Cara Beli Wallpaper
19
Agu

Cara Beli Wallpaper

Cara Beli WallpaperCARA BELI WALLPAPER

Wallpaper Wallpaper merupakan penghias dinding ruangan, dimana paling mudah dan paling efektif untuk diaplikasikan pada ruangan rumah Anda. Nah, membahas soal wallpaper, bagaimana cara membeli dan menghitung kebutuhan wallpaper?

Cara Menghitung Kebutuhan Wallpaper

Dalam pemilihan desain dan motif wallpaper, pilihlah sesuai keinginan anda. Akan tetapi, jangan memilih wallpaper dengan motif terlalu ramai. Pilihlah wallpaper dengan desain yang simple dan mampu menciptakan suasa tenang untuk penghuninya. Ingat! pemilihan motif wallpaper ini digunakan untuk jangka lama, jangan memilih motif yang cepat menimbulkan rasa bosan. Pada umumnya wallpaper akan tahan selama 3 – 8 tahun.

Baca juga : Keuntungan Memakai Wallpaper Dinding

Nah, untuk anda yang sudah siap memasag wallpaper. Beginilah cara menghitung wallpaper dinding sesuai kebutuhan ruangan :

Hitung Luas Dinding Ruangan

Tanpa mengetahui luas dinding ruangan, anda tidak bisa membeli wallpaper yang memenuhi kebutuhan. Bisa saja kurang, dan bisa saja kelebihan. Oleh karena itu, sebelum membeli wallpaper ada baiknya anda menghitung dulu berapa luasnya.

Dalam mencari luas ruangan, anda harus mengetahui berapa luas setiap dinding pada sisinya masing-masing. Rumusnya = (panjang x tinggi) – (luas jendela / pintu)

Jika anda membeli wallpaper dalam bentuk roll gulungan, ukuran umum lebar roll dipasaran yakni 50 centimeter dan 93 centimeter. Panjangnya berkisar antara 5 meter, 10 meter, dan 17,5 meter.

Setelah mengetahui luas dinding ruangan yang akan diberi wallpaper, anda dapat mengetahui banyaknya gulungan wallpaper yang dibutuhkan dengan cara membagi luas dinding dengan luas lembaran wallpaper.

Baca juga : Cara Cerdas Memasang Wallpaper Dinding Pada Dinding Lembab

Contoh Menghitung Luas Dinding

Kita ambil contoh ruangan dengan ukuran 4 x 4 meter dan tinggi dinding 3,5 meter (dari lantai ke plafond). Dan wallpaper yang anda beli dengan ukuran 0.5 meter x 10 meter.

Luas bidang dinding

= (( panjang dinding + lebar dinding ) x 2 ) x tinggi ( dari lantai ke plafond )
= (( 4 m + 4 m ) x 2 ) x 3,5 m
= ( 8 m x 2 ) x 3,5 m
= 16 m  x 3,5 m
= 56 meter persegi

Luas bidang wallpaper 1 roll
= panjang wallpaper x lebar wallpaper
= 10 m x 0,50 m
= 5 meter persegi

Bahan yang dibutuhkan
= Luas bidang dinding / luas bidang 1 roll
= 56 m2 : 5 m2
= 11, 20 dibulatkan menjadi 12 roll

Nah, disini anda baru dapat mengetahui kebutuhan wallpaper dinding sebanyak 12 roll. Tapi untuk menghindari kekurangan bahan wallpaper dinding ada baiknya anda mempersiapkan gulungan roll ini lebih banyak dari yang dibutuhkan. Bisa saja ketika anda memasang wallpaper ada kesalahan-kesalahan yang tidak terduga.

Baca juga : Kelebihan Memasang Wallpaper Dinding Pada Rumah Anda

Tips Sederhana Pasang Wallpaper Sendiri

Ada beberapa hal yang perlu anda siapkan untuk memasang wallpaper dinding sendiri, yakni :

Siapkan peralatan, seperti alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper, 2 bak untuk adukan lem, spons, kuas lem, roller, amplas, dan kape untuk meratakan dinding.

Hal pertama, yakni masukkan lem pada bak yang sudah disediakan. Campur lem dengan air. Ada 2 lem yang perlu anda siapkan, yang pertama untuk sambungan wallpaper, yang kedua untuk menempelkan pada dinding. Lem yang digunakan untuk sambungan wallpaper haruslah lebih kental, hal ini agar daya rekatnya kuat. Letakkan kedua lem itu pada bak yang berbeda

Ukur panjang dan lebar bidang yang akan dilapisi wallpaper. Sesuaikan lebar bidang dengan lebar wallpaper. Lebihkan kira-kira 1 sampai 1,5 sentimeter untuk bagian sambungan. Potong wallpaper seperti panel-panel, dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Tandai posisi wallpaper dengan pensil. Gunakan alat bantu berupa benang dengan alat pemberat agar lurus dan rapi. Setelah ditandai, sapukan lem dengan roller pada permukaan bidang yang akan dilapisi wallpaper. Tempelkan wallpaper dengan hati-hati. Perhatikan tanda garis yang telah anda buat sebelumnya. Pada bagian sambungan, gunakan lem yang lebih kental. Sapukan dengan kuas khusus pada bagian ini.

Langkah terakhir yakni ratakan wallpaper yang terpasang dengan penggaris akrilik. Potonglah sisa wallpaper dengan cutter. Gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem.

Baca juga : Fakta Unik Genteng Beton