29
Apr

Berbagai Jenis Material Pelapis Dinding

MACAM MACAM MATERIAL PELAPIS DINDING

Panduan Mengecat Dinding

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai macam material untuk pelapis dinding anda. dari berbagai jenis material pelapis dinding ini tentunya menambah keindahan dari tembok anda, Nah jika anda ingin melapisi tembok anda. Kami ada berbagai jenis material yang cocok dan mungkin salah satunya sesuai dengan selera anda. Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Keramik

Keramik adalah material bangunan yang sering banyak digunakan, agar terlihat lebih estetis dan lebih mudah dibersihkan, dinding yang terbuat dari tembok (bata merah, batako, beton, dan hebel ) dapat langsung dipasangi penutup ubin keramik. Jenis ubin keramik yang digunakan sebagai penutup dinding berbentuk persegi panjang dengan ukutan 10cm x 20cm, 20cm x 30cm. Motif dan warnanya pun beragam disesuaikan dengan style ragam rumah. Keramik dapat dipotong dan dibentuk menyesuaikan bentuk dan ukuran dinding yang akan ditutupi.

2. Batu Alam

Ingin menyatu dengan alam ? gunakan bahan ini , dinding rumah anda lebih berkesan alami, gunakan potongan batu alam sebagai pelapis. Batu-batuan alam yang banyak digunakan untuk dinding adalah batu paras yang berwarna putih, batu palimanan yang berwarna kuning kecoklatan, batu sukabumi yang berwarna kehijauan, dan batu candi yang berwarna hitam. Batu-batuan ini telah dipotong dibentuk menggunakan mesin menjadi potongan kecil dengan ukuran bervariasi menyesuaikan bentuk dan ukuran dinding. Finishing coating biasanya diterapkan untuk permukaan batu alam. Ini menjaga daya tahan terhadap jamur dan lumut, serta menjaga warna agar tidak mudah pudar. Baca Juga : Tata Cara Mencabut Paku Dari Tembok

3. Marmer dan Granit

Untuk rumah Mewah dan Lux , material ini sering dipakai. Marmer dan granit ini memiliki sifat keras. Dengan ketebalan hingga 2cm sulit untuk dipotong atau dibentuk. Dengan demikian material ini harus dipersiapkan dengan matang sebelum dipasang, bahan ini harus dipoles menggunakan mesin poles dan diberi semacam obat agar marmer atau granit terlihat lebih menggeliat.

4. Aklirik

Bahan dari aklirik sangat cocok untuk rumah bertemakan modern , simple dan minimalis. Wujudnya transparan dan mempunyai kualitas bening yang hampir menyerupai kaca. Biasanya digunakan sebagai alternatif pengganti kaca karena karakternya lebih keras dan tidak mudah pecah. Aklirik difungsikan untuk menambah aksen pada dinding di dalam ruangan. Dapat juga untuk membingkai sesuatu, seperti foto ataupun lukisan. Untuk mempercantik dan menambah nilai estetika, penempatan aklirik biasanya dibantu dengan sorotan lampu halogen atau diberi penerangan back light.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tembok Rembes

5. Kaca Cermin

Punya ruangan sempit tetapi ingin berkesan luas ? silahkan pilih material ini , Jika ingin menambah kesan luas pada ruangan, salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan memasang lembaran kaca cermin pada salah satu bidang dinding. Namun untuk meminimalkan resiko dan bahaya, pastikan kaca cermin digunakan adalah jenis kaca tempered. Biasanya banyak digunakan di rumah – rumah tingkat dan cocok untuk ditaruh di bagian ruang keluarga.

6. Parket dan Veneer Kayu

Parket adalah kayu yang digunakan untuk melapisi dinding berbentuk potongan papan atau veneer yang berwujud lembaran. Tidak tahan terhadap cuaca, itulah sebabnya jenis ini dipasang pada bagian interior rumah. Tujuannya adalah untuk menambah kesan eksklusif dan menambah kenyamanan visual dari sebuah ruangan. Interior dengan wood panel pada bagian dinding akan berkesan lebih berkelas dan lebih elegan. Sekarang ini banyak sekali material berbahan kayu atau laminated yang bagus untuk melapisi dinding , berkesan mewah dan nyaman.

7. Steinless Steel

Bahan dari Steinless Steel dalam bentuk lembaran juga digunakan sebagai bahan penutup dinding. Bahan ini umumnya digunakan untuk melapisi dinding dapur, terutama dapur kotor. Sifat yang anti karat mempermudah kita dalam perawatan. Jika ingin membersihkannya, cukup dengan menggunakan kain lap atau kanebo, Hampir semua noda tidak akan meninggalkan bekas pada permukaan steinless steel. Bahan ini juga bagus untuk dekorasi bagian depat rumah , banyak sekali bahan ACP yang bermutu di pasaran.