16
Okt

Desain Perancangan Area Duduk ‘Window Seat’ di Bawah Jendela

Desain Perancangan Area Duduk ‘Window Seat’ di Bawah Jendela

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorPojok ruang cocok sebagai window seat. Sejak awal perancangan, harus diperhatikan ukuran dan ketinggian tempat duduk yang diinginkan. Sesuaikan dengan tinggi dasar jendela dan lebar jendela. Berikut ini desain perancangan area duduk ‘window seat’ di bawah jendela.

Ruang Keluarga

Pojok ruang cocok sebagai window seat. Sejak awal perancangan, harus diperhatikan ukuran dan ketinggian tempat duduk yang diinginkan. Sesuaikan dengan tinggi dasar jendela dan lebar jendela.

Sumber : pinterest-kindesign

Ruang makan

Window seat terpadukan dengan jendela yang sudah ada. Desain bentuk dan ketinggian plafon menambah kekhususan area untuk window seat.  Model tempat duduk bisa terganti dengan yang lebih sederhana untuk menghemat biaya.

Sumber : one kind design

Dapur

Ukuran jendela besar pada dapur sangat baik untuk pencahayaan alami dan sirkulasi udara. Lebar window seat menyesuaikanlebar rak wastafel. Pemilihan warna dan bahan juga disesuaikan dengan rak dapur lainnya. Bagian bawah window sea bisa terfungsikan sebagai rak tambahan.

house of turquoise by nest studio

Ruang Belajar

Keberadaan jendela sebagai pencahayaan alami untuk meja belajar, juga bisa termanfaatkan sebagai window seat.  Area ini bisa menjadi tempat baca yang nyaman  ataupun area peristirahatan.

Sumber : artofdecor.ru

Kamar Tidur.

 Bayangkan jika bukaan pada dinding ini hanya berupa jendela saja.  Tentu sangatlah biasa. Keberadaan window seat benar-benar menjadi pusat perhatian dan daya tarik tersendiri. Pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik menjadikan area ini sangat nyaman untuk beristirahat bahkan tertidur setelah memandang keindahan cahaya bulan.

Sumber : window seat ideas – kindesign

Jika tidak berkesempatan mengikutsertakan window seat dalam perancangan awal, sesuaikan saja dengan lebar jendela yang ada. Model yang sederhana sekalipun akan dapat  menjadikan jendela yang polos dan membosankan menjadi fungsional dan nyaman.

Hal-hal yang perlu memperhatikan saat merancang window seat :

  • Pastikan area jendela yang ada memiliki ruang yang cukup untuk window seat yang terharapkan.
  • Biasanya ukuran lebar jendela dan perabot memiliki ukuran standar tersendiri. Hal ini mempermudah saat mencari rak atau kursi untuk merancang dan melengkapi window seat.