04
Feb

Cara Cerdas Memasang Wallpaper Dinding Pada Dinding Lembab

Cara Cerdas Memasang Wallpaper Dinding Pada Dinding Lembab

Cara Cerdas Memasang Wallpaper Dinding Pada Dinding Lembab – Wallpaper dapat merubah suasana rumah yang awalnya hanya begitu saja, namun dengan memasang wallpaper dapat mengubah suasana baru. Semua rumah pada dasarnya dapat dipasang wallpaper. Namun beberapa kondisi membuat rumah memerlukan lebih banyak modifikasi agar pemasangan wallpaper dapat dilakukan secara sempurna. Karena pemasangan wallpaper harus memenuhi beberapa syarat agar hasil yang diharapkan tercapai. Diantara syarat bangunan yang dapat dipasang wallpaper adalah  bangunan kering, rata, tidak lembab, bebas retakan, bukan kaca, sehat, dan usia cukup. Namun tidak dipungkiri banyak rumah yang mengalami masalah karena usia yang sudah terlalu tua atau kualitas bangunan yang tidak terlalu baik.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum memasang wallpaper pada dinding yang lembab adalah:

1. Periksa Sumber Kelembaban

Langkah pertama sebelum memasang wallpaper pada dinding yang lembab adalah dengan memeriksa sumber kelembaban. Lakukan pemeriksaan dengan seksama terhadap sumber lembab yang terjadi pada dinding yang akan dipasang wallpaper. Jika ditemukan sumber lembab dari saluran air bocor pada dinding atau disekitar dinding maka perbaiki tempat yang bocor agar rembesan berhenti. Dengan memperbaiki sumber kebocoran akan membuat hilangnya penyebab kelembaban yang terjadi.

Selain dari pipa bocor rembesan sumber kelembaban juga dapat datang dari selokan atau saluran air disamping rumah yang dekat dengan dinding. Hal ini bisa terjadi jika saluran menempel pada dinding dan posisi sejajar dengan dinding bangunan. Selain itu sumber kelembabab juga dapat datang dari rembesan bak mandi atau tampungan air. Sedangkan sumber lain dapat datang dari atap jika terdapat atap yang bocor. Untuk masalah-masalah tersebut maka perbaiki sesuai dengan penyebab adanya rembesan berdasarkan sumber air.

2. Gunakan Waterproof

Untuk menangani dinding yang lembab karena rembesan dapat menggunakan waterproof. Cat waterproof biasanya digunakan untuk menangani masalah rembesan air pada dinding dari luar karena hujan maupun rembesan air dari kamar mandi. Penggunaan waterprofe sudah banyak dilakukan untuk menangani pemasangan wallpaper pada dinding yang lembab. Dengan penggunaan waterproof dapat memperbaiki kondisi rembesan sampai 95%. Hasil pemasangan wallpaper pada dinding lembab yang menggunakan waterproof terbukti sangat bagus.

Teknik penggunaan waterproof pada dinding lembab dapat dilakukan dengan cara:

  • Bersihkan dinding yang lembab sampai permukaan dinding tampak halus
  • Singkirkan semua debu, cat terkelupas, maupun kotoran lain yang menempel pada dinding
  • Bersihkan dinding dengan kain basah untuk menghilangkan seluruh debu yang menempel.
  • Tunggu sampai permukaan dinding mengering
  • Mulailah pengecatan dengan waterproof
  • Jika sudah kering dan kesat maka mulailah pemasangan wallpaper sesuai dengan teknik pemasangan wallpaper yang baik

3. Pasang Dinding Partisi

Pada bangunan yang berusia sangat lama terkadang fisik bangunan yang rapuh membuat pemasangan wallpaper tidak bisa dilakukan sebagaimana layaknya. Salah satu kasus yang sering terjadi pada rumah tua adalah fisik dinding yang keropos atau pori-pori dinding yang terlalu besar membuat air merembes dan tidak dapat ditangai dengan waterproof. Biasanya pada bangunan seperti ini tetap terjadi rembesan walupun menggunakan waterproof. Untuk menangani masalah seperti ini dapat dilakukan dengan pemasangan partisi tambahan. Partisi tambahan diberikan pada bagian dalam.

Pemasangan partisi tambahan harus dilakukan dengan benar agar air tidak mengenai partisi. Untuk mencegah partisi tambahan menjadi lembab maka tidak boleh dipasang langsung ke dinding. Pemasangan harus memiliki jarak yang cukup dengan dinding agar tidak lembab. Selain harus berjarak, partisi tambahan juga harus menggunakan bahan yang tidak mudah rusak terkena air. Hal ini berjaga-jaga jika terpengaruh dengan kelembaban dinding tidak membuat partis rusak.

4. Menggunakan Wallpaper Tahan Lembab

Selain ketiga cara diatas, pemasangan walpaper yang tahan lembab juga menjadi pilihan. Walaupun tidak terlalu menyenangkan namun ini bisa menjadi solusi jika anda tidak ingin menggunakan ketiga cara sebelumnya. Wallpaper tahan lembab sudah mulai tersedia di toko-toko interior.

Wallpaper tahan lembab dan bahkan tahan air terbuat dari bahan fabrik non woven kassa halus. Material ini diyakini dapat menahan kelembaban bahkan tahan air. Menurut berbagai sumber material wallpaper tahan air ini terbukti dapat menjadi solusi dalam menghadapi dinding rumah yang lembab atau sering basah. Bila dinding rumah anda memiliki kelembaban yang tinggi maka tidak ada salahnya menggunakan bahan yang satu ini agar tahan air dan jadi lebih awet.

Kondisi rumah terkadang memang menjadi hambatan dalam menata dan membuat menjadi lebih menarik. Dengan adanya cara-cara kreatif semua masalah yang dihadapi dapat diatasi dengan baik dan tentu saja dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang memiliki kondisi rumah yang lembab namun tetap dapat memasang wallpaper agar rumah idaman terlihat lebih cantik.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666