09
Nov

Buat Dapur Minimalismu Tetap Kece, Yuk Intip Tipsnya!

Buat Dapur Minimalismu Tetap Kece, Yuk Intip Tipsnya!

Kontraktor Jogja Berbagai pilihan dekorasi dapur minimalis tak hanya akan membuat dapur menjadi cantik, fungsinya juga membuat aktivitas di dapur menjadi lebih efisien. Sebagai ruangan yang dianggap sebagai hati dari suatu rumah, Misalnya saja dapur, menginggat dapur adalah salah satu ruangan yang paling sering di gunakan dan memiliki banyak fungsi. Nah untuk itu, buat dapur minimalismu tetap kece, yuk intip tipsnya!

dapur minimalis keren kece instagram | Cocinas de casas pequeñas,  Decoracion de cocinas sencillas, Organizar cocinas pequeñas

1. Tentukan Tema

Tema Dapur Minimalis

Hal yang pertama adalah tentukan tema dapur minimalismu. Menentukan tema ini sangatlah penting karena tema akan menjadi pondasi dasar dari desain dapur minimalis.

Tema yang diambil bisa serupa dengan tema keseluruhan rumah. Misalkan saja jika rumahmu bergaya country, maka dapurnya bisa ala country. Tapi jika dapurnya bergaya ala vintage, maka dapurnya bisa ala vintage. Jika tema dapur tak ingin sama dengan tema rumah juga tidak apa-apa. Asalkan temamu jelas, maka nanti desain dapur juga akan lebih mudah.

2. Pilih Perpaduan Warna yang Tepat

Meski sudah ada tema yang ditentukan, tapi tetap saja usahakan pilih perpaduan warna yang tepat. Untuk dapur minimalis disarankan untuk tidak memilih banyak warna. Lebih baik warnanya yang senada. Dengan begitu ruangan akan terlihat lebih luas.

Perpaduan warna ini meliputi warna kabinet dapur, perlengkapan dapur, hingga peralatan memasak. Jika warnanya tidak dipilih dengan tepat, maka konsep tema yang sudah ditentukan bisa berantakan.

3. Tempatkan Kabinet Hingga Menyatu dengan Langit-langit

Kabinet Menyentuh Langit-langit

Salah satu kunci utama untuk membuat dapur minimalis terlihat lebih luas adalah dengan menempatkan kabinet hingga menyatu pada langit-langit.

Kabinet atau kitchen set adalah salah hal penting yang perlu kamu perhatikan saat akan mendesain dapur minimalis. Pasalnya, kabinet adalah perabotan dapur yang memakan tempat paling banyak.

READ  Percayakan Desain Rumah Kepada Kami

Kabinet berfungsi sebagai rak penyimpanan utama supaya kita bisa mengorganisir berbagai alat dapur serta peralatan makan keluarga dengan rapi. Semakin besar kabinet, maka semakin besar ruang penyimpanan.

4. Manfaatkan Ruang Penyimpanan Serbaguna

Jika sudah ada kabinet, maka manfaatkanlah sebagai ruang penyimpanan serbaguna dengan baik. Dengan begitu, perabotan dan peralatan dapur bisa muat masuk ke dalam kabinet.

Dalam kabinet, buatlah rak-rak untuk menyimpan piring dan gelas. Tambahkan juga gantungan tambahan di dalam rak penyimpanan untuk menggantung panci serta wajan.

Untuk dapur minimalis, usahakan sebisa mungkin semua peralatan dapur masuk ke dalam kabinet atau ruang penyimpanan serbaguna sehingga tidak terlihat berantakan.

5. Pilih Perabotan yang Ramping atau Tidak Besar

Perabotan Dapur Minimalis

Usahakan untuk memilih perabotan yang tidak terlalu besar. Misalkan saja pilih panci atau wajan yang cukup untuk memasak 2-4 orang.

Hal ini dikarenakan, jika perabotan terlalu besar, maka ruang penyimpanan akan menjadi lebih sempit. Jadi butuh ruang ekstra untuk penyimpanan. Jadi selalu pilihlah perabotan yang tidak terlalu besar.

6. Gunakan Dinding Sebagai Penyimpanan

Jika panci dan wajan tidak muat masuk ke dalam ruang penyimpanan, Kamu bisa menggunakan dinding sebagai tempat penyimpanan dengan memasang rel atau kaitan di dinding.

Kuncinya jika menggunakan dinding sebagai penyimpanan, usahakan peralatan memasak tetap dalam keadaan bersih sehingga bagus dilihat.

Lebih bagus lagi kalau peralatan memasak seperti panci dan wajan sengaja kamu beli dengan warna yang seragam sehingga terlihat lebih bagus lagi. Panci dan wajan yang seragam warnanya ini juga bisa menjadi penghias alias aksesoris dapur yang menambah apik tampila dapur minimalis.

7. Hindari Mengoleksi Banyak Peralatan Dapur

Peralatan Dapur Minimalis yang Penuh

Memiliki dapur minimalis membuat kita harus mengindari untuk mengoleksi peralatan dapur yang banyak. Hal ini dikarenakan tidak adanya ruang penyimpanan yang cukup.

READ  Hal yang Harus Dipahami untuk Merawat Rumah 2 Lantai

Jadi belilah peralatan dapur seperlunya sehingga tidak menumpuk di dapur dan berakhir pada barang yang tidak berguna atau tidak pernah digunakan.

Jika ingin membeli peralatan dapur, belilah yang multifungsi sehingga bisa digunakan untuk bermacam keperluan.

8. Penempatan Cahaya Harus Tepat

Salah satu kunci supaya tampilan dapur minimalis terlihat lebih luas adalah dengan menempatkan pencahayaan yang tepat.

Dapur dengan jendela besar menghadap keluar akan memiliki pencahayaan yang bagus. Letakkan wastafel atau kompor tepat di bawah jendela supaya bisa mendapatkan pencahayaan yang tepat.

Jika dapur tidak ada jendela, maka pasanglah beberapa lampu sebagai pencahayaan. Lampu dapur tidak hanya satu dan tidak hanya berada di langit-langit atap saja. Tambahkan lampu tepat di atas kompor dan juga di atas wastafel sehingga pencahayaan menjadi lebih tepat.

9. Beri Sentuhan Dekorasi

Dekorasi Dapur Minimalis

Dapur minimalis akan terlihat lebih cantik jika diberi sentuhan dekorasi. Pilihan dekorasi yang tepat untuk semua jenis tema dapur minimalis adalah tanaman hijau dan bunga.

Dengan menambahkan tanaman hijau dan bunga di dalam dapur, maka tampilannya akan semakin lebih asri dan menarik. Tak perlu menggunakan tanaman hijau dan bunga asli, Kamu bisa memilih yang artificial alias tiruan atau plastik.

Untuk wadah potnya, barulah kamu memilih yang sesuai dengan tema dapur minimalis. Selain tanaman hijau dan bunga, Kamu juga bisa mendekorasi dapur dengan menggunakan perabotan dapur yang terlihat unik.

10. Dapur Minimalis Tanpa Pintu

Salah satu trik untuk membuat dapur minimalis menjadi lebih luas adalah dengan tidak adanya pintu menuju dapur. Memberikan sekat melalui pintu akan membuat ruangan dapur terasa lebih sempit. Dengan dapur tanpa pintu atau sekat, selain membuat ruangan jadi lebih lega, sirkulasi udara dari dapur juga menjadi lebih baik dan lebih segar. Jika Kamu agak terganggu dengan dapur minimalis tanpa pintu, pasanglah tirai pendek sebagai penyekat.

READ  Intip Interior Ramah Pada Anak