08
Okt

Cara Membersihkan Furniture Rotan

Cara Membersihkan Furniture Rotan

Cara Membersihkan Furniture Rotan – Furniture berbahan rotan atau anyaman memiliki resiko yang cukup harus diperhatikan dengan baik jika dalam pembersihannya tidak tepat maka rotan tersebut akan terkelupas. Sebelum mulai membersihkan ada baiknya Anda mengetahui dahulu jenis apa rotan yang Anda miliki. Apakah rotan sintetis ataukah rotan asli. Biasanya untuk rotan berbahan sintetis lebih tahan lama dibandingkan dengan rotan alami.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena jika tahu caranya maka Anda akan membersihkannya dengan mudah dan nyaman. Berikut beberapa langkah-langkahnya.

1. Menggunakan Mesin Penyedot Debu

Sebagai langkah awal anda bisa menggunakan mesin penghisap debu untuk membersihkan kotoran-kotoran atau debu yang menempel sebelum mencucinya. Cara ini juga baik untuk anda lakukan dengan rutin secara mingguan agar mebel rotan anda bisa selalu nampak bersih. Menggunakan ujung berbulu panjang pada mesin memudahkan untuk menjangkau sela-sela dimana debu dan kotoran banyak bersarang. Perlu diperhatikan juga untuk tidak terlalu keras sehingga tidak akan melepas jalinan anyaman ataupun menggores bahan dari rotan tersebut.

2. Sikat Gigi 

Anda tidak harus menggunakan sikat gigi yang baru akan tetapi bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkan rotan kesayangan anda. Sikat gigi ini berfungsi untuk menjangkau daerah-daerah yang tidak bisa disentuh oleh mesin. Sebelumnya anda bisa membasahi terlebih dahulu bulu-bulu sikat gigi tersebut agar lebih bisa menangkap debu dengan maksimal.

3. Merapikan Dengan Gunting

Semakin lama atau semakin tua umur furniture rotan yang anda miliki maka semakin banyak pula serabut-serabut yang perlu dirapikan. Anda jangan sampai gatal untuk mencabut dan menarik sendiri serabut-serabut tersebut karena malah akan membuat mebel anda rusak. Ada baiknya gunakanlah gunting untuk merapikan anyaman-anyaman yang mulai lepas dengan cara menggunting serat-serat yang lepas.

4. Lap Dengan Larutan Deterjen

Sebelum melakukan langkah ini pastikan bahan rotan anda bukan berbahan rami. Diluar dari bahan itu anda bisa saja langsung menyemprotkan meja atau kursi rotan sintetis anda dengan air yang sebelumnya sudah ditaburi dengan deterjen atau diolesi dengan sabun cuci piring cair. Akan tetapi untuk rotan yang berbahan alami maka menggunakan kain lembab dengan larutan deterjen untuk mengelap permukaan tanpa harus membuatnya basah kuyup.

5. Keringkan

Sebenarnya metode untuk mengeringkan ini adalah bisa menggunakan kipas angin, hairdryer, dan sinar matahari. Untuk furniture berbahan sintetis bisa langsung dibawah sinar matahari karena apabila menggunakan hairdryer akan membuat bahannya meleleh jika terlalu panas. Sedangkan untuk yang berbahan dasar alami anda bisa menggunakan kipas angin ataupun hairdyer dengan pengaturan suhu yang dingin.  Furniture rotan alami juga jangan sampai dibiarkan terlalu lama basah karena itu akan memicu tumbuhnya jamur dan lumut.