kontraktor jogja
26
Mar

Bagaimana Ciri Rumah Sehat?

kontraktor jogjaBAGAIMANA CIRI RUMAH SEHAT?

Kontraktor Jogja – Rumah sehat akan berdampak pada kesehatan bagi si penghuni rumahnya. Seperti yang kita tahu bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, yuk ciptakan rumah sehat agar kita sebagai penghuni rumah sehat juga. Nah mungkin kalian bingung bukan, patokan rumah sehat itu bagaimana. Nah pada artikel kali ini, kami Kontraktor Jogja akan membahas tentang ciri-ciri rumah sehat.

Ciri – Ciri Rumah Sehat

Rumah sehat sangat penting untuk ditinggali, udara yang akan keluarga hirup, lantai yang akan diinjak , makanan yang akan dimakan, serta lingkungan sekitar rumah sangat mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan. Berikut adalah ciri ciri rumah sehat:

Sumber Air

Air adalah pendukung utama kehidupan, sehingga sumber air sehat dan bersih merupakan kewajiban. Ketersediaan air bersih minimal 60 liter per orang per harinya.

Kualitas dari air harus memenuhi standar kesehatan air bersih. Jika Anda menggunakan penampungan air semisal tandon, bak ataupun drum pastikan selalu tertutup dan bersihkan secara rutin, jauhkan pula dari kuman penyakit.

 Sirkulasi Udara

Perputaran udara didalam rumah akan membuat rumah menjadi tidak lembab dan selalu segar. Selain bisa menghalangi perkembangan bakteri akibat ruang yang lembab sirkulasi udara juga diupayakan agar meningkatkan kualitas udara yang dihirup oleh semua anggota keluarga, untuk itu setiap kamar idealnya mempunyai satu ventilasi udara.

Saluran Pembuangan

Rumah sehat pastinya mempunyai saluran pembuangan air di dalamnya dan tentunya lancar, tidak menggenang dan tidak tersendat. Karena pembuangan air yang tidak lancar akan menimbulkan akumulasi kuman, bau menyengat, dan menjadi sarang penyakit jika dibiarkan.

 Rumah Bebas dari Zat Kimia Berbahaya

Tanpa kita sadari banyak tempat tinggal/rumah yang telah terkontaminasi banyak zat zat kimia berbahaya. Contohnya seperti cat rumah yang kurang aman untuk penggunaan di dalam rumah, produk pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya, sampai penggunaan pestisida, (pembasmi serangga dan semisalnya)

Lingkungan Rumah

Lingkungan sekitar sangat mendukung begi kesehatan penghuninya. Tentunya lingkungan hijau termasuk ciri ciri dari rumah sehat. Maka jika rumahmu belum terdapat tanaman, tanamlah beberapa tanaman yang sekiranya mudah, kamu juga bisa memanfaatkan hidroponik di dalamnya

Kebersihan Rumah

Rumah yang sehat tentunya juga rumah yang bersih juga rapi. Rapikan dan berihkan rumah rutin dengan rutin setiap harinya agar terbebas dari kotoran dan debu. Gunakan alat/bahan pembersih yanng sudah bisa dipastikan aman untuk keluarga, tidak mengandung bahan dan zat kimia berbahaya.

 Pembuangan Limbah/sampah

Sediakan pembuangan limbah cair agar tidak mencemari sumber air bersih yang biasa kita minum, juga agar terhindar dari bau dan tanah tidak tercemar. Untuk limbah padat dikelola dengan baik supaya tidak menimbulkan penyakit dan pencemaran lingkungan sekitar, distribusikan sampah harian ke tempat pembuangan akhir terdekat.

Bahan Bangunan Rumah

Salah satu ciri-ciri rumah sehat yakni tidak terbuat dari bahan yang dapat melepaskan zat-zat yang membahayakan kesehatan. Tidak terbuat dari bahan yang bisa menjadi tempat tumbuh dan berkembang biaknya mikrooganisme patogen / mikroorganisme berbahaya lainnya.

Itulah tadi ciri-ciri dari rumah yang sehat. Memang tidak susah untuk bisa dipenuhi tetapi jika tidak diperhatikan dengan benar akan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kehidupan sehari-hari.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami Kontraktor Jogja. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666