16
Jul

7 Tips Mudah Memilih Pintu Minimalis Yang Wajib Diketahui

7 Tips Mudah Memilih Pintu Minimalis Yang Wajib Diketahui

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Memilih pintu minimalis yang tepat untuk rumah anda tidak selalu mudah. Dalam sebuah rumah, pintu tidak hanya berfungsi sebagai tempat keluar masuknya para penghuni rumah namun juga sebagai sirkulasi udara yang baik karena berukuran lebih besar ketimbang jendela pada umumnya. Oleh karena itu penting untuk mendesain pintu rumah dengan nyaman, bukan sekedar untuk memenuhi fungsi diatas namun juga fungsi estetika pada hunian Anda. Yuk mari kita lihat 7 Tips Mudah Memilih Pintu Minimalis Yang Wajib Diketahui.

7 Tips Memilih Pintu Minimalis Terbaik untuk Rumah Anda

1. Pilih Desain Sesuai Keinginan

tips mememilih pintu minimalis

Meskipun desainnya serupa dengan konsep minimalis, namun tetap saja banyak faktor pembedanya. Misalnya, model pintunya, material pembuatnya, jenis handle pintu yang digunakan, ataupun ukurannya. Jadi, selain disesuaikan dengan gaya rumah Anda secara keseluruhan, Anda juga perlu mempertimbangkan pilihan sesuai keinginan. Jangan salah pilih ya, agar Anda betah dan tidak cepat bosan!

2. Pilih Pintu dari Material Terbaik

tips mememilih pintu minimalis

Faktor yang kedua yang sama pentingnya untuk kita pertimbangkan adalah soal material yang digunakan. Alasannya, berbeda bahan tentu berbeda manfaat dan fungsinya juga bagi Anda. Misalnya, bahan kayu memiliki desain yang lebih elegan, bahan fiberglass lebih kuat dan tahan lama, dan bahan PVC lebih murah. Bila fokus utama Anda ada pada daya tahan pintu, maka pilihlah pintu yang terbuat dari bahan fiberglass yang teruji ketangguhannya. Namun, bila soal harga yang jadi pertimbangan utama, maka material PVC jelas pilihan terbaiknya.

3. Perhatikan Juga Soal Warna dan Motif Pintu

Jangan lupa pertimbangkan juga soal warna yang digunakan pada pintu. Agar tidak merusak desain rumah Anda, tentu pemilihan warna pintu minimalis pun harus disesuaikan dengan warna rumah secara keseluruhan. Untungnya, kini pintu minimalis tersedia dalam beragam pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini memang tidak memiliki pengaruh yang terlalu signifikan atau langsung. Namun, dari segi desain dan estetika, pemilihan warna pintu minimalis yang tepat tentu sama pentingnya untuk dipertimbangkan seperti juga faktor lainnya.

READ  Cari Tahu Yuk Ciri-ciri Batu Bata Merah yang Bagus atau Baik

4. Pilih Pintu Minimalis Berdasarkan Ukuran

tips mememilih pintu minimalis

Selain memillih warna dan bahannya, penting juga untuk memilih ukuran pintu yang tepat untuk rumah Anda.Misalnya, jika Anda membutuhkan pintu utama, ukurannya tentu akan berbeda dengan pintu halaman belakang. Memilih pintu minimalis untuk kamar mandi pun pasti berbeda dengan memilih pintu untuk garasi rumah.Jangan sampai ukuran pintu terlalu besar atau terlalu kecil, karena justru akan membuat pintu tidak terpakai dan terbuang sia-sia.

5. Pilih Berdasarkan Fitur yang Ditawarkan

Selain sebagai akses lalu lintas untuk masuk dan keluar rumah, pintu juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai unit pengaman rumah. Oleh karena itu, penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan soal fitur atau sistem keamanan yang ditawarkan oleh pintu tersebut.Pada banyak rumah modern, penggunaan pintu tradisional kini telah semakin tergantikan dengan penggunaan pintu cerdas.Hal ini dikarenakan pintu cerdas menawarkan fitur yang lebih baik terutama dari segi keamanannya. Salah satu fitur canggihnya yaitu sistem keamanan kuncian pintu yang terkoneksi langsung dengan berbagai gawai melalui sambungan nirkabel seperti Wi-Fi.Dengan demikian, penghuni tak perlu khawatir lupa mengunci pintu karena penggunaan pintu cerdas memungkinkan kontrol pintu secara jarak jauh.

6. Sesua ikan dengan Kondisi dan Kebutuhan

tips mememilih pintu minimalis

Apakah Anda merasa membutuhkan pintu baru atau cukup dengan pintu bekas namun masih berkualitas baik? Jawabannya tentu akan bergantung pada kebutuhan Anda. Misalnya, apabila Anda ingin membeli pintu minimalis untuk area gudang, pintu bekas pun tentu masih memungkinkan.

Namun, apabila tujuannya untuk pintu depan, tentu akan lebih baik apabila Anda memilih pintu baru yang jauh lebih berkualitas. Anda juga bisa mempertimbangkan pintu minimalis sesuai kebutuhan pengguna ruangannya. Misalnya, untuk kamar anak perempuan, pilihannya tentu berbeda dengan kamar laki-laki dan kamar utama. Mempertimbangkan pilihan yang sesuai kebutuhan dijamin tidak akan membuat Anda cepat bosan!

READ  Ruang Makan Menurut Feng Shui

7. Memilih Pintu Minimalis Sesuai Anggaran

tips mememilih pintu minimalis

Pertimbangan ini bisa jadi sangat mempengaruhi pertimbangan-pertimbangan lainnya. Meskipun Anda telah memilih pintu minimalis yang warnanya sesuai, bahannya sesuai, dan ukurannya sesuai.  Namun apabila tidak sesuai dengan anggaran, kemungkinan Anda akan membatalkannya, kan? Jadi, daripada Anda menyesal kemudian, mendingan persiapkan segalanya dengan baik dari awal ya!