kontraktor jogja
05
Mei

Beragam Rumput Hias Untuk Taman

Beragam Rumput Hias Untuk Taman

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Untuk memperindah taman anda, anda dapat memanfaatkan salah satu jenis rumput hias sobat. tata cara perawatannya pun cukup mudah. Nah pada artikle dibawah ini akan di bahas mengenai berbagai jenis rumput hias yang cocok untuk taman anda. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Rumput Swiss

Rumput swiss merupakan rumput yang paling bagus dan halus di antara jenis rumput hias lainnya.

Hal ini bisa dilihat dari segi warnanya yang hijau enak di lihat mata. Begitupun daunnya yang bertekstur halus sehingga enak jika dijadikan sebagai tempat nongkrong bersantai.

Tak heran jika harganya lumayan mahal disbanding jenis rumput lain, namun juga wajar karena memang sesuai dengan kualitas dan keindahannya.

Cara penanaman-nya pun juga tidak terlalu ribet hanya saja memerlukan perawatan lumayan ekstra.

Pastikan ketika kamu menanam rumput ini berada di area kering, sebab di iklim lembab rumput jenis ini tidak bisa tumbuh maksimal.

Jika ingin memelihara rumput Swiss di pekarangan rumah, usahakan pencahayaan-nya minimal 80 persen.

Lakukan pemotongan minimal sebulan sekali, dan berikan nutrisi pupuk urea, serta harus rajin menyiramnya pagi sore agar rumput tidak kering.

Baca Juga : Cara Memasang Rumput Sintetis Untuk Taman

2. Rumput Golf

Rumput Golf ini mirip dengan rumput swiss hanya saja warnanya yang kehijauan tua rumput ini sangat mudah tumbuh cukup dengan asupan air yang sedikit.

Jenis rumput ini jarang digunakan untuk menghias area perumahan, sesuai namanya lebih umum ditanam pada lapangan golf saja.

Disamping harganya mahal, perawatan-nya juga terbilang rumit. Jika kamu baru menanam maka jangan sampai lupa menyiramnya agar tidak mati karena kehilangan asupan air.

Usahakan untuk memberikan penyinaran matahari 100 persen, dan rutin memotong minimal dua minggu sekali.

Pada zaman dulu rumput jenis ini dikategorikan sebagai rumput pengganggu tanaman lain.

Namun sekarang ini malah beralih fungsi mungkin karena keindahannya memiliki ukuran pendek yang menawan, sehingga sangat cantik untuk dipandang secara luas.

3. Rumput Jepang/Peking

Rumput jepang ini bentuknya rapi yang helai daun-nya kurus dan transparan mirip dengan rumput rumput golf.

Cara menanamnya cukup mudah dan pertumbuhan-Nya pun cepat, sehingga banyak digunakan untuk hiasan taman di berbagai rumah yang dapat memberikan kesan segar dan natural.

Untuk perawatan yang harus dilakukan yaitu dengan pemupukan urea dua kali sebulan, penyiraman secara rutin, pemotongan sebulan sekali, sampai dengan pencahayaan yang cukup.

Meskipun bagus kekurangan rumput ini tidak cocok buat nongkrong karena struktur yang kurus runcing seperti jarum terkadang sakit menusuk kulit.

Baca Juga : Taman Kemakmuran Menurut Feng Shui

4. Rumput Gajah Mini

Macam-macam rumput gajah mini sangatlah banyak serta menjadi jenis rumput yang paling banyak dipilih untuk tanaman hias.

Sehingga tak jarang warga perkotaan yang menghiasi taman rumahnya mengunakan rumput gajah mini.

Selain harganya yang tak mahal rumput ini juga sangat mudah tumbuh cukup dengan perawatan yang relatif mudah.

Di daerah Jawa Timur pegunungan Bromo banyak tersedia rumput seperti ini.

Perlu diketahui jika rumput ini mudah tumbuh dengan penyinaran matahari 50 persen, yang hanya memerlukan sedikit pupuk dan pemangkasan sebulan sekali.

Kelebihannya, rumput ini terbilang tahan terhadap pijakan kaki manusia, sehingga cocok dipakai untuk taman bermain anak-anak.

5. Rumput Gajah Mini Variegata

Rumput gajah jenis Variegata berbeda dengan gajah mini, jenis ini memiliki ciri khas pada helai daun-nya terdapat campuran warna putih yang cukup banyak.

Dari segi harga, Variegata sedikit lebih mahal daripada rumput gajah mini.

Kelebihannya hampir mirip dengan rumput gajah mini, yang mana pertumbuhan daun-nya tidak cepat panjang sehingga perawatan-nya cukup mudah dan tidak perlu dipotong setiap bulan.

6. Rumput Sintetis

Rumput sintetis adalah rumput buatan manusia dari bahan serat sintetis yang dirancang sedemikian rupa sehingga tampak menyerupai rumput alami.

Pada umumnya rumput jenis ini sering digunakan sebagai alas area olahraga seperti lapangan sepak bola, futsal dan lain sebagainnya.

Tak hanya itu saat ini rumput sintetis banyak dijadikan sebagai desain interior ruangan rumah, kantor, dan beberapa tempat umum lainnya.

Oleh karena itu sekarang banyak orang dan instansi yang membutuhkannya.