07
Okt

Amazon Luncurkan Kamera CCTV Rumah Canggih yang Bisa Terbang

Amazon Luncurkan Kamera CCTV Rumah Canggih yang Bisa Terbang

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Anak perusahaan Amazon, Ring, meluncurkan drone CCTV untuk patroli di sekitar rumah bernanama Always Home Cam. Drone ini mampu terbang berkeliling dan menghasilkan rekaman dari berbagai sudut pandang. Drone Always Home Cam dipamerkan di ajang Amazon Event yang digelar virtual dan berhasil mencuri perhatian para penonton. Berikut ini artikel mengenai amazon yang luncurkan kamera cctv rumah canggih yang bisa terbang

A. Keunggulan kamera CCTV dari Amazon dibandingkan CCTV biasa

1. Dapat terbang di sekitar rumah dan dipantau dari jauh, bahkan ketika pemilik sedang pergi

Kamera bergaya drone otonom ini dapat terbang di sekitar rumah saat pemilik sedang pergi. Sebab, kamera CCTV ini terhubung ke serangkaian sensor di rumah. Kamera pengaman ini sengaja dirancang untuk terban secara otomatis ke area yang telah ditentukan di rumah. Hal itu dikarenakan sensor yang dipicu oleh potensi pembobolan.

Saat sensor dipicu, pemilik rumah akan menerima peringatan melalui smartphone mereka. Selain itu, mereka juga dapat merekam secara langsung video CCTV tersebut.

2.  Desainnya dibuat menyerupai drone

Kamera pada produk Ring Always Home Cam ini berada di bagian bawah yang dipasang ke elemen datar seperti kipas di bagian atas perangkat. Hal itulah yang kemudian membuat kamera ini dapat terbang. Saat tidak digunakan, perangkat mirip drone ini dirancang agar muat dalam sebuah boks dengan bukaan di tengahnya.

3. Tak perlu membeli banyak kamera CCTV untuk memantau seluruh rumah

Setelah diaktifkan, kamera akan terbang ke arah yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal ini membuat pemilik rumah tak perlu repot membeli banyak kamera CCTV untuk ditempatkan di berbagai sudut rumah. Sebab, kamera CCTV ini menawarkan berbagai sudut pandang dalam satu kamera ponsel.

READ  Cara Menata Meja Rias Pada Kamar Rumah

Namun, Ring Always Home Cam tidak dapat dikontrol secara manual dan hanya akan terbang sesuai yang telah diatur pengguna. Menurut Jamie Siminoff, produk ini didasarkan pada keluhan beberapa orang yang kerap lupa akan suatu hal di rumah. Namun, tidak bisa melihatnya di kamera CCTV karena ia tidak dapat bergerak ke arah yang mereka inginkan. “Daripada menyuruh pelanggan untuk membeli banyak kamera dan memasangnya dibanyak lokasi di rumah, mengapa tidak mengatasinya dengan satu solusi?,” ujar Siminoff. Menurutnya, kamera ini hadir untuk memberikan pemilik rumah fleksibilitas dari sudut pandang yang ingin dilihat di rumah.

4. Kamera pintar yang memiliki sensor

Produk ini juga didesain dengan menggunakan konsep privasi “top of mind yang membuatnya hanya bisa terbang saat dipicu suatu hal. Ring Always Home Cam juga membuat sedikit suara saat bergerak, sehingga orang akan tahu saat dirinya sedang direkam oleh kamera. “Ini privasi yang bisa Anda dengar,” kata Siminoff. Sudah tertarik untuk membelinya? Sayangnya, Ring Always Home Cam saat ini sedang dalam tahap pengembangan.

Namun, akan segera dijual secara bebas dalam waktu dekat nih. Kamera CCTV ini dikabarkan akan dijual dalam kisaran harga Rp3 jutaan jika dirupiahkan. Ini bukan pertama kalinya Amazon menlucurkan produk kamera dengan konsep drone. Sebelumnya, perusahaan e-commerce tersebut sebelumnya meluncurkan drone Prime Air yang sepenuhnya elektrik dan otonom. Produk ini dirancang untuk mengirimkan paket dengan berat hingga 2,2 kilogram kepada pelanggan hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Namun, belakangan ini, drone tersebut digunakan untuk melawan pandemi virus korona saat awal wabah itu terjadi. Rekaman video yang viral menunjukkan drone dengan pengeras suara mengarahkan orang-orang di daerah pedesaan di China untuk kembali ke dalam rumah.

READ  Tips Penerapan Konsep Pop Art Pada Interior Rumah