13
Mei

Cara Benar Agar Pagar Besi Tetap Cantik

Cara Benar Agar Pagar Besi Tetap Cantik

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai cara merawat pagar besi anda tetap cantik dan bertahan lama. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai bagaimana merawat pagar besi. Mau tahu apa saja ? mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

Lindungi dari Air Hujan

Untuk melindungi pagar dari air hujan Anda dapat melapisi minyak pada pagar besi sehingga air hujan tidak terlalu lama menempel pada pagar, terutama pada sudut-sudut yang kerap menjebak tetesan air hujan.

Pastikan tidak ada lubang pada pagar besi, karena lubang akan menjadi tempat penampung air yang dapat mengakibatkan karat.

Jika terdapat lubang, segera tutup dengan dempul. Jika lubang cukup besar, Anda dapat menutupnya dengan mengelas.

BACA JUGA : Pagar Kayu Vs Pagar Besi , Pilih mana ?

Pengecatan Pagar Besi Tempa

Lakukan pengecatan rutin pada pagar besi Anda, terutama jika sudah mulai terlihat adanya cat yang mengelupas.

Pengecatan pagar besi secara berkala dilakukan untuk mencegah air, udara, dan kelembapan langsung mengenai permukaan besi. Pengecatan juga dapat mencegah karat menyebar ke bagian lain.

Bersihkan Pagar Secara Rutin

Pagar besi memerlukan perawatan khusus. Bersihkan pagar secara rutin menggunakan lap atau kanebo. Jika terdapat noda yang cukup banyak dan tidak segera dibersihkan, akan memicu timbulnya karat pada pagar Anda.

Perhatikan bagian roda

Jika pagar besi Anda menggunakan roda rel, maka Anda wajib juga memperhatikan bagian roda pagar. Roda pagar sering kali seret karena karat. Untuk mengatasinya, Anda bisa melapisi as roda menggunakan oli.

Cara ini untuk menggantikan pelumas atau pelicin pada bagian as roda yang habis dan menyebabkan roda seret alias susah berputar.

Terhambatnya roda pagar juga bisa terjadi karena bobot pagar yang lebih berat dari roda sehingga tidak mampu menahan beban. Sebaiknya ganti roda pagar dengan ukuran yang lebih besar.

BACA JUGA : Cara Ampuh Mengusir Tawon di Rumah dengan Bahan Alami

Pemeriksaan Pagar Besi Secara Berkala

Lakukanlah pemeriksaan dan pengecekan secara berkala. Jika terdapat karat sebaiknya segera bersihkan. Untuk membersihkan karat Anda bisa menggosok area berkarat dengan sikat kawat.

Kemudian, lembapkan dengan mineral spiritus (sejenis tiner tak berbau), lalu mulailah menghapus sisa karat. Setelah bersih dari karat, cat pagar dengan cat primer dan cat besi.

Selain karat, jika sudah ada bagian pagar yang rusak, baik bengkok atau patah, segeralah memperbaikinya agar tidak membahayakan penghuni dan tamu.

Pagar yang rusak juga mengurangi estetika rumah. Jika kerusakannya besar Anda dapat menggunakan jasa tukang yang ahli.

Saat ini, kebanyakan pengembang membangun perumahan sistem cluster. Ini membuat rumah lebih aman meski tanpa pagar. Hunian tanpa pagar juga memberi kesan lebih luas, terutama untuk hunian yang tidak besar.