17
Okt

7 Tips Panduan Desain Kamar Tidur Ideal

7 Tips Panduan Desain Kamar Tidur Ideal

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor -Begitu banyak waktu yang dihabiskan di kamar tidur, sehingga tidak heran banyak orang ingin memiliki desain interior kamar tidur yang indah dan menarik. Selain itu, fungsi utama kamar tidur sebagai tempat beristirahat dan bersantai, maka faktor kenyamanan menjadi unsur utama yang harus dipertimbankan. Berikut ini 7 tips panduan desain kamar tidur ideal.

1. Warna

Warna memiliki efek pada suasana hati Anda. Biasanya tema warna menggunakan warna putih dan pastel lembut sebagai warna utama. Tidak heran, karena warna-warna ini memberi kesan relaks dan santai, sehingga cocok digunakan. Tapi, jika Anda ingin menggunakan warna-warna yang lebih mencolok, Anda dapat mencoba menerapkannya dalam desain kamar tidur Anda.

Tapi supaya warna-warna tersebut tidak ketinggalan jaman dalam jangka waktu lama, cobalah gunakan warna-warna bernada netral, seperti warna bergradasi putih atau warna kayu, untuk dinding dan lantai yang akan dengan mudah dipadu-padankan dengan warna pilihan Anda.

Dengan menerapkan warna-warna dasar netral pada elemen-elemen utama dalam ruang, Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan beragam warna-warna cerah pada aksesori desain. Misalnya, pola dekorasi flora pada seprai, sarung bantal dan tirai dapat memiliki warna merah atau oranye dalam desain untuk mempercantik ruangan. Baca artikel mengenai psikologi warna dalam desain interior sebelum memilih tema warna tertentu untuk tidur Anda.

2. Manfaatkan Ruang Sebaik Mungkin

Jenis perabot utama dalam kamar tidur biasanya adalah tempat tidur, meja samping tempat tidur, lampu; beberapa kamar tidur yang lebih besar memiliki kursi, meja belajar, televisi, bangku, kabinet penyimpanan / lemari serta lemari pakaian.

Jika ukuran ruang tidur Anda kecil, hindari menggunakan tempat tidur berukuran besar karena akan menimbulkan kesan sempit. Selain itu Anda membutuhkan ruang gerak pada lantai yang cukup besar sehingga dapat bergerak bebas. Tetapi jika Anda harus menggunakan tempat tidur berukuran besar, lebih baik pilih model sederhana, misalnya model kepala tempat tidur yang tersembunyi. Gunakan furnitur seminimal mungkin, bila mungkin pilih jenis perabot multi fungsi, misalnya meja samping tempat tidur yang memiliki laci. Gunakan warna-warna terang dalam tema warna untuk mendapatkan ilusi persepsi ruang yang lebih besar.

Sebaliknya, kamar tidur berukuran besar harus memiliki cukup banyak furnitur sehingga tidak terlihat kosong. Anda dapat menambahkan kursi, meja, dan bahkan meja belajar. Anda juga dapat menggunakan warna-warna hangat seperti merah, oranye, coklat dan bahkan hitam-putih.

3. Tampilkan Gaya Desain Sesuai Kepribadian Anda

Kamar tidur merupakan ruang yang bersifat sangat pribadi, sehingga Anda bisa menerapkan gaya desain yang sesuai dengan kepribadian Anda. Tidak akan ada banyak orang yang melihat, sehingga Anda bisa bebas berekspresi dalam desain interior kamar tidur Anda. Ada beragam gaya desain yang bisa Anda pilih, misalnya kamar tidur minimalis, kontemporer, tradisional, eklektik, modern, dsb. Anda bisa memilih tema warna sederhana pada elemen-elemen dasar ruang, dan mewujudkan ide kreatifitas desain dalam obyek dekorasi kamar tidur ataupun aksesori ruang.

4. Kenyamanan

Pastikan Anda dapat beristirahat dengan baik dalam kamar tidur dengan memilih ranjang (matras), kasur dan bantal yang tepat untuk Anda. Hindari ranjang yang terlalu keras karena dapat menyebabkan sakit punggung. Tata semua perabot dan aksori ruang secara rapi, hindari kesan berantakan. Bila terlalu kacau maka bisa menimbulkan perasaan stres dan mengganggu saat beristirahat.

5. Lantai

Pilih material lantai kamar tidur sesuai kondisi lingkungan. Jika Anda tinggal di iklim dingin, Anda bisa menggunakan karpet untuk membuat kamar tidur Anda lebih hangat. Jika Anda tinggal di lingkungan yang hangat, Anda menggunakan lantai kayu, granit, keramik, dsb. Untuk iklim sedang, Anda bisa menggunakan lantai kayu dengan karpet hias pada lantai.

6. Pencahayaan

Pencahayaan merupakan bagian yang penting dari desain kamar tidur Anda. Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti: Berapa banyak pencahayaan alami yang masuk? Apa dampak cahaya pada warna dalam ruangan? Apakah ada elemen struktural di ruang yang akan berdampak dalam pencahayaan? Berapa besar ukuran ruangan? Berapa ketinggian langit-langit?

Untuk pencahayaan di samping tempat tidur Anda bisa menempatkan lampu pada meja di samping tempat tidur sehingga bisa digunakan sebagai lampu baca. Sedangkan untuk lampu di langit-langit, Anda bisa menggunakan lampu yang memiliki cahaya hangat lembut untuk menenangkan pikiran.

7. Gorden/Kisi-kisi

Bila terdapat jendela dalam kamar tidur, Anda bisa menggunakan gorden atau kisi-kisi untuk mengatur pencahayaan. Selain bersifat fungsional, gordern dan kisi-kisi merupakan elemen dekorasi ruang yang bisa memperkuat gaya desain pilihan. Kisi-kisi cocok digunakan untuk ruang bergaya desain modern minimalis. Sedangkan gorden biasanya memiliki beragam pola dekoratif, sehingga cocok digunakan untuk gaya desain yang bersifat klasik dan romantis.