19
Okt

8 Gaya Desain Rumah Modern Yang Menawan

8 Gaya Desain Rumah Modern Yang Menawan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Seiring perkembangannya, popularitas gaya hunian modern tak membuat desain rumah klasik kehilangan penggemarnya. Bahkan, masih banyak pemilik rumah yang masih memilih untuk menerapkan desain rumah klasik sebagai identitas dan karakter  rumah mereka. Namun, banyak juga yang menggunakan gaya desain rumah klasik yang lebih disederhanakan untuk mengikuti tren yang ada. Berikut ini 8 gaya desain rumah modern yang menawan.

1. Space Flow – Ruang Yang Mengalir

Rumah Modern KontemporerAda banyak siasat untuk membagi ruangan agar tidak terlihat sempit, salah satunya menggunakan penyekat ruangan. Dibandingkan dengan dinding pemisah, penyekat ruangan lebih fungsional dan efisien. Selain membagi dan menciptakan area baru, penyekat atau partisi ruangan juga memudahkan akses perpindahan ruang. Biaya untuk memasang pintu dan sumber pencahayaan baru bisa dihemat karena penyekat ruangan hanya menutup sebagian ruangan saja. Desainnya yang cukup variatif juga membuat penyekat ruangan berfungsi sebagai ornamen dekorasi.

Mengurangi dinding pembatas untuk memberi kesan leluasa dalam interior merupakan strategi yang banyak digunakan dalam gaya desain rumah modern. Namun demikian pemisahan ruang tetap tercapai dengan menggunakan layout furniture yang memberi penegasan batas-batas pola aktivitas dalam ruang. Penggunaan dinding sekat bermateri glass block sebagai penyekat dapat digunakan untuk memisahkan ruang yang membutuh privasi, namun tetap mempertahankan kesinambungan aliran ruang.

2. Multi Fungsi Ruang Makan

Ruang Makan Modern Minimalis

Bila anda mempunyai taman di sekitar rumah, ide ini dapat diterapkan. Gunakan bukaan-bukaan besar pada dinding luar, misalnya dengan menggunakan jendela kaca dari lantai sampai langit-langit sebagai pembatas antara outdoor dan indoor sehingga ruang terkesan lebih leluasa dan menyatu dengan taman di luar. Selain itu, pilih perabot berbentuk sederhana dengan pilihan warna bernada coklat alami. Layout peletakkan perabot dapat menunjang kesan luas dalam ruangan, misalnya dengan memindahkan meja tamu ke salah satu sisi atau sudut ruang, bukan meletakkan di tengah ruangan seperti lazimnya. Unsur harmonis antara outdoor dan indoor diperkuat dengan penggunaan material utama kayu pada lantai, karpet polos tanpa motif berwarna krem kecoklatan, dan pemilihan finish material jendela yang menampilkan unsur kayu alami. Tidak terbatas pada ruang tamu saja, Anda dapat menerapkan ide desain ruang makan terbuka untuk menyatukan indoor dan outdoor.

READ  Desain Carport Minimalis

3. Bring Outdoor to Indoor

Desain Rumah Modern

Bila anda mempunyai taman di sekitar rumah, ide ini dapat diterapkan. Gunakan bukaan-bukaan besar pada dinding luar, misalnya dengan menggunakan jendela kaca dari lantai sampai langit-langit sebagai pembatas antara outdoor dan indoor sehingga ruang terkesan lebih leluasa dan menyatu dengan taman di luar.

Selain itu, pilih perabot berbentuk sederhana dengan pilihan warna bernada coklat alami. Layout peletakkan perabot dapat menunjang kesan luas dalam ruangan, misalnya dengan memindahkan meja tamu ke salah satu sisi atau sudut ruang, bukan meletakkan di tengah ruangan seperti lazimnya. Unsur harmonis antara outdoor dan indoor diperkuat dengan penggunaan material utama kayu pada lantai, karpet polos tanpa motif berwarna krem kecoklatan, dan pemilihan finish material jendela yang menampilkan unsur kayu alami.

Tidak terbatas pada ruang tamu saja, Anda dapat menerapkan ide desain ruang makan terbuka untuk menyatukan indoor dan outdoor.

4. Perpaduan Gaya Desain Rumah Modern dan Eklektik Kontemporer

interior_2591-opt-2

Jauh dari kesan membosankan, gaya desain rumah modern eklektik kontemporer amat terasa dalam interior ruang ini. Pemilihan warna putih krem untuk perabot kursi dan dinding menjadi latar belakang yang ideal, sehingga menonjolkan bentuk-bentuk perabot bernuansa modern kontemporer. Permainan level di ceiling dengan aksen lampu hias chandelier bergaya modern kontemporer, memberi kesan trendy. Pada bagian dinding, pemilihan warna didominasi warna terang dengan aksen tekstur kayu pada beberapa bagian.

Penggunaan material kayu dengan beragam gradasi warna pada lantai memperkuat atmosfir ruang yang bernuansa hangat, menarik dan cozy. Jendela kaca besar dengan tirai putih tembus pandang memungkinkan cahaya masuk secara maksimal, dan berfungsi sebagai latar belakang ideal bagi perabot dan elemen dekorasi ruang.

READ  Fungsi Bangun Ruang Bawah Tanah

5. Permainan Struktur Balok di Langit-langit

Desain Rumah Modern Minimalis

Setiap tempat tinggal membutuhkan beberapa transformasi, dalam arti tertentu, sebuah “peningkatan” agar seseorang merasa nyaman di dalamnya. Perubahan ini dimungkinkan pada tingkat konstruksi, skema warna atau dekorasi. Sesuatu dapat diubah pada awalnya, tetapi Anda harus bertahan dengan sesuatu, entah bagaimana mengalahkannya dalam format gaya yang dipilih. Balok besar terkadang menjadi batu sandungan saat memilih dan mendekorasi gaya ruangan. Hari ini kami akan berbagi dengan Anda tip tentang cara mengalahkan balok di langit-langit, menjadikannya sorotan interior.

Minimalisme perabot yang digunakan, baik dalam jumlah maupun dalam pemilihan warna, membantu mengarahkan fokus visual pada pengolahan desain langit-langit di interior ruang bergaya desain modern ini. Penggunaan skylight menjadi elemen desain yang memungkinkan pencahayaan alami masuk secara bebas dan maksimal. Bayang-bayang yang timbul di lantai menambah kesan dramatis dalam ruang. Sebagai finishing touch, sang desainer dengan cermat memilih bantal-bantal kursi berwarna merah mencolok sebagai aksen pemanis.

6. Pesona Hitam Putih

foto rumah modern minimalis

Permainan warna hitam putih merupakan timeless inspiration yang dapat dijadikan sebagai tema dalam mendesain interior untuk rumah bergaya modern.  Yang tercipta adalah atmosfir ruang berkesan elegan, modern dan classy.

7. Tatanan Non-Simetri

Rumah Modern Minimalis

Kesan dinamis dalam ruang dapat dicapai dengan penataan perabot dengan tatanan non-simetri, yaitu dengan peletakkan perabot utama yang tidak sejajar dengan dinding. Namun demikian keharmonisan visual tetap terjaga dengan pemilihan tema warna perabot utama yang monokromatis.

interior_2771-opt-2

Simetri Merupakan tatanan komposisi yang seimbang, biasanya kanan dan kiri. Tatanan simetri menimbulkan perasaan tenang dan berwibawa, karenanya banyak dipakai untuk tatanan ruang-ruang formal seperti dalam ruang pemerintahan. Tatanan simetri bila dipakai dalam ruangan rumah tinggal, dapat menimbulkan suasana yang formal, misalnya seperti dalam rumah-rumah bergaya arsitektur klasik.Salah satu daya tarik gaya desain rumah modern adalah kebebasan dalam pemilihan warna untuk interior ruang. Dalam contoh desain ruang makan rumah modern ini, perpaduan antara meja makan modern dengan kursi-kursi makan berwarna merah dan kuning berselang-seling menjadi obyek utama, sehingga tercipta atmosfir yang dinamis, dan trendy. Tirai ruang makan berwarna kuning merah keemasan menjadi aksen pelengkap yang serasi pada ruang makan ini.Tatanan sebuah ruang makan yang simetris atau seimbang. Disini memang tidak seluruhnya simetris, namun secara keseluruhan memiliki tatanan simetris yang terlihat cukup formal.

READ  Filosofi Tradisional Jepang dan Kontribusinya pada Desain Interior