13
Okt

9 Pengharum Ruangan yang Aman untuk Kesehatan Bahkan untuk Bayi

9 Pengharum Ruangan yang Aman untuk Kesehatan Bahkan untuk Bayi

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Banyak pengharum ruangan yang berbahaya bagi bayi dan wanita hamil. Gunakan bahan alami untuk membuat pengharum ruangan yang aman untuk kesehatan ini. Ruangan hunianmu bau apek, nggak banget deh! Kamu bisa-bisa ga kerasan diam di rumah atau di apartemenmu. Di pasaran banyak sih penawaran parfum ruangan dengan beragam aroma. Berikut ini 9 pengharum ruangan yang aman untuk kesehatan bahkan untuk bayi

Pengharum ruangan yang aman untuk kesehatan, terbuat dari bahan alami!

1. Buah lemon

Buah satu ini memang beraroma menyegarkan selain wangi. Caranya, cukup iris buah lemon, kemudian irisan dimasukkan ke dalam wadah.Air perasan lemon juga bisa disemprotkan ke sekitar ruangan.

2. Bunga segar

Salah satunya bunga sedap malam, sangat cocok buat pengharum ruangan. Apalagi saat memasuki malam, bunga ini semakin mengeluarkan aroma yang sedap. Kamu bisa juga menggunakan beragam bunga lain. Letakkan ke dalam vas, kemudian isilah dengan air.

3. Rempah-rempah dapur seperti kayu manis, pandan, dan jahe

Manfaat kayu manis ternyata ada banyak sekali.  Kayu manis, pandan, jahe, bisa loh dibuat sebagai pengharum ruangan. Sudah murah, alami lagi. Apalagi ketiga bumbu ini dibuat masakan yang menimbulkan aroma sedap yang menyenangkan. Jika kamu sedang berhemat, cukup gunakan bahan yang ada di dapur.

4. Kopi

Untuk yang satu ini baunya tak kalah menarik. Selain nikmat saat meminumnya, kopi bisa kamu gunkan sebagai pengharum ruangan. Letakkan bubuk kopi di tiap sudut ruangan, terutama dekat AC.

5. Minyak aromaterapi

Lavender dan lemon-grass merupakan contoh tumbuhan aromaterapi. Kerap pula keduanya digunakan untuk pijat terapi. Selain sebagai terapi, kedua tumbuhan tersebut juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan. Minyak aromaterapi ini bisa kamu teteskan di tiap sudut ruangan, cukup dua atau tiga tetes.

6. Beeswax alias lilin lebah

Beeswax atau lilin lebah adalah adalah lilin lebah yang diproduksi dari sarang lebah. Lilin ini berbentuk seperti butiran beras yang berwarna kuning pucat. Penggunaannya mirip dengan lilin aromaterapi pada umumnya. Kamu bisa membelinya dalam bentuk lilin, atau masih dalam bentuk butiran dan membuatnya sendiri di rumah.

7. Bunga kering atau potpourri

Jangan buru-buru membuang bunga yang sudah layu. Keringkan bunga tersebut dengan cara menggantungkannya selama beberapa minggu hingga kering. Setelah itu, letakkan di tempat favoritmu.

8. Baking soda untuk menutupi bau tak sedap

Sejak dulu, baking soda memang terkenal memiliki sejuta fungsi.Selain menjadi bahan untuk membuat kue, kamu juga bisa lho membersihkan kotoran yang menempel di kamar mandi menggunakan bahan ini. Menariknya lagi, baking soda juga mampu menutupi bau tak sedap yang ada di hunianmu. Wajib ada nih di rumahmu kalau fungsinya berbagai macam seperti ini!

9. Cuka, menghilangkan bau sekaligus membersihkan udara

Tidak butuh air purifier lagi kalau mau mengharumkan serta membersihkan udara di ruangan.Kamu bisa memanfaatkan salah satu bahan dapur yang cukup populer, yaitu cuka. Kandungan di dalamnya mamou menghilangkan aroma tidak sedap dan menjaga udara sebersih mungkin. Tempatkan cuka ke dalam wadah dan letakkan pada area yang kamu inginkan.