20
Jan

Berkenalan dengan Nakas, Ini Kegunaannya

Berkenalan dengan Nakas, Ini Kegunaannya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Sebagai saksi bisu di kamar tidur, nakas, menjadi furnitur yang kerap terabaikan. Dalam buku-buku desain, perancang profesional hanya menyebut sekilas “meja kecil” di sebelah meja “untuk menempatkan lampu baca, jam, dan telepon. Namun, fungsi nakas sebenarnya bukan hanya pelengkap yang mempercantik ranjang. Nakas dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, Anda sering membawa pulang berkas pekerjaan, maka nakas berukuran besar lebih tepat. Bila Anda suka membaca di malam hari, nakas berbentuk rak lebih cocok. Buku bisa disimpan di dalam rak, tanpa khawatir akan terlipat-lipat lalu rusak. Yuk berkenalan dengan nakas, ini kegunaannya.

Fungsi Nakas

Pada dasarnya nakas menjadi area meletakkan semua benda yang digunakan sebelum tidur dan sesudah tidur. Misalnya kamu pengguna kacamata. Maka kacamata menjadi benda terakhir yang digunakan sebelum tidur dan pertama saat bangun. Sangat praktis untuk menaruhnya di atas nakas daripada di sebelah bantal.  Jika kamu kurang nyaman dengan udara kering akibat penggunaan AC, nakas menjadi spot yang tepat untuk meletakkan air humidifier.

Di samping fungsi utama tadi, nakas juga punya fungsi estetika. Syaratnya, harus sesuai dengan konsep interior kamar tidur. Nakas minimalis akan menyempurnakan kamar tidur bergaya minimalis.

Ukuran Nakas Minimalis Ideal

Meski mungil, nakas punya ukuran ideal loh. Tingginya harus sejajar dengan tinggi permukaan kasur atau setidaknya dengan batas ranjang. Dengan ukuran nakas seperti ini, kamu lebih mudah saat meletakkan dan mengambil barang. Tidak perlu membungkuk, tidak perlu beranjak dari posisi tidur saat menjangkau nakas minimalis.

Serba-serbi Penggunaan Nakas Minimalis

Banyak orang beranggapan kalau satu ranjang membutuhkan dua nakas minimalis di sisi kanan dan kiri. Anggapan ini tepat apabila ranjang yang dimaksud adalah ukuran king dan digunakan oleh 2 orang sekaligus. Apabila kamu tidur sendiri, cukup gunakan 1 nakas. Untuk kamar anak yang dihuni 2 orang, coba gunakan nakas minimalis yang memanjang dan letakkan di antara kedua ranjang.

READ  7 Keuntungan Desain Dapur Bentuk L Untuk Rumah Anda

Dua nakas minimalis untuk ranjang ukuran king tidak masalah jika berbeda model. Ukuran nakas boleh berbeda, warnanya pun demikian. Ini untuk mencerminkan kepribadian dan kebutuhan masing-masing pengguna nakas minimalis.

Saat ini ada banyak model ranjang yang dibuat khusus memiliki nakas. Biasanya terhubung di bagian headboard. Jika demikian, maka PR kamu untuk menemukan nakas minimalis sudah selesai. Kalau tidak menemukan ranjang dengan nakas yang pas, tenang saja karena ada banyak cara.

Nakas tidak perlu memiliki material atau warna yang sama persis dengan ranjang. Selain itu, furnitur lain seperti lemari dan rak pun bisa disulap menjadi nakas minimalis. Asalkan ukuran nakas tersebut ideal dan modelnya serasi dengan ranjang. Untuk bentuk, tidak ada aturan yang pasti. Kamu bisa memilih nakas bentuk bulat, hexagonal, persegi, dan persegi panjang.

Memilih Material Nakas Minimalis yang Tepat

Pemilihan material untuk nakas minimalis harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Apabila kamu sering meletakkan minuman di atasnya, pilihlah nakas minimalis dari kaca. Material ini mudah dibersihkan dari air. Jika nakas minimalis akan ditempatkan pada kamar anak, gunakan nakas dari kayu. Hindari menggunakan nakas bermaterial kaca karena berpotensi melukai anak.

Meletakkan Dekorasi pada Nakas

Meski fungsinya untuk meletakkan barang-barang yang sering digunakan, kamu tetap boleh menaruh dekorasi. Beberapa dekorasi yang cocok diletakkan di atas nakas minimalis adalah lampu tidur, vas bunga, bingkai foto, dan jam beker.

Namun, pastikan untuk tidak meletakkan dekorasi dalam jumlah banyak. Selain nakas jadi berantakan, barang-barang akan lebih mudah jatuh.