05
Feb

7 Tips Mudah Membuat Rumah Sehat dan Bebas Penyakit

7 Tips Mudah Membuat Rumah Sehat dan Bebas Penyakit

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Dengan kesibukan ibu kota yang luar biasa padat, tentu hidup sehat adalah impian semua orang. Hidup sehat bisa dimulai dari pola hidup yang kita jalani sehari-hari, seperti makan dan olahraga. Namun apakah cukup sampai di situ? Desain rumah yang sehat dengan elemen-elemen yang diperhatikan dengan baik akan semakin meningkatkan pola hidup yang sudah Anda terapkan sebelumnya.Memiliki hunian di negara tropis seperti Indonesia yang sering mengalami cuaca tak menentu tentu memerlukan sejumlah kiat untuk kenyamanannya. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta yang tingkat kelembabannya terbilang tinggi, hawa panas menjadi bagian keseharian. Berikut ini 7 tips mudah membuat rumah sehat dan bebas penyakit.

1. Kebersihan

Kebersihan merupakan poin pertama dan paling penting untuk rumah yang sehat. Lingkungan rumah yang bersih nyaris sudah pasti akan sehat.

Sedangkan lingkungan rumah yang kotor, penuh debu, sampah, bahkan juga kotoran lain akan mudah menghadirkan virus, bakteri, kuman, serta tentunya hewan hama yang tak diinginkan. Menjaga kebersihan rumah merupakan salah satu tips pasti untuk lingkungan yang sehat.

Pastikan untuk selalu menyapu lantai, membuang sampah, membersihkan debu dari perabotan, dan juga mengelap jendela. Tidak itu saja kebersihan lingkungan seperti halaman dan juga bagian depan rumah tak kalah penting.

2. Sirkulasi udara

tips rumah sehat

Keadaan rumah yang pengap akan mudah menghadirkan virus serta bakteri. Belum lagi mudahnya jamur dan kuman untuk tumbuh di daerah rumah yang lembab. Untuk itu pastikan seluruh bagian rumah memiliki sirkulasi udara yang bagus. Keluar dan masuknya udara ini juga akan membantu untuk menghindari ruangan yang lembab.

READ  Jenis - Jenis Kuas Cat

Sirkulasi udara memang sebaiknya dihadirkan melalui jendela. Ini merupakan cara paling mudah untuk memastikan ada pergantian udara di dalam rumah. Namun bila tak mungkin adanya menggunakan jendela, gunakan kipas exhaustion khusus yang akan membantu untuk sirkulasi udara di dalam ruangan rumah.

Pastikan seluruh ruangan di rumah memiliki sirkulasi udara yang bagus, ya!

3. Cahaya matahari

Seperti juga sirkulasi udara, cahaya matahari sangat penting untuk keadaan rumah yang sehat. Setiap bagian dari ruangan di rumah seharusnya memiliki kesempatan untuk mendapatkan sinar matahari.

Ruangan yang tak pernah terkena sinar matahari sangat rentan menjadi lembab. Sehingga virus, bakteri, jamur, dan kuman akan sangat mudah tumbuh dan berkembang biak. Hanya saja, bila ada bagian rumah yang tak mungkin terkena sinar matahari, pastikan untuk menggunakan pencahayaan yang tepat.

Hindari menggunakan cahaya lampu neon yang hanya akan membuat rumah terang dan ruangan panas. Pencahayaan dari lampu ini juga akan membantu untuk menghindari lembab dan juga bakteri yang mungkin muncul.

4. Perhatikan kelembaban ruangan rumah

Sering kali meski sudah memastikan ruangan rumah mendapatkan cahaya matahari dan sirkulasi udara yang bagus, masih terasa lembab. Ini bisa terjadi bila ruangan rumah dekat dengan sumber air. Atau bahkan juga karena kondisi tanah pada rumah. Ruangan rumah yang lembab sangat berbahaya untuk kesehatan.

Pastikan untuk memperhatikan tingkat kelembaban dalam rumah. Saat ini sudah ada berbagai teknologi untuk mengecek suhu dan kelembaban. Bila kadar air dalam udara di rumah tinggi, maka ruangan akan menjadi lembab. Untuk itu bisa menggunakan humidifier atau alat lain untuk mengatasi kelembaban di rumah. Juga bisa menggunakan penetral kelembaban lain.

READ  Anti Licin, Gunakan Jenis Keramik Kamar Mandi Ini

5. Bebas hama

Kecoa, tikus, nyamuk, rayap dan hama lain-lain menjadi salah satu ciri rumah tidak sehat. Bahkan banyaknya semut di rumah dalam menjadi indikasi rumah tersebut tidak bersih.

Untuk membuat rumah yang sehat, maka pertama-tama pastikan tak ada hewan yang menjadi hama. Tak ada nyamuk, lalat, atau tikus dalam rumah. Untuk membebaskan rumah dari hama memang tak mudah. Proses pembersihan saja kadang tidak cukup untuk menghilangkan hama dari rumah.

Saat kondisi ini, bisa menggunakan cara seperti menggunakan perangkap tikus dan nyamuk, menghindarkan makanan dari lalat, menggunakan penyemprot untuk kecoa. Bahkan bila perlu menggunakan jasa pembasmi hama untuk rumah.

6. Tanaman

rumah sehat dan nyaman

Adanya tanaman menjadi tanda lain dari rumah yang sehat. Tanaman bukan hanya akan mempercantik ruangan dan juga rumah tersebut. Melainkan membantu proses pembersihan udara, serta sirkulasi di dalam ruangan. Banyaknya tanaman juga menjadikan rumah terasa teduh dan hijau.

Sehingga sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan rumah tak berlebihan. Bila menginginkan tanaman di dalam ruangan rumah, pastikan memilih tanaman yang bisa membersihkan udara. Sebaliknya hindari jenis tanaman yang akan banyak menyedot oksigen saat malam hari.

Jenis tanaman ini justru akan berbahaya bila diletakan di dalam ruangan rumah. Untuk tanaman di luar ruangan, pastikan menggunakan jenis yang teduh. Serta membantu memproduksi oksigen.

7. Tak ada genangan air

Genangan air merupakan sumber dari banyak penyakit. Salah satunya demam berdarah. Untuk itu pastikan tak ada genangan air di rumah. Mulai dari di kamar mandi sampai kolam. Bila kamar mandi menggunakan bak, maka bersihkan secara teratur. Pastikan tak ada jentik-jentik nyamuk di dalam bak kamar mandi. Hal yang sama juga bila terdapat kolam di rumah.

READ  Kesalahan Sepele Dalam Mengecat Rumah yang Dapat Berdampak Besar

Untuk membuat rumah sehat memang terbilang gampang dan susah. Ada beberapa hal yang sangat wajib diperhatikan dari tips di atas.