Cara Agar Menjadi Rumah Adem
01
Agu

Cara Agar Menjadi Rumah Adem

Cara Agar Menjadi Rumah AdemCARA AGAR MENJADI RUMAH ADEM

Desain Rumah Adem – Siapa sih yang tidak menginginkan rumah adem? Rumah yang adem ini akan membuat kita sebagai penghuni rumah akan betah jika saat berada dirumah. Apalagi untuk rumah didaerah panas, rumah adem ini sudah dipastikan jadi rumah yang diidam-idamkan banyak orang.

Cara Agar Rumah Sejuk di Musim Panas

1. Memasang kerai bambu

 Rumah by Lignea Construcció Sostenible

Saat udara terasa panas kita cenderung membuka semua jendela di rumah dengan harapan agar angin masuk menyejukkan ruangan. Namun yang terjadi adalah aliran udara panas yang masuk, sehingga suhu ruangan semakin bertambah panas. Hal ini bisa diatasi dengan memasang kerai di semua jendela. Lebih baik lagi bila kerai terbuat dari bahan alami seperti bambu atau kayu. Udara yang mengalir masuk melalui sela-sela kerai akan terasa lebih sejuk dan suhu ruangan akan terasa lebih nyaman

Baca juga : Kontraktor Solusi Pembangunan Anda

2. Ventilasi silang

 Ruang Keluarga by NEN

Memiliki beberapa titik keluar masuk udara juga membantu mengatasi hawa panas di alam ruangan. Maksud dari ventilasi silang ini adalah, pintu berhadapan dengan jendela pada dinding yang berlawanan arah, atau sebaliknya. Buka semua jendela dan pintu pada pagi hari ketika udara belum tersentuh sinar matahari, yaitu di jam lima sampai jam delapan pagi. Setelah jam delapan, batasi jumlah pintu dan jendela yang terbuka.

3. Tanaman di depan jendela

 Teras by Ekaterina Donde Design

Letakkan beberapa tanaman dalam pot di depan jendela. Saat jendela dibuka, tanaman akan membantu mengatasi udara panas yang masuk ke ruangan. Tanaman akan melepaskan O2 melalui proses respirasi, sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk dan segar.

Baca juga : Kontraktor Solusi Pembangunan Anda

4. Memasang bahan tekstil putih atau berwarna terang

American modern residence:  Kamar Tidur by Kottagaris interior design consultant

Warna putih bersifat memantulkan cahaya, sedangkan warna gelap bersifat sebaliknya. Gantilah kain kelambu/gorden, seprei, karpet, dan sarung bantal dengan kain berwarna putih agar suhu ruangan tidak bertambah panas.

5. Cat atap dengan warna putih

 Atap by 前田敦計画工房

Cara ini digunakan berdasarkan pengamatan bahwa es atau salju cenderung memantulkan sinar ultraviolet bila dibandingkan laut yang cenderung menyerapnya. Oleh karena itu bisa dipahami mengapa banyak negara mencemaskan fenomena melelehnya daratan es di Kutub Utara dan Selatan. Sebagian masyarakat mancanegara berupaya mengatasi berkurangnya daratan es dengan cara mengecat atap rumah mereka dengan warna putih. Cara ini diyakini dapat memantulkan panas dan pemanasan global.

Baca juga : Perhatikan Cara Menentukan Jasa Kontraktor

6. Menghias dinding dengan taman vertikal

Residential_Landed_Semi-Detached House:  Taman by daksaja architects and planners

Cara ini sudah mulai digunakan di beberapa kota besar di Tanah Air. Taman vertikal dipasang di dinding-dinding gedung bertingkat agar tidak memantulkan udara panas ke sekelilingnya. Bila rumah Anda dikelilingi dinding tinggi yang menyilaukan mata bila terkena cahaya, besar kemungkinan inilah sumber hawa panas yang merasuki rumah Anda. Atasi hal ini dengan membuat taman vertikal di dinding itu.

7. Hindari penggunaan air berlebihan di cuaca panas

 Kamar Mandi by ONE!CONTACT - Planungsbüro GmbH

Saat sinar matahari sedang terik, suhu air pun akan meningkat. Demikian juga air yang ada di dalam tangki air di atas rumah Anda. Akibat terpapar panas matahari, air yang dialirkan dari tangki air mengandung uap air dan membentuk kelembaban di dalam rumah. Akibatnya, suhu ruangan bertambah panas dan gerah. Jangan mandi, mencuci piring atau menyiram tanaman di siang hari jika Anda menggunakan tangki air.

Baca juga : Kontraktor Profesional Jogja

8. Buka pintu di dalam rumah

 Pintu by BestFix-Schuifdeursystemen

Kita cenderung menutup pintu ruangan di rumah yang tidak digunakan. Ini justru membuat suhu ruangan bertambah panas akibat udara panas yang terjebak di dalam rumah. Atasi hal ini dengan membuka semua pintu dan jendela yang menghadap ke dalam, misalnya pintu kamar tidur atau pintu kamar mandi. Dengan cara ini, udara di dalam ruangan akan terus bergerak dan suasana rumah pun akan terasa lebih sejuk.

9. Mengelola penggunaan perangkat elektronik

 Ruang Multimedia by Alma em Design

Ganti lampu di rumah dengan lampu LED yang menghasilkan lebih sedikit panas daripada lampu konvensional. Matikan lampu, komputer, dan televisi Anda saat tidak digunakan, karena perangkat elektronik ini memproduksi panas. Jangan terlalu sering membuka tutup pintu kulkas, meski suhu ruangan sedang sangat panas. Pintu kulkas yang dibiarkan terbuka justru akan memproduksi panas lebih besar karena motor lemari pendingin dipaksa bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu dingin. Akibatnya, suhu ruangan di sekitar kulkas menjadi lebih panas.

Baca juga : Jasa Kontraktor Jogja

10. Meletakkan tanaman di teras atap atau balkon

 Teras by Estudio Nicolas Pierry: Diseño en Arquitectura de Paisajes & Jardines

Memelihara tanaman di teras atap atau balkon juga membantu menurunkan suhu ruangan. Namun harus tanaman sungguhan dan bukan tanaman atau rumput artifisial. Sebabnya, tanah yang kita gunakan sebagai media tanam ternyata memiliki sifat menyerap panas dari sinar matahari. Dengan cara ini, ruangan di bawah teras atap atau ruangan yang berhadapan langsung dengan balkon akan terasa lebih sejuk.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666