10
Jan

Aneka Jenis – Jenis Plafon Untuk Hunian

Aneka Jenis – Jenis Plafon Untuk Hunian

Mengenal Plafon Gypsum: Manfaat, Plus Minus, dan HarganyaKontraktor JogjaSalah satu elemen yang harus dipenuhi agar interior ruang terlihat indah dan rapi adalah plafon. Tak hanya sebagai pembatas antara ruang atap dan ruang di bawahnya, plafon atau langit-langit rumah dapat membuat ruangan menjadi tampak indah dan rapi. Berikut kami berikan aneka jenis  jenis plafon untuk hunian. Yang bisa anda tiru untuk aplikasikan di rumah!

 

 

Plafon Rumah Triplek

jenis plafon rumah dari triplek

Dijual dalam bentuk lembaran dengan berbagai macam ketebalan, model plafon rumah triplek dapat diinstalasi menggunakan rangka kayu. Kelebihan dari plafon rumah ini ada pada harga jualnya yang murah serta bobotnya yang ringan sehingga memudahkan dalam proses pemasangan. Sementara itu, kekurangan dari plafon rumah triplek ini tidak tahan terhadap api dan mudah mengalami kerusakan jika sering terkena air.

Plafon Rumah Eternit

jenis plafon rumah eternit warna putih

Ada pula plafon rumah eternit yang dibuat menggunakan campuran bahan dasar semen dan bahan kain perca. Dijual dengan harga yang terjangkau. Namun, pemasangan plafon rumah eternit harus ekstra hati-hati sebab materialnya sangat ringkih dan mudah retak. Untuk tidak mengurangi nilai estetika, kamu bisa memasang lampu dengan nuansa dingin pada plafon rumah tersebut.

Plafon Rumah Gypsum

jenis plafon rumah gypsum

Cocok digunakan di rumah berkonsep minimalis, plafon rumah gypsum terdiri dari berbagai macam model, seperti kubah atau bertingkat. Plafon rumah gypsum cenderung mudah ditemukan di pasaran dan dijual dengan harga yang ekonomis. Sementara itu, kekurangannya terletak pada daya serapnya yang tinggi terhadap air sehingga beban akan bertambah dan plafon rumah gypsum mudah roboh jika sering terjadi kebocoran pada atap.

Plafon Rumah GRC

jenis plafon rumah GRC

Plafon rumah dengan bahan Glass Fiber Reinforced Cement Board (GRC) saat ini sangat populer digunakan karena selain harganya cukup ekonomis, material ini pun tahan terhadap api maupun air serta lebih kuat daripada plafon rumah triplek. Sementara itu, kekurangan plafon rumah GRC ada pada proses instalasinya yang tergolong rumit sehingga memerlukann jasa tukang yang ahli agar hasilnya rapi.

READ  Tata Cara Pemasangan Wastafel

Plafon Rumah PVC

jenis plafon rumah PVC

Plafon rumah PVC memberikan sejumlah kelebihan, yakni bobotnya yang ringan sehingga memudahkan dalam proses pemasangan, tahan terhadap api dan air, anti rayap, mempunyai tampilan yang stylish, dan tersedia dalam berbagai macam warna untuk disesuaikan dengan konsep interior rumah. Namun, sayangnya harga plafon rumah PVC masih tergolong mahal dan tidak bisa dicat secara manual sehingga kamu harus memasang plafon rumah baru jika ingin mengganti warna.

Plafon Rumah Metal

jenis plafon rumah metal

Plafon rumah metal terdiri dari berbagai macam motif yang bisa disesuaikan dengan selera dan konsep interior rumah yang diusung. Adapun, plafon rumah metal memiliki sejumlah kelebihan, seperti tahan air, anti rayap, dan tahan lama. Sementara itu, kekurangan plafon rumah metal ada pada harga jualnya yang sangat mahal sehingga penggunannya belum terlalu populer.

Plafon Rumah Akustik

jenis plafon rumah akustik

Bagi kamu yang ingin menciptakan suasana tenang pada hunian, coba gunakan plafon rumah akustik ini. Pemasangannya dapat dilakukan secara mudah pada rangka logam ataupun kayu karena bobotnya yang cenderung ringan. Namun, sama seperti plafon rumah metal, harga plafon rumah akustik ini juga  cenderung mahal.

Ketujuh jenis plafon rumah di atas memiliki karakter, kekurangan, dan kelebihannya masing-masing sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan budget, kondisi lingkungan rumah, dan desain interior rumah. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya di Arsitek Indo Kontraktor.