05
Sep

Bahaya Kutu Debu Pada Sofa Rumah Yang Kotor

Bahaya Kutu Debu Pada Sofa Rumah Yang Kotor

Bahaya Kutu Debu Pada Sofa Rumah Yang Kotor – Pada umumnya disetiap rumah pasti menempatkan satu sofa didalamnya. Selain sebagai perabot pemanis, sofa juga sering digunakan sebagai tempat menjamu tamu atau sekedar untuk bersantai sambil menonton TV bersama keluarga. Namun perlu Anda ketahui, sofa adalah salah satu perabot yang paling sering terlewat ketika membersihkan rumah. Bayangkan saja berapa banyak orang yang bergantian menjajaki sofa tersebut. Sempat cuci tangan? Cuci kaki? Atau berganti pakaian? Tentu saja tidak. Terlebih lagi, banyak orang memiliki kebiasaan makan atau sekedar ngemil sambil menonton TV di atas sofa. Tanpa disadari, sisa-sisa makanan pun berjatuhan dan mengotori sofa Anda. Padahal, ada banyak resiko dengan berbagai sumber penyakit, salah satunya berasal dari tungau debu atau sering disebut dengan kutu debu.

Kutu debu ini senang sekali menempel pada sofa, kasur, atau karpet di rumah kita. Menurut penelitian, dalam satu spot sofa yang jarang dibersihkan dapat ditemukan ribuan kutu debu. Berita baik atau buruknya, kita tidak dapat melihatnya.

Apa Bahaya Kutu Debu?

Sebenarnya kutu debu itu sendiri tidak menggigit atau melukai manusia secara langsung. Elemen yang membahayakan bagi manusia adalah kotoran dan pecahan bagian tubuh dari kutu debu tersebut. Menurut penelitian, satu kutu debu (dari ribuan yang ada pada sofa) dapat menghasilkan sekitar 20 kotoran per hari.

Gejala paling umum adalah gatal pada mata dan hidung, disertai dengan batuk dan bersin. Secara berkelanjutan, mata dan hidung akan mulai berair dikarenakan tubuh kita memproses antibodi terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Bayangkan saja tidur anda terganggu karena hidung berair dan susah bernapas, menyebalkan sekali pastinya!

Source: alergikulit.com

Kutu debu merupakan penyebab utama pada asma dan alergi, terutama alergi kulit seperti eczema atau eksim. Eksim merupakan ruam berbintik merah yang biasanya berkelompok pada satu spot di kulit kita. Ruam tersebut sangat gatal dan mendorong kita untuk sering menggaruknya, mengakibatkan bekas pada kulit. Tentu saja ini merupakan mimpi buruk bagi wanita, terlebih bagi mereka yang mendambakan kulit bersih nan mulus.

Menghindari Kutu Debu

Karena kutu debu tidak dapat sepenuhnya dibasmi, hal utama yang wajib dilakukan adalah menghindari dan mengurangi populasi dari kutu debu itu sendiri. Jika anda bingung bagaimana cara membersihkan sofa dengan baik dan benar, serahkan saja pada ahli pembersih sofa profesional.  Anda dapat dengan mudah menemukan jasa pembersihan sofa/ karpet dan rumah  yang sesuai, terjamin, dan berkualitas dengan harga terjangkau.