9 Posisi Tepat Pintu Belakang Rumah
06
Agu

9 Posisi Tepat Feng Shui Pintu Belakang Rumah

9 Posisi Tepat Pintu Belakang Rumah9 POSISI TEPAT FENG SHUI PINTU BELAKANG RUMAH

Pintu Belakang Rumah – Semua rumah pasti membutuhkan pintubukan? Namun tidak hanya pintu bagian depan saja yang harus diperhatikan, pintu bagian belakang juga harus dipertimbangkan. Menurut Feng Shui, pintu belakang itu sangat penting (Baca juga : Manfaat Pintu Belakang Rumah Menurut Feng Shui). Nah, dalam penempatan atau pemasangan pintu belakang ini juga harus diperhatikan beberapa posisi tepat berikut ini.

Posisi Penempatan Pintu Rumah Bagian Belakang

Dalam hal ini juga bisa menyesuaikan pada  jenis-jenis rumah tinggal. Karena jika aturan ini diterapkan untuk apartemen rasanya juga akan sulit sekali. Jadi yang akan kita gambarkan dalam materi ini adalah rumah yang berdiri di tengah pekarangan, dengan ukuran yang medium dan bukan sebagai apartemen. Berikut akan dijelaskan tentang posisi dan bentuk feng shui pintu belakang rumah paling tepat.

  • Pintu belakang tidak boleh terlihat dari pintu utama

Dalam aturan feng Shui rumah agar rejeki lancar maka pintu belakang memang dianggap berdiri sendiri. Karena itu pintu belakang tidak boleh langsung terhubung dengan pintu utama. Posisi pintu belakang juga tidak boleh terlihat dari pintu utama sehingga tamu atau orang dari luar rumah tidak tahu kalau rumah Anda memiliki pintu belakang.

Hal ini juga sangat penting untuk memberi penegasan bahwa tamu hanya boleh masuk rumah dari pintu utama. Sementara anggota rumah bisa keluar dari pintu belakang ketika tidak ingin melewati tamu. Dengan begitu antara tamu dan anggota rumah masih bisa nyaman dan tidak perlu merasa tidak sopan karena melewati tamu.

  • Pintu belakang tidak boleh dekat dengan perabot

Kemudian untuk posisi pintu belakang sebaiknya juga tidak dekat dengan berbagai perabot. Sama seperti pintu depan maka akses keluar dan masuk lewat pintu belakang harus terbuka. Berbagai perabot yang dekat dengan pintu belakang sebaiknya dipindah. Hal ini dalam kepercayaan fengshui juga sangat penting untuk menghilangkan semua penghalang yang dekat dengan pintu. Tata ruang belakang yang sempurna juga menjadikan rumah memiliki ciri-ciri rumah sehat.

  • Pintu belakang tidak garis lurus dengan pintu utama

Posisi lain dari pintu belakang adalah sebaiknya tidak satu garis lurus dengan pintu utama. Hal ini karena bisa menyebabkan rumah menjadi tidak nyaman. Dalam kepercayaan fengshui ini membuat rejeki yang masuk dari pintu utama langsung keluar dari pintu belakang. Artinya keluarga ini tidak bisa menyimpan rejeki dan di masa depan jika ada kebutuhan mendadak maka akan kesulitan. Jadi jika memang posisi pintu belakang dan pintu depan sudah seperti ini maka berikan tirai atau serambi pada bagian tengah ruangan. Jadi saat Anda ingin membeli rumah atau membangun rumah di pekarangan maka perhatikan juga cara membeli rumah.

  • Bentuk pintu belakang sebaiknya satu pintu saja

Kemudian bentuk daripada pintu belakang sebaiknya memang terdiri dari satu pintu saja. Hal ini sangat penting juga untuk membedakan mana yang pintu depan dan mana yang pintu belakang. Pintu belakang memberi akses keluar yang khusus hanya untuk anggota keluarga saja, sehingga sebaiknya tidak perlu dibuat lebih mencolok dari pintu utama. Bahkan dengan bentuk satu daun pintu saja juga dipercaya mengatasi gangguan dari dalam dan luar rumah.

  • Sekitar pintu belakang dibuat bersih

Hal lain yang perlu juga dipikirkan adalah bahwa pintu belakang dan sekitarnya harus bersih. Jadi selain menyingkirkan perabot yang tidak penting di sekitar pintu belakang maka Anda harus mengatur agar pintu belakang tampak bersih dan sederhana. Jika akses pintu belakang memberi pandangan ke luar langsung maka sebaiknya dibuat menghadap halaman belakang, taman, kolam kecil, atau halaman untuk bersantai. Jika Anda memiliki ruangan yang lebih luas maka bisa menempatkan gazebo yang terlihat dari pintu belakang. Rumah dengan model seperti ini sudah menunjukkan adanya kriteria rumah sehat.

  • Warna pintu belakang

Pintu belakang memang harus menjadi simbol yang sebaiknya hanya diketahui oleh anggota keluarga atau teman dekat saja. Karena itu sebaiknya warna pintu belakang dibuat dengan aksen yang tidak mencolok tapi tetap menarik. Anda bisa memberi warna cat kayu seperti coklat tua, biru atau putih. Hal yang sangat perlu dipertimbangkan adalah selalu memberi warna yang berbeda dengan pintu utama.

  • Simbol pintu belakang

Berdasarkan fengshui maka sangat penting sekali untuk menempatkan simbol pada pintu belakang. Simbol ini bisa berupa handle pintu yang sesuai dengan desain pintu. Anda bisa memilih handle pintu tradisional dan tidak tampak lebih mewah dari handle pada pintu utama. Atau Anda bisa memberi hiasan seperti bunga imitasi dan simbol yang lain. Dengan cara ini maka tamu yang akan masuk dari pintu belakang pasti akan merasa tidak nyaman dan enggan karena itu pasti pintu khusus untuk keluarga saja.

  • Arah pintu ke dalam

Arah ketika membuka pintu belakang juga sangat penting untuk dipikirkan. Meskipun Anda hanya membuat satu daun pintu maka sebaiknya pintu juga dibuka ke dalam. Arah buka pintu ini memang tidak ada bedanya dengan pintu depan. Hanya saja artinya berbeda sesuai dengan fungsi dari pintu depan. Ketika pintu belakang dibuka dengan arah daun pintu ke dalam, maka ini bisa memberi energi baik dan sejuk untuk orang yang membuka pintu. Sementara jika dikunci dari luar maka bisa memberi rasa aman yang sangat kuat. Jadi ini pertimbangan yang sebaiknya tidak dilupakan untuk memilih desain pintu belakang.

  • Tidak menghadap jalan

Banyak orang yang salah saat membangun rumah karena menempatkan pintu belakang dengan masih menghadap arah jalan utama atau jalan samping rumah. Ternyata ini sangat bertentangan karena orang lain mungkin akan melihat isi rumah bagian belakang Anda secara tidak sengaja. Bahkan ini bisa berbahaya terutama memberi peluang pada orang jahat untuk melihat situasi bagian dalam rumah Anda. karena itu sebaiknya jika pintu belakang memang berdekatan dengan jalan maka pagar yang melindungi pekarangan rumah harus dibuat lebih tinggi. Teknik ini memang cukup aman dan bisa membantu menjaga privasi rumah Anda.

Begitulah posisi dan bentuk feng shui pintu belakang rumah paling tepat. Jika Anda mempertimbangkan poin tersebut saat merancang pintu belakang rumah maka hasilnya akan membuat kehidupan di rumah lebih tentram.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666