16
Okt

Mengeksplorasi Keindahan Bahan Bangunan Sederhana

Mengeksplorasi Keindahan Bahan Bangunan Sederhana

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Siapa bilang penggunaan material sederhana itu sangat terbatas? Humble material atau material sederhana tetap bisa terterapkan pada ekspresi desain yang kreatif dan berani. Material ini tidak harus mahal atau mewah, tetapi penerapannya dalam desain hunian tidak berarti Anda harus mengorbankan daya tarik atau keunikannya. Jenis material ini sangat terkenal dalam industri konstruksi. Sebagian besar orang menyebutnya sebagai material yang praktis, murah, orisinal, dan natural. Satu paket lengkap siapa yang tidak suka? Material yang menganggap kuno ini dapat terinterpretasikan ke dalam sebuah tampilan modern, dengan memadukan teknologi tinggi dan teknologi rendah. Bahkan, banyak arsitek menemukan inspirasi dalam keindahan struktur yang sederhana melalui penggunaan material ini secara tepat. Berikut ini cara mengeksplorasi keindahan bahan bangunan sederhana.

Kayu lapis alami

Estetika: Informal, hangat, teknologi rendah

Penggunaan: Material ini murah, gampang tertemukan, dan mudah digunakan dengan potensi luar biasa. Plywood atau triplek adalah bahan kayu lapis berupa lembaran tipis dan tahan lama. Material ini dapat menggunakan pada setiap bagian rumah, mulai dari plafon, penutup dinding, hingga backsplash dapur, tetapi sering kali melapisi dengan permukaan finishing yang lebih halus.

Namun, ada kelemahan tertentu pada kayu lapis, yang kurang lebih tergantung pada tingkat kualitas tampilannya. Secara umum justru kelemahannya yang membuat material ini begitu menarik. Untuk tampilan yang lebih halus, pertimbangkan penggunaan plywood dengan kualitas lebih tinggi yang telah terproduksi bebas dari gurat dan mata kayu.

Kayu lapis buatan Indonesia biasanya berupa lembaran tipis berukuran standar 2440 x 1120 mm atau 8 x 4 kaki dengan ketebalan bervariasi sehingga biaya tenaga pemasangan dapat meminimalkan. Kayu lapis ini juga dapat tergergaji menjadi papan dengan berbagai ukuran, saling bertautan dalam konfigurasi coak dan galur, atau direkatkan bersama-sama. Pengikatnya dapat tergunakan sebagai aksen, disembunyikan, atau sebagai elemen kontras. Kayu lapis pada gambar dapur di atas tampak halus, bermanfaat dan, tentu saja, hangat. mari simak cara mengeksplorasi keindahan bahan bangunan sederhana yang lainnya.

Sampai saat ini hanya ada 6 jenis kayu lapis atau triplek yang dihasilkan oleh beberapa produsen di Indonesia. Jenis-jenis triplek yang tersedia di pasaran di antaranya adalah: papan partikel, multiplek, teablock, blockboard, melaminto, dan MDF (Medium Density Fiberboard). Pada gambar tersebut, kayu lapis tidak hanya berfungsi sebagai dinding pembatas dan anak tangga, tetapi juga seluruh lapisan dinding dan furnitur rumah plywood yang dirancang oleh Simon Astridge.

Sampai saat ini hanya ada 6 jenis kayu lapis atau triplek yang menghasilkan oleh beberapa produsen di Indonesia. Jenis-jenis triplek yang tersedia di pasaran antaranya adalah: papan partikel, multiplek, teablock, blockboard, melaminto, dan MDF (Medium Density Fiberboard). Pada gambar tersebut, kayu lapis tidak hanya berfungsi sebagai dinding pembatas dan anak tangga, tetapi juga seluruh lapisan dinding dan furnitur rumah plywood yang dirancang oleh Simon Astridge.

Papan kayu alami (live-edge wood)

Papan kayu alami (live-edge wood)

Estetika: Kasar, bisa dibuat modern, alami dan netral

READ  Cara Membuat Taman di Atap Rumah

Penggunaan: Untuk membedakan dan memperlihatkan kontras pada geometri bangunan yang kaku. Live-edge wood adalah papan kayu alami tanpa finishing dengan potongan tepi yang tidak rata, yang terproses sesuai ketebalannya, tetapi tidak sama ragamnya. Papan kayu ini mengekspos bentuk alami potongan papan yang digergaji dari batang pohon. Tampilannya mungkin tidak sesempurna kayu produksi pabrik, namun memberikan aksen yang menarik pada sebuah rumah.

Rumah ini menggunakan interpretasi material yang sangat modern dan memanfaatkan kontras antara garis-garis dinding yang dibentuk rapat dan penggunaan pernis alami. Gambar tersebut jelas memperlihatkan fungsi papan kayu sebagai pelindung hujan dan menahan air dari luar rumah.

Rumah ini menggunakan interpretasi material yang sangat modern dan memanfaatkan kontras antara garis-garis dinding yang terbentuk rapat dan penggunaan pernis alami. Gambar tersebut jelas memperlihatkan fungsi papan kayu sebagai pelindung hujan dan menahan air dari luar rumah.

Perhatikan penggunaan papan kayu live-edge horizontal pada dinding eksterior lantai bawah dan papan kayu vertikal dengan finishing yang lebih halus pada lantai atas. Pemilik telah menggabungkan bentuk yang tidak lazim dan berbagai material organik sesuai kepribadian mereka sendiri.

Papan kayu tanpa finishing

Papan kayu tanpa finishing

Estetika: Skandinavia, hangat dan modern

Penggunaan: Untuk memberikan tampilan Skandinavia yang bersih, hangat dan santai pada suatu ruang. Papan dengan cacat kayu digunakan dalam estetika minimalis, tanpa potongan atau detail rumit, tanpa kamuflase dan menghasilkan tampilan yang kaya sekaligus tahan terhadap rusak dan aus. Pada rumah ini, sambungan papan kayu menjadi satu-satunya ornamen. Penggunaan material yang sama pada dinding dan lantai tersebut menghasilkan permukaan dengan bobot yang sama dan menciptakan suasana yang hangat, santai, dan informal.

Rangka alami ekspos

Rangka alami ekspos

Estetika: Informal, mentah, kasual, bertekstur

Penggunaan: Untuk mengekspresikan struktur yang menopang sebuah bangunan. Mengekspos komponen konstruksi umumnya akan lebih murah, meskipun Anda harus dapat menyelaraskan segala sesuatu yang biasanya tersembunyikan dengan finishing seperti misalnya sambungan pipa, listrik, dan kerangka.

Karena itu, biaya finishing juga dapat dibatasi sebab hanya sedikit material kayu yang akan dilapisi cat dan finishing. Material ini memiliki estetika fungsional yang menampilkan arsitektur terbuka dengan tiang penopang ekspos. Perhatikan desain townhouse di Leiden yang mengekspos material kayu pada cladding maupun rangka jendela. Menonjolkan warna asli kayu tersebut mampu memperkaya tampilan ruangan.

Karena itu, biaya finishing juga dapat dibatasi sebab hanya sedikit material kayu yang akan terlapisi cat dan finishing. Material ini memiliki estetika fungsional yang menampilkan arsitektur terbuka dengan tiang penopang ekspos. Perhatikan desain townhouse pada Leiden yang mengekspos material kayu pada cladding maupun rangka jendela. Menonjolkan warna asli kayu tersebut mampu memperkaya tampilan ruangan.

Rangka cat ekspos

Rangka cat ekspos

Estetika: Informal namun fleksibel, modern, hangat, mengundang

Penggunaan: Untuk menghasilkan tampilan rangka kayu cat ekspos seperti ditunjukkan pada contoh gambar di atas. Mengecat rangka struktur akan menjadikannya lebih fleksibel dan, terutama dalam contoh ini, lebih terang. Digunakan pada langit-langit, rangka cat menawarkan daya tarik sebuah rumah tanpa masalah isolasi yang kerap menemukannya ketika membiarkan rangka terekspos pada dinding eksterior.

READ  Dapur Dengan Pemilihan Warna Cerah

Cat putih adalah tampilan klasik, tetapi setiap skema warna monokromatik akan menonjolkan bentuk dan daya dukung rangka struktur sekaligus meningkatkan volume ruang.

Kayu daur ulang

Kayu Daur Ulang

Estetika: Hangat, kuno, tampilan industri

Penggunaan: Siapa yang tidak senang mendengar cerita yang bagus? Penggunaan kayu daur ulang berguna untuk menanamkan kehangatan akan sebuah kisah pada suatu ruang. Kayu daur ulang atau reclaimed wood menjadi bagian otentik dari sejarah struktur rumah tersebut atau daur ulang dari struktur yang sudah teruntuhkan, keduanya sama-sama menambahkan kualitas dari sebuah kisah.

Tidak ada yang lebih hemat selain mendaur ulang material kuno. Setiap balok dan kolom telah tercat ulang untuk menghidupkan kembali karakter kayu alaminya. Balok-balok tersebut menampilkan setiap sambungan, retak dan cacat kayu yang menunjukkan karakter dan menandai usianya. Selain itu, kayu daur ulang juga digunakan untuk meja counter dan rak.

Papan gipsum cat

Papan gipsum cat

Estetika: Minimalis, sejuk (beton), modern

Penggunaan: Sebuah pilihan modern klasik yang menggunakan untuk menonjolkan volume dalam sebuah rumah dan memusatkan perhatian terhadap unsur-unsur lain di dalam ruang. Dalam hal ini, pandangan keluar ruangan secara substansial lebih penting daripada apa pun, dan kontras warna yang mencolok antara langit-langit berbentuk miring dan dinding kayu lapis memberikan tampilan yang sangat mengagumkan.

Papan gipsum relatif murah dan mudah terbentuk. Material ini dapat terlapisi cat dan mampu mewujudkan tampilan ruang yang sempurna.

Papan gipsum tanpa finishingPapan gipsum tanpa finishing

Estetika: Tampilan industri, mentah, dingin, modern

Penggunaan: Apabila Anda menginginkan tampilan industrial atau belum bisa memutuskan warna cat untuk ruangan Anda, Anda bisa menggunakan papan gipsum tanpa finishing cat. Papan gipsum ini “separuh jadi,” yang berarti bahwa gipsum tersebut sudah terrekatkan, terdempul dan teramplas, tetapi terbiarkan tanpa cat untuk memberikan tampilan industrial.

finishing

Apabila dapat tergunakan pada rumah-rumah mana sistem konstruksi seperti saluran pipa besi, perlengkapan industrial, balok baja, sistem saluran mekanik dan jaringan pipa terbiarkan terekspos, solusi ini bisa menjadi langkah yang tepat. Seperti gambar tersebut, sang pemilik sengaja membiarkan papan gipsum menempel setengah jadi tanpa terampelas atau finishing apa pun untuk mengekspos seluruh rangka kayu sekaligus memberikan tampilan industrial.

Komponen baja komersial

Komponen baja komersial

Estetika: Tegas, industrial, kaku

Penggunaan: Jika Anda menghargai tampilan detail yang ekspresif, komponen baja komersial dan cara perakitannya yang sederhana menampilkan ornamen orisinal yang sangat modern. Tidak perlu memberikan terlalu banyak dekorasi tambahan. Tampilannya yang kaku justru dapat memberikan daya tarik industrial tersendiri pada rumah Anda. Desain tangga industrial yang terrancang khusus ini menggunakan wire mesh untuk pagar, lempengan baja untuk anak tangga dan berbagai bentuk umum dari elemen baja untuk struktur lainnya. Untuk memperhalus kesan kaku dan tegas pada struktur baja tersebut, Anda bisa memadukan baja dengan elemen kayu pada pelat lantai atas agar rumah terasa lebih hangat.

READ  Mengenal Bangunan Angkul-Angkul Part 2
Perhatikan struktur baja industrial pada rumah ini. Perpaduan baja dengan dinding bata ekspos dapat memberikan efek yang lebih maskulin dan dingin. Elemen kaca transparan yang memasukkan cahaya alami secara maksimal ke dalam rumah, membuat ruangan ini tampak lebih terang dan hangat.

Perhatikan struktur baja industrial pada rumah ini. Perpaduan baja dengan dinding bata ekspos dapat memberikan efek yang lebih maskulin dan dingin. Elemen kaca transparan yang memasukkan cahaya alami secara maksimal ke dalam rumah, membuat ruangan ini tampak lebih terang dan hangat.

Bata beton

Bata beton

Estetika: Minimalis, bertekstur, netral, dingin

Penggunaan: Untuk menonjolkan bentuk-bentuk geometris. Karena bersifat modular, bata beton (unit bata beton, atau CMU) paling baik menggunakan dalam konfigurasi ortogonal biasa. Bata beton terproduksi secara bertahap dengan berbagai variasi bentuk dan ukuran. Dengan berbagai finishing bertekstur, warna dan teknik instalasi yang tersedia, bata beton yang sederhana dapat tergunakan untuk menciptakan berbagai macam tampilan permukaan, mulai dari siku dan runcing hingga bentuk tidak teratur dan mirip batu alam, seperti dalam contoh ini.

Bata beton merupakan material yang sangat terjangkau dan tahan lama yang dapat digunakan di hampir semua lingkungan. Anda bahkan bisa memadukannya dengan elemen kayu yang bersifat lebih hangat pada desain interior Anda. Bahkan bata beton pada perapian dan rak di sampingnya dapat menciptakan titik fokus pada ruangan ini.

Bata beton merupakan material yang sangat terjangkau dan tahan lama yang dapat tergunakan  hampir semua lingkungan. Anda bahkan bisa memadukannya dengan elemen kayu yang bersifat lebih hangat pada desain interior Anda. Bahkan bata beton pada perapian dan rak  sampingnya dapat menciptakan titik fokus pada ruangan ini.

Panel beton (Hardie Panel, Cembonit)Panel beton (Hardie Panel, Cembonit)

Estetika: Kering, cerah (tergantung pada pilihan warna), bernilai seni

Penggunaan: Untuk menonjolkan volume dan bentuk. Material ini sedikit lebih fleksibel terbanding kayu lapis, karena memiliki karakteristik tahan lapuk yang sangat bagus. Beton lembaran ini memproduksi dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pola gabungan dan modul adalah bagian penting dari seluruh desain. Bentuk panel persegi memanjang memberikan komposisi geometris seperti contoh ini. Untuk pilihan warna, desainer mempertimbangkan warna merah bata yang sederhana dalam bentuk, volume, dan material. Detail minimal adalah satu-satunya ornamen material yang sederhana ini. Setiap sambungan menciptakan pola ekspos yang menonjolkan permukaan dinding datar dan terlengkapi dinding pendukung belakang dengan pola yang berbeda.

Pada gambar di atas terlihat detail pemasangan panel beton dengan detail panel kayu dan bata ekspos. Bagian tepi panel beton menunjukkan bahwa sistem ini bertindak sebagai pelindung terhadap air, membebaskan udara untuk bergerak di balik lembaran tipis ini, dan menjaga dinding tetap kering.

Pada gambar tersebut terlihat detail pemasangan panel beton dengan detail panel kayu dan bata ekspos. Bagian tepi panel beton menunjukkan bahwa sistem ini. Bertindak sebagai pelindung terhadap air, membebaskan udara untuk bergerak pada balik lembaran tipis ini, dan menjaga dinding tetap kering. Inilah cara mengeksplorasi keindahan bahan bangunan sederhana.