04
Mei

CARA MEMBUAT KELAMBU GANTUNG

CARA MEMBUAT KELAMBU GANTUNG DAN KEUNTUNGANNYA

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Adanya nyamuk pada kamar tidur memang sangat menjengkelkan. Anda dapat membuat sendiri untuk kelambu gantung sobat. Tata cara membuatnya pun tergolong mudah. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai tata cara membuat kelambu untuk kamar tidur dan keuntungannya. Mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

Keuntungan Menggunakan Kelambu Gantung

Namun demikian masih banyak juga orang yang masih memilih untuk menggunakan kelambu gantung karena alasan-alasan sebagai berikut:

  • Kelambu gantung memiliki desain atau model klasik yang cocok bagi beberapa orang yang lebih suka dengan desain klasik dan vintage.
  • Karena sifatnya yang semi-permanent Anda tidak perlu membongkar pasang kelambu gantung setiap hari, cukup digulung atau diikat saja di pagi hari dan cukup dibuka gulungannya dan ikatannya jika ingin digunakan.
  • Beberapa orang yang terbiasa tidur dengan menggunakan kelambu gantung merasa lebih nyaman dan aman ketika tidur dengan kelambu gantung karena memang didesain untuk membuat nyaman penggunannya.

Baca Juga : Jenis Kelambu Untuk Kamar Tidur

Cara Membuat Kelambu Gantung Sendiri

Walaupun saat ini sudah banyak pilihan jenis kelambu gantung yang bisa Anda beli dengan mudah tapi tetap saja beberapa orang lebih suka untuk menggunakan kelambu gantung buatan sendiri. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda salah satunya? Salah satu rekomendasi kelambu gantung yang mudah untuk dibuat adalah kelambu gantung bentuk bulat karena selain modelnya cantik dan unik juga cocok bagi Anda yang menyukai gaya vintage untuk tampilan kamar tidur Anda dan cara membuat kelambu gantung sederhana berbentuk bulat adalah sebagai berikut:

Baca Juga ; Merawat Tanaman Rambat Agar Tidak Merusak Bagian Rumah

  • Tentukan titik untuk menggantung kelambu di bagian atas tempat tidur. Boleh tepat ditengah-tengah ataupun agak ke atas dekat kepala. Tapi untuk membuat kelambu gantung sendiri disarankan dibuat ditengah-tengah sehingga proses menjahit bahan untuk kelambu tidak sulit.
  • Setelah itu siapkan sebuah lingkaran terbuat dari besi atau dari bambu lalu gantung di titik yang tadi sudah ditentukan.
  • Selanjutnya pilih jenis kain kelambu yang cocok untuk Anda. Sebaiknya pilih jenis bahan yang ringan namun tidak panas.
  • Ukur jarak dari gantungan ke lantai dengan perkiraan lengkungan kelambu (jangan dihitung lurus). Lalu hitung juga panjang keliling tempat tidur.
  • Gunakan jarak dari gantungan ke lantai untuk mengukur tinggi sementara keliling tempat tidur untuk panjang kelambu.
  • Jahit kelilingnya seluruh bagian kelambu dengan rapi lalu buat loop dibagian atasnya. Kemudian bisa menggunakan tali yang dapat ditemukan dengan mudah atau bisa dibuatkan dari bahan yang sama dengan membuat bahan kelambu.
  • Masukkan tali ke dalam loop yang tadi sudah dibuat kemudian gantung pada gantungan yang tadi sudah disiapkan lalu serut kelambu, ikat talinya agar tidak bergeser dan jatuh. Itu adalah cara memasang kelambu bulat paling mudah.