30
Sep

Cara Membersihkan Peralatan Dapur Agar Bebas Bakteri

Cara Membersihkan Peralatan Dapur Agar Bebas Bakteri

  1. Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Tak menimbulkan goresan pada wajan dan tidak meubah cita rasa masakan, peralatan memasak yang terbuat dari kayu memang memiliki beberapa kelebihan ketimbang alat masak besi atau stainless steel. Berikut ini cara membersihkan peralatan dapur agar bebas bakteri:
  2. A. Membersihkan Peralatan Dapur Sehabis Memasak

Mencuci peralatan dapur langsung setelah memasak sangatlah penting untuk mencegah berkembangnya bakteri. Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. 1. Sebelum peralatan dapur dicuci, buang terlebih dahulu sisa-sisa makanan pada peralatan dapur.
  2. 2. Isi bak pencuci piring Anda dengan air hangat dan sabun cuci piring Sunlight Higienis Plus.
  3. 3. Gosok peralatan dapur menggunakan spons bersih, pastikan Anda membersihkan dengan saksama sehingga tidak ada sisa makanan pada bagian paling sulit dijangkau sekali pun. Untuk wajan atau panci dengan noda gosong yang membandel, Anda dapat menggunakan Sunlight Extra Power.
  4. 4.  Anda dapat meniriskan peralatan dapur hingga kering atau menggunakan kain pengering khusus guna memastikan Anda telah membersihkan peralatan dapur dengan benar.
  1. B.  Memastikan Peralatan Dapur Bebas dari Bakteri

Jika Anda ingin membersihkan peralatan dapur Anda secara menyeluruh agar mencegah perkembangan bakteri, Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.Masukan peralatan dapur ke dalam panci besar yang telah terisi air.

2. Tutup panci, lalu rebus air hingga mendidih selama 5 menit. Buka penutup, diamkan hingga air berhenti mendidih lalu ambil alat dapur menggunakan penjepit.

3. Metode lain untuk membersihkan dan sterilisasi alat dapur adalah dengan cara mencampurkan satu sendok pemutih dan 1 galon air. Diamkan alat dapur Anda sebentar  lalu bilas menggunakan air panas.

  1. C.  Cara Membersihkan dan Menyimpan Alat-Alat Dapur

  2. 1.  Membersihkan Peralatan Dapur Berbahan Kayu

  3. a. Gosok menggunakan garam

Kandungan pada garam dapat membersihkan bakteri yang terdapat pada alat dapur berbahan kayu Anda. Sebelum memberi garam, langkah awal yang harus dilakukan adalah mencuci alat dapur berbahan kayu menggunakan air panas dan Sunlight Higienis Plus hingga benar-benar bersih. Lalu, taburkan garam pada peralatan dapur tersebut. Setelah itu, gosok menggunakan lemon hingga garam hilang. Fungsi garam yang dipadukan dengan lemon adalah sebagai penghilang bau tak sedap seperti bau amis ikan, serta untuk membersihkan noda yang tersisa pada peralatan kayu tersebut. Langkah selanjutnya, Anda dapat membilas dengan air dingin dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering.

  1. b.  Rendam dengan cuka

Apakah Anda pernah membersihkan alat dapur berbahan kayu Anda dengan sungguh-sungguh tetapi tetap tidak dapat menghilangkan bau sisa makanan? Jika Anda mengalaminya, cobalah untuk merendamnya menggunakan cuka seharian. Sama seperti khasiat paduan lemon dan garam, cuka mampu membasmi bakteri serta menghilangkan bau tidak sedap. Setelah merendamnya, Anda dapat membilas dengan air, lalu menjemurnya hingga benar-benar kering.

  1. c.  Sterilisasi peralatan berbahan kayu secara teratur

Bahan utama kayu memang rentan lembab sehingga mudah tumbuh kuman dan bakteri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan desinfeksi secara berkala dengan cairan hydrogen peroxide. Caranya, cuci alat dapur berbahan kayu dengan Sunlight Higienis Plus, setelah itu rendam menggunakan cairan desinfeksi tersebut selama 15 menit. Lalu, bilas menggunakan air bersih dan gantung hingga kering.

  1. d.  Langsung bersihkan setiap kali selesai digunakan

Setelah menggunakan alat dapur berbahan kayu, sebaiknya Anda segera membersihkannya. Bau pada sisa makanan dapat dengan mudah menempel pada alat dapur berbahan kayu. Setelah itu, Anda dapat bilas dan keringkan alat dapur berbahan kayu tersebut.

  1. e.  Poles menggunakan minyak

Minyak dapat membuat tampilan alat dapur berbahan kayu Anda terlihat seperti baru kembali. Selain itu, dengan mengoleskan minyak secara teratur dapat membuat alat dapur Anda lebih tahan lama. Minyak yang digunakan adalah minyak mineral atau jenis minyak lain yang biasa direkomendasikan untuk memasak. Caranya, Anda hanya perlu membalur minyak pada alat dapur Anda.

READ  Inspirasi Desain Lorong Rumah

f.  Bersihkan menggunakan baking soda

Jika bau sisa makanan membandel pada alat dapur tidak juga hilang, Anda dapat menggunakan baking soda sebagai alternatif. Menurut penelitian dari Cook’s Illustrated bahan paling efektif untuk menghilangkan bau pada peralatan dapur yang terbuat dari kayu adalah baking soda, mengalahkan penggunaan cuka, pemutih ataupun campuran lemon dengan garam. Baking soda merupakan cairan yang mudah larut dan menyerap sehingga dapat menetralkan zat asam yang terdapat pada alat dapur.

  1. 2.  Membersihkan Peralatan Dapur Berbahan Stainless Steel

Alat dapur berbahan stainless steel dapat memberi kesan modern di dapur. Warna silver pada stainless steel juga bisa memberikan kesan mewah dan elegan pada dapur minimalis. Kendati demikian, peralatan dapur berbahan stainless steel rentan terhadap bekas bercak air ataupun sidik jari.