04
Mei

Cara Membetulkan Keran Air

CARA MEMBETULKAN KERAN AIR

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Anda menemui masalah dengan keran air rumah anda. Anda dapat menghemat biaya perbaikan keran air rumah anda sobat tanpa adanya tukang pipa pada rumah anda. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai tata cara membetulkan keran air dengan mudah. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini, Selamat Membaca !

Alat dan Bahan :

  • Keran air baru dengan ukuran yang sama seperti keran yang rusak (opsional)
  • Selotip khusus untuk pipa PVC
  • Lem khusus untuk pipa PVC
  • Kunci pas dengan ukuran sesuai diameter keran

Keran, selotip PVC, dan lem PVC bisa Anda dapatkan di toko bangunan terdekat.

Langkah-langkah :

  1. Matikan semua sumber air yang menuju ke keran air, baik dari pompa sumur, toren air, maupun PDAM. Saat sedang diperbaiki, tidak boleh ada aliran air yang keluar dari keran.
  2. Gunakan kunci pas untuk melepaskan keran air dari pipa dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam. Hati-hati saat melakukan ini agar tidak menimbulkan goresan.
  3. Jika keran masih bisa dipakai lagi, bersihkan pangkal keran tersebut dari sisa-sisa lem dan selotip lama. Bersihkan juga bagian dalam pipa PVC. Lap bagian pangkal pipa sampai kering.
  4. Setelah keran air dan pipa PVC telah bersih dan kering, lilitkanlah selotip pada pangkal pipa PVC dan keran air tersebut sebanyak kurang lebih 5-8 kali lilitan. Lakukan dengan rapi.
  5. Oleskan lem PVC pada pangkal keran air secara merata. Lalu segera pasang keran ini di lubang pipa PVC. Putar-putar searah jarum jam untuk mengencangkan sambungannya.
  6. Kencangkan sekali lagi sambungan tersebut menggunakan kunci pas. Anda harus memutar kunci ini searah dengan jarum jam. Pastikan sudah benar-benar rapat dan tak ada celah.
  7. Nyalakan sumber air, lalu cek apakah keran sudah tidak bocor lagi? Seharusnya sekarang kondisi keran air tersebut sudah normal kembali tanpa adanya kebocoran yang terjadi.