12
Sep

Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami Yang Ramah Lingkungan

Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami Yang Ramah Lingkungan

Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami Yang Ramah Lingkungan – Siapa sih yang tidak menginginkan kamar wangi? Biasanya daripada harus membuat sendiri kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli pengharum ruangan. Pengharum ruangan yang sering ditemui di supermarket biasanya berbentuk model spray dan menggunakan aerosol agar wanginya tercium dan mudah tersebar di ruangan.

 

Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya pengharum ruangan ini membahayakan kesehatan?

Pengharum Ruangan Tidak Sepenuhnya Fresh

Zat kimia yang berfungsi untuk menyebar dan memperkuat wewangian di pengharum ruangan dikenal sebagai aerosol, yang juga digunakan untuk obat pengusir nyamuk. Mulai dari kanker hingga pertumbuhan yang abnormal, menghirup aerosol dalam jumlah banyak akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Mungkin setelah membaca informasi tadi, Anda berpikir, lebih baik punya kamar yang tidak memiliki wewangian daripada membahayakan diri sendiri. Sebenarnya, kamar wangi bisa Anda dapatkan tanpa harus membahayakan kesehatan. Kamu hanya membutuhkan botol spray, isopropyl alcohol, minyak esensial, dan air. Yuk, cek di bawah ini.

1. Tuangkan alkohol ke dalam botol spray

Isopropyl alcohol biasanya digunakan sebagai disinfektan dan tidak begitu berbahaya dibandingkan aerosol. Tuangkan sekitar 1 sendok makan ke dalam botol, alcohol ini akan berfungsi sebagai pengikat wewangian yang akan kita gunakan nanti. Kalau tidak ingin menggunakan alkohol, kamu bisa menggunakan toner witch hazel yang bisa ditemui di apotek. Hanya saja, witch hazel memiliki harga yang lebih mahal dari alkohol.

2. Teteskan essential oil pilihan Anda

Kalau ingin memiliki kamar yang segar, Anda bisa memilih wangi lemon untuk memberikan suasana fresh.  Untuk Anda yang menginginkan aroma kamar pereda stress, bisa memilih wangi lavender. Tambahkan 30 tetes essential oil ke dalam alkohol di dalam botol spray.

3. Aduk isi botol sekitar 10 kali

Untuk mencampurkan alkohol dengan essential oil, Anda harus mengaduknya hingga kedua bahan ini tercampur. Cukup aduk sekitar 10 kali agar alkohol tidak cepat menguap.

4. Tambahkan air

Agar spray Anda menjadi ramah lingkungan dan tidak membahayakan, campurkan dengan air. Air yang sudah melalui proses distilasi jauh lebih baik ketimbang air keran biasa, karena berarti tidak akan ada bau keran aneh yang tercampur dengan pengharum ruangan Anda. Jadi, membuat pengharum ruangan alami buatan sendiri tidak repot kan? Bahan-bahan yang Anda gunakan pun dapat dicari dengan mudah dan memiliki harga terjangkau.

Apakah Anda masih tertarik untuk membeli pengharum ruangan di supermarket?