20
Jan

Baca Buku Lebih Nyaman, Ini Ragam Desain Ruang Baca Untuk Hunian

Baca Buku Lebih Nyaman, Ini Ragam Desain Ruang Baca Untuk Hunian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Membaca merupakan salah satu hobi yang bisa Anda lakukan dalam waktu senggang Anda. Tak hanya menghibur, hobi membaca ini sering disebut-sebut sebagai cara lain untuk “melihat dunia”.  Selain itu, membaca merupakan salah satu hobi bermanfaat yang bisa menambah pengetahuan, wawasan, dan membuat pikiran Anda terbuka,  serta mengasah daya imajinasi Anda.  Baca buku lebih nyaman, berikut ini ragam desain ruang baca untuk hunian.

Desain Ruang Baca di Ruang Keluarga

Ruang baca dapat dihadirkan  mana saja, termasuk di ruang keluarga. Manfaatkan salah satu sudut untuk menempatkan rak buku. Lalu, buatlah nook di sisi jendela. Lengkapi dengan alas duduk empuk dan bantal untuk sandaran. Karena posisinya ada pada sisi jendela, kamu bisa menghemat penggunaan lampu selagi membaca. Jika ingin membaca pada siang hari, gunakan tirai sheer untuk menghalau panas.

Desain Ruang Baca Minimalis

Ternyata perpaduan warna cokelat dan abu-abu ini mampu membuat desain ruang baca minimalis terlihat nyaman dan hangat. Ukuran ruang baca minimalis ini cukup luas. Kamu bisa menempatkan dua sofa panjang, nook dekat jendela, dan kabinet untuk pajangan.

Salah satu hal menarik dari desain ruang baca ini adalah posisi rak buku yang ada pada ujung. Ukurannya sebesar dinding dan dilengkapi dengan pintu geser. Apabila kamu kedatangan tamu, ruang baca minimalis ini bisa disulap jadi ruang tamu. Cukup geser pintunya dan koleksi buku akan tersembunyi.

Desain Ruang Baca Bergaya Rustic

Konsep rustic yang terdominasi dengan kayu, mampu menjadikan desain ruang baca terasa lebih hangat. Atap kayunya bersifat ekspos. Demikian pula dinding bata merahnya. Sedangkan lantainya menggunakan material kayu yang terlapisi dengan sejumlah karpet.

READ  Perhatikan Ini Jika Punya Rumah Di Pinggir Jalan Raya

Rak buku cukup dibuat sederhana karena desain ruang baca ini sudah cukup menonjol pada bagian jendela dan atapnya. Kamu bisa memilih rak buku jadi atau membuat sendiri menggunakan kayu yang sama untuk rangka jendela.

Pada satu sisi terdapat jendela besar. Cahaya matahari pun bebas masuk ke ruang baca ini. Untuk menghindari panas, tempatkan sofa pada seberang jendela. Jangan lupa letakkan standing lamp dekat sofa untuk pencahayaan pada malam hari.

Desain Ruang Baca untuk Anak

Apakah kamu berminat mengajarkan anak untuk membaca buku sejak dini? Jika iya, buatkan ruang baca minimalis supaya mereka semakin semangat membaca. Rak buku terbuat rendah dan terbuka. Dengan demikian, anak lebih mudah mengambil dan mengembalikan buku. Gunakan sofa empuk, seperti bean bag dengan motif yang menarik untuk menambah keceriaan.

Ruang Baca Minimalis untuk Keluarga Pecinta Buku

Apabila seluruh anggota keluarga merupakan pecinta buku, maka kamu membutuhkan ruang baca minimalis berukuran besar. Satu bidang dinding disulap menjadi rak buku. Kamu bisa membagi rak berdasarkan kepemilikan atau pun kategori bacaan.

Selain itu, perbanyaklah jumlah tempat duduk. Pasalnya, masing-masing anggota keluarga membutuhkan ruang pribadi saat membaca. Kamu dapat menempatkan kursi di sudut jendela, dua buah sofa berukuran besar di tengah ruang, dan karpet dengan bantal.

Desain Ruang Baca Minimalis Super Nyaman

Sekilas, tidak ada yang membedakan desain ruang baca minimalis ini dengan ruang baca lainnya. Di dalamnya hanya ada rak berukuran besar dengan sofa besar. Beberapa orang akan mengantuk seusai membaca buku. Dengan sofa besar ini, kamu bisa langsung berselonjor dan tidur sejenak.