12
Nov

Agar Warna Putih Tak Membosankan

Agar Warna Putih Tak Membosankan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Salah satu kecintaan orang pada warna putih adalah kemampuan warna ini dalam menciptakan suasana tenang. Juga, keleluasaan warna ini dipadukan dengan apa saja. Kamu pun suka warna ini, dan ingin mengaplikasikan di kamar tidur atau ruang lain? Kamar yang memang berfungsi sebagai tempat istirahat ini  kian nyaman ketika dipulas dengan warna putih. Warna putih yang melapisi elemen dinding, lantai, dan langit-langit dapat membuat ruang jadi teduh hingga suasana lebih nyaman untuk beristirahat. Namun, hati-hati agar pengaplikasiannya tidak terlalu dominan atau berlebihan, karena dapat  membuat kamar terkesan membosankan. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasukkan elemen-elemen lainnya, seperti aksesori atau furnitur berbeda warna. Berikut ini tips agar warna putih tak membosankan.

Bermain tekstur

Warna putih tak akan terlihat membosankan jika Anda pintar ‘memainkan’ tekstur. Misalnya saja two seater sofa berwarna putih terlihat lebih feminin berkat aksen kancing (deep buttoned) yang terpasang pada bagian sandaran sofa. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan dinding yang memiliki tekstur kasar agar tak monoton bila dipandang mata.

Warna Putih

Padu padan warna

Agar tak terkesan monoton, aplikasikan warna lain sebagai aksen pada interior ruang. Misalnya saja aplikasi cushion warna-warni yang diletakkan di atas sofa. Padu padan warna dapat dilakukan pada berbagai elemen, mulai dari bidang dinding, furnitur hingga elemen dekoratif. Perpaduan warna membuat suasana ruang terkesan lebih ‘hidup’ dan menyenangkan.

Warna Putih

Gunakan Pencahayaan

Trik lain untuk menghindari kesan monoton pada interior rumah serba putih adalah desain pencahayaan (lighting design). Gunakan lampu berwarna kuning yang disembunyikan di balik drop ceiling (indirect lighting) untuk menciptakan kesan dramatis melalui semburat cahayanya. Anda juga bisa berkreasi dengan cahaya lampu berwarna sebagai aksen untuk menceriakan ruang serba putih.

Warna Putih

Tambahkan Warna Hitam

Hitam dan putih adalah kombinasi klasik yang tidak pernah kehilangan momentumnya dalam desain interior. Bahkan, kontras antara hitam dan putih akan tampak lebih megah di ruangan yang kecil. Hitam adalah warna yang kuat; jadi, gunakan seperlunya, sehingga ruangan tersebut tidak  terlihat sempit. Penambahan warna hitam dapat membuat ruang lebih dramatis. Anda bisa menerapkan pada aksesori pendukungnya, misalnya pada fitting lampu, cushion, bingkai, dan sebagainya.

Bila Anda berani, gunakan warna hitam sebagai warna yang dominan atau sebagai focal point. Warna hitam yang mencolok akan membuat ruangan Anda terasa lebih berkelas.  Kedua warna ini merupakan perpaduan yang pas. Padu padan keduanya kini kian digemari karena mewakili konsep monokrom yang sedang menjadi tren.

Warna Putih

Beri Sentuhan Aksen

Jangan ragu untuk menambahkan aksen pada ruangan putih berukuran kecil. Jika Anda tidak ingin ruangan terkesan penuh, cukup pilih satu warna aksen yang terang dan hidup. Biarkan sisanya tetap netral. Pilih furnitur dengan model simpel dan hiasan jendela berwarna polos. Dengan demikian, ruangan yang kecil akan terlihat lebih terbuka dan lapang.

warna putih

Pilihan Furnitur

Furnitur berdesain modern sangat pas diterapkan pada interior putih Anda. Terapkan berbentuk geometris—memiliki garis tegas. Selain itu, pada interior berwarna putih yang sedang ngetren saat ini, furnitur bergaya Skandinavian rasanya sangat tepat dihadirkan di dalam ruangan. Namun, lagi-lagi sesuaikan konsep ruang dengan furnitur yang dihadirkan.

BACA JUGA: DIY Dekorasi Kamar dari Kertas Sederhana yang Lucu dan Gemas

READ  Model Pintu Pagar Rumah