13
Nov

Agar Koridor Tak Terkesan Sempit

Agar Koridor Tak Terkesan Sempit

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Koridor merupakan lorong dalam bangunan yang biasanya menghubungkan ruang yang satu dengan yang lainnya, serta umumnya koridor diapit oleh dinding solid. Jika tidak didesain dengan baik, koridor akan menjadi tempat yang gelap dan menekan karena diapit oleh dua dinding. Padahal, koridor dapat menjadi tempat yang menarik untuk dilewati dan memberi karakter pada ruang. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mensiasati lorong dalam rumah agar lebih cantik dan menarik untuk dilewati. Berikut ini agar koridor tak terkesan sempit.

Pemandangan

Koridor

Ciptakan koridor yang memiliki pemandangan ke luar agar kesan lorong panjang yang membosankan dapat dihindari. Usahakan agar koridor tidak dibatasi dua dinding solid. Taman ataupun pandangan ke ruang lain dapat dimanfaatkan untuk memberikan pemandangan menarik sambil berjalan menuju ke ruang berikutnya.

Koridor

Dekorasi Ruang

Koridor

Agar kesan monoton pada lorong koridor dapat dihindari, maka dekorasi ruang pada dinding ataupun sudut koridor dapat dihadirkan. Pemakaian dekorasi pada dinding yang menarik dapat mengalihkan perhatian ketika melewati lorong panjang. Penggunaan dekorasi bingkai foto atau lukisan juga menjadi solusi agar pengguna koridor dapat menikmati foto ataupun lukisan lewat jajaran bingkai foto sepanjang koridor.

Koridor

Motif Dinding

Koridor

Motif yang menarik dapat diterapkan pada dinding lorong untuk mengurangi kesan membosankan pada lorong. Selain dengan wallpaper, motif dinding juga dapat dihadirkan dengan efek bayangan pada ruang yang membentuk motif yang dinamis sesuai dengan sinar matahari, sehingga motif pada koridor dapat berubah sepanjang hari.

Koridor

Pencahayaan

Koridor

Pencahayaan yang terang pada koridor menjadi solusi terhadap kesan lorong gelap yang menekan. Yang menarik dapat memberikan efek yang cantik dan futuristik. Motif pada lorong juga dapat diciptakan melalu desain pencahayaan yang atraktif dan menarik.

READ  Ornamen Tambahan dalam Membangun Masjid Modern

Koridor

Efek Garis Melintang

Koridor

Penggunaan garis-garis melintang pada lorong dapat mengurangi kesan panjang yang menerus pada koridor. Garis melintang dapat seolah membantu membagi lorong dengan segmen horizontal tersebut. Garis ini dapat dihadirkan melalu ekspos balok pada langit-langit ataupun dengan pencahayaan yang membentuk efek garis melintang pada lantai.

BACA JUGA: 10 Langkah Ini Bikin Ruang Tamu Kecil Tampak Lebih Luas

Koridor