08
Okt

9 Desain Rumah Tropis Minimalis Estetis dan Dijamin Anti Gerah

9 Desain Rumah Tropis Minimalis Estetis dan Dijamin Anti Gerah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Tahukah kamu bahwa negara Indonesia menerima cahaya matahari rata-rata 12 jam per hari? Kondisi iklim ini dipengaruhi oleh arah sinar matahari yang terjadi sepanjang tahun. Maka dari itu, banyak masyarakat Indonesia yang merancang rumah yang cocok dengan iklim tropis. Akan tetapi kata “tropis” bukan lagi untuk sekedar nama iklim, tetapi sudah berkembang maknanya menjadi gaya bangunan. Berikut ini 9 desain rumah tropis minimalis sangat estetis dan dijamin anti gerah.

A. Inspirasi Desain Rumah Tropis 

Popularitas hunian bergaya tropis memang semakin menanjak dengan meningkatkan tren travelling di kalangan milenial saat ini. Kini kamu bisa menciptakan rumah tropis yang membuat seakan berlibur setiap hari dengan berbagai inspirasi desain berikut!

1. Terasa Segar dengan Fitur Kolam 

rumah tropis

Kolam renang selalu jadi fitur andalan untuk menciptakan kesan hunian yang lebih sejuk dan segar. Di iklim tropis yang panasnya minta ampun, menyegarkan diri dengan berendam kolam renang pribadi tentu jadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Dapatkan inspirasi desain kolam renang terbaik yang bisa kamu tiru dengan mudah di rumah.

2. Rumah Tropis Berlantai Kayu Mangga

rumah tropis

Terletak jauh di pedalaman kebun pohon karet di Sri Lanka, terdapat sebuah rumah tropis unik yang menyajikan pemandangan spektakuler. Bukan hanya memamerkan panorama hutan yang memanjakan mata, hunian tersebut juga menyimpan sebuah rahasia arsitektur. Material papan kayu yang digunakan di sebagian besar interiornya diambil dari pohon mangga.Kayu olahan tersebut memberikan aksen yang berbeda dan tentunya cocok dengan tema tropical dari bangunan itu sendiri.

3. Rumah Pantai Bali

rumah tropis

Pulau Dewata dikenal sebagai salah tujuan wisata terbaik dunia yang menawarkan keindahan pantai, budaya, dan gaya arsitekturnya yang unik. Maka tak heran jika beach house alias rumah pantai khas Bali jadi salah satu referensi yang paling populer untuk menciptakan hunian bernuansa tropis. Lantai bercorak hitam putih yang khas berpadu dengan berbagai material kayu alami menjadi kunci utama untuk mendapatkan kesan interior otentik ala Bali. Kalau begini tinggal di rumah pun bisa serasa sedang liburan.

READ  Kreatif! Jasa Desain Interior Terapkan Hal Ini pada Rumah Minimalis

4. Plafon Tinggi Bikin Hunian Tetap Sejuk 

rumah tropis

Kesan yang sederhana dari interior rumah tropis modern berikut ini bisa kamu ciptakan dengan cara yang mudah. Aspek utama yang paling penting dari sebuah hunian bergaya tropical adalah sistem srikulasi udara yang baik. Salah satunya bisa didapatkan dengan membuat plafon yang tinggi untuk mencegah udara panas terperangkap di dalam rumah.

5. Hunian Surgawi 

rumah tropis

Bukan tanpa alasan nuansa interior rumah minimalis yang satu ini disebut surgawi, lihatlah betapa tentram dan cerahnya salah satu kamar tidurnya tersebut. Kombinasi warna putih di hampir setiap sudut ruangan tampak serasi berdampingan dengan beberapa tanaman berdaun lebar yang memberikan tampilan alami khas interior.

6. Kamar Tidur Bergaya Tropis 

rumah tropis

Elemen esensial yang jadi fokus ketika kamu ingin membuat desain interior kamar tidur di sini adalah penggunaan perabotan dan dekorasi yang tepat. Misalnya kamar tidur milik desainer Ralph Lauren yang terletak di Jamaica ini. Seluruh interior ruangan terdiri dari dua elemen utama yaitu material kayu yang menjadi bahan dasar perabotan serta lantainya, dan dekorasi tempat tidur serba putih. Material kayu memiliki kemampuan menyerap yang buruk, begitu pula dengan warna putih. Sehingga mampu menjaga suhu di dalam rumah tropis tetap sejuk, bahkan tanpa menggunakan pendingin sekalipun.

7. Desain Rumah Tropis Filipina

rumah tropis

Lebih dari 80% material yang digunakan untuk membangun hunian cantik ini diambil dari lingkungan sekitarnya. Selain dari segi material bangunan, desain rumah tropis tersebut juga dibuat dengan menggunakan konsep terbuka. Penggunaan jendela dan pintu kaca besar membantu menjaga sistem sirkulasi udara sekaligus sebagai sumber penerangan alami.

8. Rumah Tropis Modern Beratap Jerami 

rumah tropis

Tahukah kamu kenapa rumah tradisional Papua selalu ditutupi dengan alas berupa atap jerami?  Jadi tidak mengherankan kalau atap jerami jadi salah satu material populer untuk menciptakan desain rumah tropis modern dengan sentuhan yang alami.

READ  Tips Dekorasi Interior Cantik dengan Tangga Melayang

9. Berpajangkan Pohon Palem 

rumah tropis

Kalau atap jerami dikenal sebagai atap khas rumah tropis, kalau untuk tanaman maka titel tersebut jatuh kepada pohon palem. Ada beragam jenis pohon palem hias tercantik yang bisa kamu pilih untuk melengkapi area eksterior yang terlihat eksotis.