16
Mei

Cara Bersihkan Karpet Bulu Yang Benar

Cara Bersihkan Karpet Bulu Yang Benar

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Anda ingin membersihkan karpet bulu anda tetapi takut dapat merusaknya ? Ada berbagai cara mudah dalam membersihkan karpet bulu yang baik dan benar. yuk intip ulasan di bawah ini yang akan membahas mengenai bagaimana membersihkan karpet bulu yang baik dan benar. Selamat membaca !

1. Gunakan Vacuum Cleaner

Bersihkan karpet bulu dengan vacuum cleaner

Sumber: howtohome

Cara pertama, Anda bisa membersihkan karpet bulu dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun, dengan cara yang sedikit berbeda. Menghilangkan debu dengan vacuum cleaner perlu dilakukan di dua sisi karpet. Untuk sisi atas atau bagian yang berbulu, sebaiknya lapisi terlebih dahulu dengan kain agar penyedot vacuum cleaner tidak merusak bulunya. Kain yang digunakan sebaiknya tipis atau memiliki serat yang renggang. Letakkan kain di atas karpet, baru setelah itu Anda melakukan vacuum. Debu di dalam karpet akan terangkat melalui celah-celah kain tanpa merusak bulu-bulu karpet.

2. Kibaskan dan Jemur Karpet Bulu

Untuk perawatan karpet bulu sehari-hari, Anda bisa membersihkannya hanya dengan cara mengibaskan karpet di luar rumah untuk menjatuhkan kotoran. Setelah itu, Anda juga perlu menjemur karpet yang telah dikibaskan minimal satu kali dalam seminggu untuk melenyapkan bakteri dan kuman. Menjemur karpet ini juga akan mencegah karpet menjadi lembap dan beraroma tidak sedap.

3. Bersihkan dengan Sikat Lembut

Selain mengibaskan karpet di luar rumah untuk menghilangkan debu yang menempel, perawatan harian yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan sikat lembut untuk membasuh karpet bulu sehingga seluruh kotorannya bisa berjatuhan dengan sempurna.

4. Gunakan Campuran Deterjen, Cuka, dan Air

Jika Anda menemukan noda pada karpet segera bersihkan dengan ramuan buatan sendiri yaitu menggunakan cuka yang dicampur baking soda dan air lalu bersihkan karpet secara perlahan. Campuran ini sangat efektif untuk menghilangkan noda yang membandel pada karpet. Tuangkan cairan lalu gosok secara perlahan menggunakan sikat halus atau tangan hingga noda menghilang.

Karpet berbulu cenderung lebih sensitif dibandingkan karpet jenis lainnya, dan jika jenis detergennya cukup keras risikonya akan merontokkan bulu-bulu yang ada pada karpet. Untuk itu, lebih aman jika Anda mencucinya menggunakan detergen untuk pakaian bayi karena kandungannya yang lebih lembut.

5. Bedak Bayi atau Baking Soda

Untuk menghilangkan bau tak sedap, seperti bau hewan atau asap rokok, Anda dapat menggunakan bedak bayi. Caranya pun cukup mudah, taburkan saja bedak bayi pada seluruh permukaan karpet dan usapkan dengan tangan hingga merata. Kemudian, diamkan semalaman hingga bedak menyerap bau. Selanjutnya, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sisa taburan bedak. Selain bedak bayi, Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan aroma tak sedap pada karpet. Caranya sama, diamkan selama 12 jam agar aroma terserap oleh baking soda.

6. Jangan Disapu

Jangan disapu

Sumber: cnet

Sebaiknya jangan tergoda untuk menyapu karpet berbulu dengan sapu ijuk. Sapu ijuk yang kasar akan dengan mudah merusak karpet dan membuat bulu-bulunya lepas. Sebaiknya, jika melihat ada kotoran yang menempel pada karpet, bersihkan saja dengan kain atau sikat lembut seperti cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

7. Bersihkan Secara Rutin

Hal terpenting adalah dengan merawat karpet secara rutin, setidaknya satu minggu sekali, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah. Selain itu, segera juga bersihkan jika karpet terkena noda. Noda yang baru menempel akan lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan noda yang sudah mengendap lama.

Selain membersihkan karpet bulu sendiri di rumah, Anda juga bisa menggunakan jasa pembersih profesional untuk membersihkannya secara tuntas setiap enam bulan sekali. Karpet bulu yang lembut dan nyaman bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih elegan dan mewah. Rawat karpet dengan baik dan benar agar karpet berbulu bisa lebih tahan lama dan tidak mudah rontok.