04
Mei

Cara memasang karpet lantai plastik

Cara Memasang Karpet Lantai Plastik Agar Tidak Bergelombang

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Pada saat pemasangan karpet lantai plastik akan sangat sering ditemui bergelombang. Karpet lantai plastik memang sangat berguna jika anda belum memasang lantai keramik. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai tata cara memasang karpet lantai plastik agar tidak bergelombang. Mari simak ulasan di bawah ini. Selamat Membaca !

Berikut adalah beberapa tahap penting yang harus Anda ikuti

  1. Jika Anda menggunakan lapisan bawah karpet (underlay), letakkan terlebih dahulu sebelum memasang karpet. Lapisan bawah ini akan memastikan karpet kencang dan tidak bergerak setelah dipasang. Underlay juga akan membuat karpet terlihat seperti dipasang oleh profesional. Konsultasikan dahulu ke toko bangunan untuk memastikan ide ini sebelum Anda eksekusikan.
  2. Gunakan alat penyetelan khusus (fix gripper) di setiap anak tangga. Fix gripper berguna untuk menempelkan karpet ke tangga dan dapat dibeli di toko bangunan.
  3. Letakkan karpet di posisi yang benar. Dalam tahap ini, Anda mungkin akan memerlukan orang lain untuk membantu memegang karpet agar tidak berpindah posisi. Lebih baik lagi jika Anda sudah memiliki gambaran bagaimana karpetnya akan diletakkan dan posisinya agar tidak terlalu banyak mencoba-coba pasang lepas.
  4. Tempelkan karpet di setiap anak tangga ke gripper atau pengencang untuk memastikan karpet yang dipasang tidak akan bergerak. Baca Juga : Jenis Kayu Untuk Lantai Kayu Awet
  5. Pastikan karpet dipasang dengan pas dan tidak ada benjolan. Pekerjaan ini memang sulit. Jika terlalu susah, mintalah bantuan profesional.
  6. Jika menggunakan karpet yang dipasang di tengah tangga (stair runner), gunakan tongkat pengganjal untuk di setiap anak tangga (stair rod) (lihat gambar) agar terlihat lebih rapih dan profesional. Cara pasang karpet lantai memang akan tergantung dari selera dan kemampuan pemilik rumah. Gunakan bantuan profesional jika Anda ingin menyelesaikannya dengan cepat dan efisien.