Kenali Bangunan Angkul-Angkul
01
Agu

Bangunan Angkul-Angkul Part 1

Kenali Bangunan Angkul-AngkulBANGUNAN ANGKUL-ANGKUL

Rumah Adat Bali – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa saja macam dan jenis rumah adat Bali (Baca juga : Jenis Rumah Adat Bali). Nah dari artikel tersebut, dapat kita ketahui bahwa salah satu jenis rumah adat Bali adalah bangunan angkul-angkul. Untuk itu, yuk kenali bangunan angkul-angkul lebih dalam lagi.

Desain Tradisional Angkul-Angkul Khas Bali

Gerbang tradisional angkul-angkul oleh masyarakat Bali juga kerap disebut dengan nama kori. Tidak ada konsep secara pasti yang mengatur bagaimana desain dari angkul-angkul yang bisa digunakan oleh masyarakat Bali. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan angkul-angkul di Bali memiliki perbedaan desain dari satu rumah dengan rumah lain. Hal itu karena disesuaikan dengan selera masing-masing pemilik rumah.

Baca juga :Model Plafon Rumah

angkul angkul gerbang tradisional khas Bali 1 1024x839 » Mengenal Apa Itu Angkul-Angkul, Bangunan Tradisional Khas Bali yang Kaya Makna

Di zaman dulu, angkul-angkul kerap disertai dengan anak tangga. Anda dapat menemukan kori dengan anak tangga naik ataupun turun, disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, saat ini hampir sangat jarang ada kori yang memiliki anak tangga. Lagi-lagi, kondisi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah. Apalagi, saat ini banyak masyarakat yang memiliki sepeda motor yang kemudian diparkir di dalam rumah.

Baca juga : Halaman Belakang Rumah

Berdasarkan fungsinya, kori memiliki peran sebagai pintu masuk utama menuju bangunan rumah. Ketika Anda berkunjung ke rumah yang berukuran sangat besar, terkadang pemilik rumah bakal sengaja membangun kori lebih dari satu. Selain pada bangunan rumah, Anda juga dapat menemukan keberadaan kori pada bangunan lain, termasuk pura yang menjadi tempat ibadah umat Hindu Bali.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666