinya. Seringkali mebel mudah rusak bukan karena jenis kayu namun karena salah konstruksi. Untuk memilih mebel jati dengan konstruksi yang baik, perhatikan tingkat simetrinya dan cobalah berulang-ulang.

  • Pilih Mebel Jati Yang Finishingnya Bagus

Bagus tidaknya finishing yang diaplikasikan bisa dinilai dari estetika, ketahanan, kualitas proteksi, dan ketepatannya. Bila perlu tanyakan pada penjual mebel, jenis finishing yang diterapkan dan sampai berapa lama lapisan finishing bisa bertahan. Bila memerlukan mebel jati untuk diletakkan di bagian luar rumah seperti teras, tanyakan pula apakah finishing yang diterapkan cocok untuk luar ruangan. Sebab, kondisi luar ruangan memerlukan aplikasi finishing yang berbeda dengan finishing keperluan indoor.

Baca Juga : Plus Minus Menggunakan Kayu Pinus

  • Pilih Mebel Jati Dari Brand Terpercaya

Brand memang tak bisa menjamin kualitas semua produk. Namun, bisa dijadikan indikator kasar dalam menentukan bagus tidaknya mebel jati yang Anda beli. Hanya saja jangan terlalu terpaku pada brand, karena bisa melupakan pertimbangan yang lain..