22
Jul

9 Inspirasi Desain Masjid Minimalis yang Adem & Bikin Takjub!

9 Inspirasi Desain Masjid Minimalis yang Adem & Bikin Takjub!

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Rumah minimalis terus meraih minat yang tinggi dari masyarakat. Simak 9 contoh desain masjid unik yang bisa kita aplikasikan di indonesia selengkapnya. Masjid adalah tempat ibadah umat islam Ooleh karena itu perlu juga adanya desain masjid minimalis modern sesuai dengan syariat islam. Gambar denah desain masjid musholla modern minimalis sajadah sehingga memiliki desain/denah yang efisien. Yuk simak 9 Inspirasi Desain Masjid Minimalis yang Adem & Bikin Takjub!

1. Desain Masjid Minimalis dengan Kubah

desain masjid minimalis

Inspirasi desain masjid yang pertama adalah arsitektur modern minimalis. Memiliki luas bangunan yang tidak terlalu besar, desain ini sangat cocok untuk kita terapkan pada komplek perumahan. Detailnya yang sangat minimalis baik interior dan eksterior membuat masjid ini tetap estetis. Denah masjid ini pun sangat sederhana dan bisa kita rancang sesuai ketentuan dalam agama islam.

2. Desain Masjid Minimalis Model Kubus

desain masjid minimalis

Kekinian, desain masjid tak melulu konvensional atau tradisional. Contohnya adalah desain masjid ini yang kita rancang dengan model tak biasa. Model kubus dengan minim detail membuat desain masjid ini tampak menarik. Desain masjid ini juga memiliki pembagian pintu keluar masuk untuk pria dan wanita.

3. Desain Masjid Minimalis yang Artistik

desain masjid minimalis

Desain masjid minimalis selanjutnya kita rancang oleh Manco Architects. Konsep ini mencoba untuk menggabungkan privasi yang dirancang secara artistik dan ikonik. Titik fokus desain masjid ini adalah beton yang berbentuk kubus dengan dinding ala semen ekspos. Selain itu, keunikan desain ini adalah adanya lentera di sela-sela dinding yang membuat penerangan lebih apik pada malam hari.

4. Desain Masjid Minimalis Kontemporer

desain masjid minimalis

Bentuk kubus memang memiliki daya tarik tersendiri dalam pengembangan arsitektur masjid kekinian. Misalnya saja masjid ini yang dirancang sebagai bagian dari perkembangan kota Riyadh, Arab Saudi yang berkembang pesat. Fasadnya yang unik dengan material marmer hitam putih dibentuk dengan cara kontemporer. Bagian lainnya dilapisi dengan aluminium, yang menginterpretasikan seni abstrak. Desain masjid di berbagai negara mulai merambah dengan gaya semacam ini.

5. Desain Masjid dengan Ornamen

desain masjid minimalis

Desain masjid selanjutnya dipenuhi ornamen pada bagian fasad. Didesain persegi panjang, masjid ini sangat cocok dibangun di area sisi jalan utama dengan lahan terbatas dan mudah diakses. Meski dipenuhi ornamen, namun masjid ini tetap terlihat estetis dan apik.

6. Masjid Minimalis Bergaya Nordik

Bagi yang ingin mendesain masjid yang unik dan tak biasa biasa meniru inspirasi masjid bergaya Nordik ini. Masjid kontemporer ini menampilkan pahatan kubah dengan kombinasi gaya Nordik dan Islam. Bentuk kubah dan detail minimalis merupakan interpretasi abstrak dari arsitektur tradisional Arab.

7. Desain Masjid yang Unik

desain masjid minimalis

Ingin menampilkan masjid yang unik dan menjadi sorotan setiap saat? Desain masjid kontemporer ini bisa jadi preferensi karena dibangun dengan arsitektur unik. Dari luar, bangunan ini memang tidak tampak seperti masjid. Namun, adanya kaligrafi Arab di sebagian fasadnya membuat bangunan ini dapat dikenal sebagai tempat ibadah. Selain itu, pintu dan dinding sebagiannya yang dari kaca membuat tampilan masjid ini sangat menawan.

8. Desain Masjid Bergaya Mewah

Inspirasi desain masjid selanjutnya memiliki karakter yang sangat mewah, namun tetap minimalis. Tampilannya yang putih dan bersih membuat nyaman untuk menjadi tempat ibadah. Belum lagi, dekorasi lampu di sela-sela dinding membuat suasana menjadi hangat dan istimewa pada saat malam hari.

9. Desain Masjid Minimalis Tradisional

Inspirasi desain masjid selanjutnya bergaya tradisional, akan tetapi memiliki unsur minimalis. Dengan kata lain, tampilan masjid ini tidak memiliki detail yang rumit dan berlebihan. Fasadnya memiliki ornamen sederhana dengan kombinasi warna cokelat dan krem. Terdapat pula batu alam yang menghadirkan unsur natural. Desain masjid ala Indonesia seperti ini banyak ditemukan baik diperkampungan atau perkotaan.

Setelah membaca artikel mengenai 9 Inspirasi Desain Masjid Minimalis yang Adem & Bikin Takjub! Semoga menambah wawasan kamu yaahh

READ  Inspirasi Mendekorasi Rumah