08
Agu

Atap Rumah Kekinian

Atap Rumah Kekinian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorAtap adalah salah satu bagian eksterior rumah yang berperan sebagai penutup bangunan. Melalui peran tersebut, maka atap rumah harus memiliki sifat yang kokoh untuk menopang kondisi cuaca yang berubah-ubah.

Mewakili keseluruhan desain rumah karena terlihat oleh lingkungan luar, bentuk atap rumah pun harus dirancang secara apik agar memiliki unsur keindahan yang disesuaikan dengan kondisi bangunan. Nah, buat kamu yang bingung, Kania akan membahas aneka bentuk atap rumah sebagai referensi untuk membantu kamu dalam merancang hunian. Apa saja itu?

Bentuk Atap Rumah Limas

bentuk atap rumah limasarchitizer

Bentuk atap rumah limas atau piramida merupakan model paling populer di Indonesia. Bentuk atap rumah ini sangat cocok diaplikasikan pada hunian dengan luas yang tidak terlalu besar karena desainnya yang sangat simpel. Buat kamu yang tertarik mengadopsi bentuk atap rumah limas, pastikan kamu memperhatikan ukuran panjang, tinggi dan lebar supaya presisi dengan bangunan rumah.

Bentuk Atap Rumah Datar

bentuk atap rumah datarhomedit

Merupakan ciri khas dari gaya arsitektur hunian di Timur Tengah, bentuk atap rumah datar dapat dibangun secara mudah dan tidak memerlukan budget yang besar. Bentuk atap rumah datar sering digunakan pada hunian berkonsep modern minimalis, namun kamu harus merawatnya secara rutin untuk menyingkirkan kotoran seperti dedaunan yang menumpuk di atas atap.

BACA ARTIKEL DI BAWAH

inspirasi tangga minimalis

eksotis di pinggir pantai

desain kamar pasutri

Bentuk Atap Rumah Skillion

bentuk atap rumah skillionsuperdraft

Sementara itu, bentuk atap rumah Skillion sangat pas diadopsi oleh bangunan bergaya minimalis. Memiliki karakteristik permukaan atap tunggal yang dibuat miring, bentuk atap rumah yang satu ini sangatlah unik. Nah, untuk kamu yang ingin merancang hunian dengan menonjolkan desain nyentrik dan modern, maka bentuk atap rumah Skillion sangatlah pas untuk diadopsi!

Bentuk Atap Rumah Melengkung

bentuk atap rumah melengkungpinterest

Meskipun jarang ditemui di Indonesia, namun bentuk atap rumah melengkung sangat pas untuk diadopsi oleh kamu yang memiliki karakter unik. Bentuk atap rumah melengkung menawarkan kesan ekslusif dan estetik dan dapat menunjukkan bahwa sang pemilik rumah memiliki taste yang tinggi. Adapun, biasanya bentuk atap rumah melengkung memanfaatkan material utama kayu karena pembuatannya yang mudah.

Bentuk Atap Rumah Gambrel

bentuk atap rumah gambrelhomestratosphere

Identik dengan rumah klasik peninggalan era Belanda, bentuk atap rumah Gambrel memberikan kesan megah dan kokoh. Bentuk atap ini memiliki karakteristik pada empat sisi simentris yang diapit oleh dua lereng pada setiap sisi atap. Sementara itu, lereng bagian atas umumnya dibuat dengan sudut dangkal, sedangkan lereng yang lebih rendah mempunyai kemiringan yang lebih curam.

Bentuk Atap Rumah Hip

bentuk atap rumah hipdesign-milk

Bentuk atap rumah Hip merupakan modifikasi dari atap rumah limas yang sangat cocok diterapkan pada hunian berukuran besar. Bentuk atap rumah yang satu ini sangat banyak digunakan di Indonesia dan mungkin hunianmu dibangun dengan bentuk atap rumah yang satu ini!

Bentuk Atap Rumah Bonet

bentuk atap rumah bonetpinterest

Sementara itu, bentuk atap rumah Bonet adalah perpaduan antara atap rumah Hip dan limas. Terkait karakteristiknya, atap rumah Bonet memiliki desain bagian bawah yang  dibuat lebih menjorok ke luar untuk melindungi lubang yang terdapat pada bagian bawahnya. Selain identik dengan model rumah Joglo khas Jawa, bentuk atap rumah ini pun cukup populer digunakan di negara lain seperti Amerika Serikat, lho!

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.