arsitek jogja
11
Apr

Cara Memasang Lantai Vinyl

CARA MEMASANG LANTAI VINYL

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Untuk lantai rumah anda ada berbagai banyak pilihan, ada yang menggunakan lantai keramikm lantai kayu, lantai beton dan lain lain. Salah satunya yang sering anda temui juga lantai yang mengguanakan bahan vinyl. Jika anda memilik mengguankan lantai berbahan dasar vinyl maka anda harus tahu cara pemasangannya terlebih dahulu. Nah, dlam artikel di bawah ini akan di bahas mengenai cara memasang lantai vinyl dengan benar. mari simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Cara Membersihkan Lantai Kayu

  1. Mempersiapkan permukaan lantai

Untuk memasang vinyl pada lantai di rumah tinggal, terlebih dahulu Anda perlu memastikan kondisi lantai rumah. Lantai haruslah dalam keadaan kering, bersih, halus dan juga permukaannya rata.  Untuk lantai semen, Anda juga harus memastikan keadaannya masih bersih dan tidak lembab. Apabila lantai dalam keadaan tercat, maka lapisan cat tersebut harus sudah kering dan menutupi semua bagian yang retak dan juga berlubang.

Material vinyl juga dapat di pasang di atas permukaan lantai keramik. Namun kondisi lantai keramik harus dalam keadaan yang baik, tanpa retakan, kotoran, debu dan juga pasir. Lubang-lubang yang ada pun juga sudah harus tertutupi dengan baik. sebelum lantai vinyl dipasang, material ini harus disimpan sebelumnya dalam suhu ruangan selama kurang lebih 24 jam.

Untuk memasang lantai vinyl, terdapat beberapa kondisi yang harus diperhatikan. Material tidak bisa dipasang apabila kondisi lantai masih panas akibat terik sinar matahari. Lantai yang dingin juga dihindari ketika hendak memasang. Jangan sampai kondisi lantai dalam keadaan lembab yang berlebihan. Dan perlu Anda perhatikan bahwa material ini tidak dapat diaplikasikan di luar ruangan.

  1. Persiapan pemasangan

Setelah beberapa kondisi tersebut sudah terpenuhi, maka Anda dapat memulai proses persiapan pemasangan. Biasanya pemasangan lantai vinyl dimulai dari titik tengah ruangan, baru menjalar hingga ke seluruh ruangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya potongan-potongan vinyl yang terbuang.

  1. Proses pemasangan

Ketika sedang memasang lantai vinyl, pastikan pemasangannya menyesuaikan dengan arah petunjuk yang terletak pada lapisan vinyl. Semuanya harus terpasang dengan pola dan arah yang sama, dimulai dari bagian tengah ruangan. Material vinyl juga memiliki lapisang penlindung le yang sangat licin. Maka dari itu, Anda harus sesegera mungkin melakukan pemasangan apabila lapisan tersebut sudah dilepaskan. Lantai vinyl yang sudah terpasang tidak dapat dipindahkan atau digeser kembali. Oleh karenanya proses pemasangan harus dilakukan dengan teliti dan begitu hati-hati. Sebab, apabila Anda memaksakan untuk memindahkan vinyl pada tempat yang lain, tindakan tersebut justru dapat menyebabkan kerusakan pada lantai vinyl, hingga akhirnya material tersebut tidak dapat digunakan kembali.

  1. Proses cutting

Pada bagian ujung atau sudut ruangan, biasanya hanya menyisakan sedikit ruang untuk penempatan lantai. Maka dari itu ukuran lantai perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat memotong lantai vinyl dengan menggunakan pisau potong dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pada proses instalasi berlangsung.