25
Mar

Cara Memasang Gorden Kecil Di Rumah

Cara Memasang Gorden Kecil Di RumahInterior Rumah Minimalis ala Jepang

Cara Memasang Gorden Kecil Di Rumah – Di sebuah bangunan pastinya akan membutuhkan sebuah ventilasi, yang berfungsi untuk keluar masuknya udara dari lar atau dalam ruangan. Dekorasi rumah rumah minimalis akan membutuhkan furniture atau benda – benda yang minimalis pula di dalamnya. Contohnya adalah gorden, yang berfungsi untuk menutup jendela dan meminimalisir terlalu banyaknya cahaya masuk ke dalam ruangan. Selain itu, gorden juga berfungsi untuk interior atau penghias suatu ruangan.

 

Memasang Gorden Kecil Untuk Jendela Kecil

  1. Melakukan pengukuran

Ketika Anda hendak memasang gorden pada jendela yang kecil, cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengukur dengan tepat. Bisa dibilang bahwa cara ini wajib untuk dilakukan. Apabila gorden tidak diukur dahulu sebelumnya, maka gorden akan terlihat tidak cocok dengan jendela rumah. Anda juga perlu menentukan jarak terbaik untuk memasang gorden jendela agar tampilannya terlihat lebih indah. Dengan mengukur gorden yang dibutuhkan juga dapat menghemat waktu Anda ketika hendak membeli gorden di pasar.

  1. Menentukan desain gorden

Langkah selanjutnya adalah menentukan desain gorden. Hal ini juga tidak kalah pentingnya untuk dilakukan. Mengapa demikian? Hal ini agar jenis gaya arsitektur rumah yang telah Anda pilih memiliki kesinambungan antara ruang dalam dan ruang luar. Apakah Anda menggunakan desain rumah minimalis seperti rumah minimalis sederhana? Atau menggunakan desain rumah modern eropa? Atau model rumah scandinavian? Semuanya tergantung pada Anda! Selain model dan corak, Anda juga dapat menyesuaikan warna gorden dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk.

Jangan lupa ketika sedang membeli gorden, usahakan panjang gorden sedikit dilebihkan. Sebab gorden yang terlalu pas dengan jendela juga tidak begitu indah ketika dipandang. Maka dari itu, perlu adanya penyesuaian antara panjang gorden dengan jendela. Untuk menyulap rumah biasa menjadi mewah, biasanya akan menggunakan gorden yang panjang sampai terkena lantai rumah. Sebab jenis gorden ini terlihat lebih elegan jika dipandang.

  1. Menentukan jenis penyangga gorden

Setelah Anda selesai mengukur pintu serta menentukan desain gorden yang akan digunakan, maka selanjutnya adalah memilih penyangga gorden. Penyangga juga memiliki peranan yang penting dalam pemasangan gorden. Apabila tidak ada penyangga, maka gorden tidak akan terpasang diatas jendela. Pemilihan penyangga ini dapat disesuaikan dengan desain gorden yang Anda pilih. Keduanya harus memiliki keseragaman agar terlihat padu dan indah. Ukuran penyangga gorden juga sebaiknya lebih lebar. Sehingga pada saat jendela dibuka, tepi gorden bagian dalam hanya akan menutupi bingkai jendelanya.

  1. Melubangi dinding penyangga

Tahap selanjutnya adalah melubangi dinding yang akan dipasangkan gorden. Mengapa perlu dilubangi? Lubang ini nantinya akan menjadi tempat penyangga bertumpu. Jangan melubangi dinding secara manual, karena dikhawatirkan hasilnya tidak cukup rapi sehingga justru malah merusak tampilan dinding. Untuk itu, Anda dapat menggunakan bor listrik dan membuat lubang kecil. Meskipun kecil, hasilnya akan tetap rapi dan tidak mudah lepas. Apabila ini adalah pertama kalinya Anda memasang gorden secara manual dengan palu, lakukan secara perlahan agar hasilnya memuaskan.

  1. Memasang gorden

Pastikan apakah penyangga sudah betul-betul terpasang dengan kuat atau tidak. Apabila sudah, maka langkah selanjutnya adalah memasang kain gorden. Kain gorden ini sebainya dipasangkan pada posisi yang agak lebih tinggi, agar ruangan terlihat lebih luas. Trik ini sangat penting untuk dilakukan, terlebih pada ruangan-ruangan yang sempit. Jangan menggantung terlalu pendek, karena ini merupakan suatu kesalahan. Jangan lupa untuk memberikan lampu pencahayaan di dekatnya.

  1. Menggantung gorden

Apabila gorden sudah dipasangkan, Anda harus memperhatikan kembali, apakah gorden sudah terpasang dalam posisi yang benar atau tidak. Gorden jendela sebaiknya diletakkan diantara daun pintu jendela. Posisinya juga sedikit lebih tinggi dari jendela tersebut sehingga apabila dilihat secara visual menjadi lebih indah dan menarik.

  1. Memeriksa kerapihan

Sebelum Anda benar-benar akan memasang gorden, sebaiknya kerapihan gorden diperiksa terlebih dahulu. Apakah gorden dalam keadaan kusut atau tidak, apakah gorden kotor atau sudah bersih. Jika beberapa faktor ini telah disesuaikan maka selanjutnya Anda baru dapat memasangkan kembali gorden tersebut. Anda juga perlu lebih teliti jika hendak menyetrika gorden, sebab tidak semua kain gorden dapat disetrika.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666