04
Nov

Berikut 4 Pertimbangan Dalam Memilih Karpet

Berikut 4 Pertimbangan Dalam Memilih Karpet

  1. Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –Mendekorasi ulang ruangan adalah cara jitu yang bisa kamu terapkan kalau bosan dengan suasana yang itu-itu saja. Jangan khawatir perlu dana yang cukup besar untuk dapat suasana ruangan yang baru. Cukup dengan mengkreasikan karpet lantai saja sudah bisa memberikan penyegaran pada dekorasi rumahmu lho. Karpet memang terbukti sangat fungsional sekaligus memberikan aspek dekoratif untuk rumah. Pemilihan jenis karpet yang berbeda akan membuar ruangan mendapatkan kesan yang berbeda. Misalnya saja karpet permadani yang membuat ruangan nampak lebih mewah dan megah. Sedangkan karpet plastik lebih fungsional dan praktis. Berikut ini 4 pertimbangan dalam memilih karpet

    Tema Ruangan

Jenis karpet sebaiknya disesuaikan dengan tema atau konsep ruangan yang Anda ciptakan. Jika Anda memilih tema klasik, karpet Persia dan sejenisnya akan menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi jika Anda ingin menampilkan kesan klasik modern, pilihlah karpet berpola dari Eropa yang tidak terdapat banyak detail. Untuk tema ruangan modern bernuansa minimalis, Anda dapat memakai karpet dengan warna lembut dan bermotif, misalnya motif bergaris ataupun motif kotak-kotak.

Karpet

Tema ruang berkaitan dengan pilihan bentuk, warna, dan motif karpet. Misalnya, jika Anda menginginkan penataan bergaya Skandinavia, sebaiknya pilih karpet bertema Skandinavia yang terkenal simpel.


  1. Furnitur Pengisi Ruang

Furnitur pengisi ruang ini memiliki ukuran dan warna, yang berpengaruh terhadap ukuran dan warna karpet. Misalnya, untuk ruang keluarga dengan sofa tiga dudukan, bisa menggunakan karpet berukuran 160cm x 230cm. Untuk ukuran furnitur lebih kecil, pilih yang berukuran 120cm x 170cm.

Karpet

Soal warna, pilih yang selaras dengan warna furnitur atau sengaja “ditabrakkan” untuk memberi kesan kontras. Jadi, pilihan warna yang tepat tergantung dari konsep penataan ruang. Ruangan yang penuh dengan perabotan akan terasa kurang pas jika menggunakan karpet bermotif penuh warna dan gambar.

READ  Tips Memilih Lemari untuk Rumah Cantik Anda

Karpet


  1. Fungsi Ruang

Fungsi ruang tak kalah penting sebagai hal yang harus diperhatikan dalam memilih jenis karpet. Pertimbangkan, apakah karpet akan diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, atau kamar tidur. Secara umum, untuk ruangan yang intensitas orang yang berlalu lalangnya rendah, seperti kamar tidur, Anda bisa menggunakan karpet berbahan lembut dan mewah.

Karpet

Sedangkan ruangan lain yangtraffic lalu lalangnya tinggi, misalnya ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan, dapat menggunakan karpet yang mudah dibersihkan, seperti karpet berbahan polyprophylene. Untuk ruang tamu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukurannya. Ukurannya ada 2 pilihan yaitu karpet berukuran besar, yang bisa muat untuk semua furnitur (kursi dan meja), atau yang berukuran lebih kecil untuk meng-highlight hanya satu furnitur, misalnya karpet kecil di bawah meja pajangan atau coffee table.

Karpet

Sedangkan untuk ruang keluarga, pilihannya bisa menghadirkan karpet tipe benang panjang (shaggy rugs). Jenis karpet yang lebih tebal ini bisa memberi kenyamanan dan suasana hangat saat digunakan untuk duduk.


  1. Ukuran Ruangan

Ukuran ruang berpengaruh terhadap ukuran karpet. Perbandingan ukuran yang terlalu jauh—ruang terlalu besar atau karpet terlalu kecil, atau sebaliknya—dapat memberi kesan njomplang alias tak seimbang. Jadi, seandainya Anda memiliki ruang keluarga berukuran 4m x 5m misalnya, dapat menggunakan karpet dengan ukuran 160cm x 230cm. Jika ukuran ruang lebih kecil, gunakan karpet ukuran 120cm x 170cm.

Karpet