24
Nov

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah.

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah.

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Mempunyai ruang fitnes pribadi memang akan terasa sangat menyenangkan. Anda dapat berolahraga di rumah dengan santai. Selain itu, Anda juga bisa lebih menghemat uang dan waktu sebab tak harus selalu pergi ke pusat kebugaran untuk sekedar melatih otot tubuh ini. Investasi dalam jangka panjang pun bisa dilakukan melalui pengadaan alat gym yang lengkap. Apalagi jikalau Anda berhasil membuka bisnis gym sebagai sambilan. Anda dapat melatih otot dengan gratis sembari mendapatkan penghasilan. Wah, pasti bakalan mantap sekali. Tapi sebelumnya Anda harus menyiapkan ruang fitnesnya terlebih dahulu. Berikut ini 8 inspirasi desain interior ruang fitness di dalam rumah.

1. Jendela dan Cermin untuk sirkulasi cahaya serta udara yang baik

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah. Work Out From Home Yuk!Cermin pada area olahraga memiliki fungsi untuk mengamati pergerakan saat gerakan angkat berat atau juga yoga. Selain itu, cermin juga membantu untuk memantulkan cahaya dari jendela agar ruangan menjadi lebih terang.

Jendela pada area olahraga, selain berfungsi untuk pencahayaan juga dapat membuat pikiran bisa jadi lebih rileks dengan pemandangan dari luar jendela. Untuk ukuran cermin dan jendela tidaklah harus selalu penuh. Cukup sesuaikan dengan ruangan dan kebutuhan sobat.

2. Lantai anti slip

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah. Work Out From Home Yuk!Satu hal ini cukup penting untuk sobat perhatikan lho, pasalnya lahan lantai pada area olahraga harus terbuat dari bahan yang anti slip dan tentunya tidak licin guna meminimalisir cedera karena tergelincir.

Bahan lantai yang saya rekomendasikan bisa terbuat dari kayu yang tidak dipoles ataupun bisa dilapisi karpet. Yang paling penting, sobat perlu memastikan bahwa bahan lantai tidak akan licin.

3. Rak atau Meja untuk penyimpanan

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah. Work Out From Home Yuk!Hindari penumpukan alat angkat beban dengan menyediakan rak khusus di dekat tempat latihan, tentu saja hal ini berguna untuk menyimpan barbel agar ruangan tetap tampak rapih.

READ  Cara Memanfaatkan Asuransi Jiwa dalam Proses KPR

Selain itu sobat juga bisa meletakan botol minum dan bahkan handuk untuk menyeka keringat setelah berolahraga.

Setelah mengetahui elemen apa saja yang sebaiknya ada dalam ruang oalahraga di rumah sobat dengan singkat, seperti yang saya janjikan sebelumnya,

Yuk kita simak desain ruang olahraga seperti apa sih yang cocok di rumah sobat!

1 . Ruang Yoga yang Sederhana

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah. Work Out From Home Yuk!Apabila sobat mempunyai ruangan mungil yang belum terisi di rumah, bisa banget lho untuk di manfaatkan sebagai area olahraga yang sederhana dan bisa dijadikan tempat untuk yoga.

Salah satu kunci utama agar membuat ruangan yoga tersebut terasa lebih luas yaitu pemasangan cermin lebar pada salah satu bagian dinding. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya cermin dinding dapat membantu sobat memantau tubuh selama melakukan aktivitas.

Pastikan suasana ruangan menjadi tentram dengan menambahkan audio music agar sobat bisa lebih rileks dan fokus ketika berolahraga. Selain itu agar menciptakan ruang untuk yoga yang lebih tenang, sangat disarankan untuk mendekorasi ruangan dengan nuansa yang kalem. Tambahkan juga minyak aromaterapi dan pendingin ruangan di dalamnya pun dapat membuat sobat lebih fokus dan relaks ketika melakukan yoga.

2.  Desain Tempat Gym dengan dominasi warna putih

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah. Work Out From Home Yuk!Apakah anda senang berolahraga dengan memanfaatkan alat-alat fitness? Nah ada baiknya untuk menempatkan alat-alat fitness tersebut ke dalam sebuah ruangan.

Cobalah dengan mengecat semua ruangan menjadi warna putih agar suasana berolahraga terkesan lebih kondusif tanpa distraksi dari warna-warna yang tidak terpadu. Treadmill, sepeda statis bahkan hingga alat angkat beban biasanya memiliki warna gelap yang netral seperti abu-abu atau hitam. Maka jika diletakan dalam sebuah ruangan yang berwarna putih akan memberikan kesan seperti di tempat gym pada umumnya.

READ  Menjadikan Rumah Kontrakan Lebih Nyaman

Ada baiknya untuk memperhatikan letak posisi pada setiap alat fitness tersebut agar tidak menghalangi ruang gerak milik sobat.

3. Desain ruangan olahraga dengan area panjat dinding

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah. Work Out From Home Yuk!Meskipun area olahraga dengan fasilitas seperti panjat dinding seperti ini tergolong mewah, namun apabila sobat memang memiliki hobi panjat dinding maka tidak ada salahnya jika menginginkannya dan membuatnya di rumah.

Desain sebuah ruangan khusus dengan ukurannya yang cukup luas sebagai tempat fitness yang lain dan juga panjat dinding.Saya  jamin aktivitas sobat di akhir pekan akan semakin seru dan menyenangkan.

4. Tempat Fitness di rumah dengan tema Industrial

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah. Work Out From Home Yuk!Salah satu gaya ruang fitness yang cocok untuk sebuah ruang olahraga di dalam rumah adalah dengan konsep tema industrial. Material bata merah pada dinding dan material kayu pada lantainya berhasil membuat ruang olahraga sobat tampak lebih keren.

Karena biasanya tema industrial mempunyai nuansa yang gelap, sobat bisa mengakalinya dengan membuat jendela berupa skylight dibagian atap atau menyimpan lampu pada setiap ujung plafon agar suasana olahraga tidak mencekam.

5. Ruang Fitness dengan Balkon yang memiliki pemandangan indah

Bagi sobat yang memiliki pemandangan indah di bagian luar rumah. Sobat bisa menempatkan ruang olahraga langsung dengan balkon yang mengarah pada pemandangan indah tersebut.

Kuncinya adalah melektakan jendela kaca yang besar agar soabt dapat berlari di treadmill sambil menikmati indahnya pemandangan di luar ruangan. Sudah pasti kegiatan olahraga di rumah bisa menjadi semakin mengasyikkan.

6. Memanfaatkan Sudut Kosong

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah. Work Out From Home Yuk!Apabila anda mempunyai sudut yang jarang digunakan untuk beraktivitas, tidak ada salahnya lho untuk menyulap sudut tersebut menjadi area olahraga di rumah ketimbang menjadi area yang penuh dengan tumpukan barang. Sobat bisa menggunakan desain minimalis dan harus dipastikan bahwa sudut tersebut dapat menyesuaikan dengan konsep interior di dalam rumah.

READ  Tips Dekorasi Ruang Keluarga Untuk Bulan Ramadhan

Apabila luas sudut kosong tersebut agak terbatas, pastikan area olahraga berada di dekat jendela rumah. Dengan demikian, sobat tidak perlu merasa pengap saat berolahraga.

7. Ruang Olahraga Bergaya Rustic

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah. Work Out From Home Yuk!Sobat tidak perlu terlalu terpaku pada desain ruang fitness yang biasa sobat datangi tiap minggu. Coba deh untuk mengkreasikan desain ruang olahraga sobat sendiri di dalam rumah.

Sobat tentu bisa mencoba menerapkan gaya desain apapun, selama desain tersebut membuat sobat lebih merasa bersemangat ketika sedang berolahraga. Nah kalau ide dari saya sih misalnya dengan menciptakan area olahraga yang memiliki gaya desain rustic. Sobat bisa menghadirkan ruangan yang cantik dengan mengaplikasikan dinding bata yang ekspos.

8. Aplikasikan di Area Terbuka

8 Inspirasi Desain Interior Ruang Fitness di dalam Rumah. Work Out From Home Yuk!Tidak memiliki ruang kosong di dalam rumah namun memiliki area outdoor yang memungkinkan di gunakan untuk olahraga? Ga masalah kok!

Tidak hanya badan sobat yang akan semakin sehat, olahraga di area terbuka juga membuat pikiran akan lebih jernis. Apabila sobat tidak memiliki area terbuka, sobat bisa menyiasatinya dengan menggunakan jendela kaca.

Tubuh yang sehat merupakan hal yang sangat penting. Maka dari itu untuk mewujudkannya, olahraga adalah aktivitas wajib yang perlu dilakukan. Tentunya berolahraga di tengah pandemic seperti ini bisa menjadi salah satu cara untuk memperkuat kekebalan tubuh. Berbeda apabila datang ke fitness center yang mengharuskan sobat untuk berolahraga dengan intensif karena keterbatasan waktu penyewaan dan banyaknya deretan alat olahraga, suasana olahraga dirumah bisa dibuat lebih santai dan nyaman..