21
Okt

7 Tips Membuat Rumah Lawas Kembali Segar dan Kekinian

7 Tips Membuat Rumah Lawas Kembali Segar dan Kekinian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Merawat rumah bukanlah hal yang mudah. Anda memerlukan waktu, selera, dan biaya. Merawat saja sukar, apalagi membuatnya tetap indah? Pasti semakin sukar dan mahal. Tidak begitu juga. Anda bisa menjaga bahkan meningkatkan keindahan rumah Anda. Simak ulasan berikut mengenai 7 tips membuat rumah lawas kembali segar dan kekinian.

1. Menambahkan teras dek

7 Tips Membuat Rumah Lawas Kembali Segar dan Kekinian

Anda dapat memberi tambahan teras dek agar rumah lawas tampak kekinian. Keberadaan teras dek akan membawa kesan riang dan segar pada eksterior dan halaman rumah Anda. Bahan teras dek umumnya adalah kayu keras seperti jati, ulin, ipe, bengkirai, dan pinus. Untuk pilihan yang lebih ekonomis, Anda dapat memilih aluminium, vinil, atau material komposit seperti fiber cement yang kini banyak diminati. Material komposit saat ini memiliki pilihan warna dan tekstur yang sangat mirip dengan bahan natural seperti kayu.

2. Mengganti daun pintu

7 Tips Membuat Rumah Lawas Kembali Segar dan Kekinian

Daun pintu baru juga dapat menyegarkan penampilan rumah lawas Anda. Seperti saat membangun teras dek, pilihan yang paling disarankan adalah kayu. Bila pintu lama rumah Anda menggunakan jenis kayu solid yang berkualitas, Anda dapat dengan mudah memperbaharui tampilan dengan mengganti coating atau handle pintu. Anda juga dapat menambah elemen tambahan seperti lis atau malah meratakan ukiran yang ada untuk tampilan yang lebih modern. Dengan demikian, pintu-pintu rumah lawas yang sebelumnya mungkin terkesan berat dan muram dapat membawa suasana baru terhadap keseluruhan eksterior rumah. Agar semakin segar, Anda dapat sekalian mengganti daun jendela rumah dengan gaya desain yang sesuai dengan daun pintu yang telah terpasang.

 

3. Tambahkan furnitur baru

7 Tips Membuat Rumah Lawas Kembali Segar dan Kekinian

Furnitur kontemporer yang kekinian juga dapat membuat rumah lawas menjadi kekinian. Anda dapat memilih furnitur dengan material kekinian seperti sofa fabric, meja dengan penampang marmer atau plat besi untuk menambah kesan modern. Perpaduan interior lawas dengan furnitur modern, bila dipertimbangkan dan disesuaikan, akan menghasilkan suasana interior rumah baru yang menarik.

4. Ganti rak lama dengan rak baru

7 Tips Membuat Rumah Lawas Kembali Segar dan Kekinian

Berbarengan dengan penggantian furnitur, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk mengganti rak-rak lama yang ada di dalam rumah. Namun begitu, pastikan bahwa gaya rak-rak tersebut sepadan dengan gaya furnitur yang telah Anda miliki. Sebagai contoh, misalkan Anda telah memilih furnitur bercorak kontemporer, disarankan untuk memilih rak-rak yang juga bergaya sama.

5. Renovasi dapur

7 Tips Membuat Rumah Lawas Kembali Segar dan Kekinian

Saat ini, ruang sosialisasi keluarga bukan hanya berlangsung di ruang keluarga saja. Dapur kini menjadi zona nyaman kedua bagi anggota keluarga untuk bersantai. Fakta ini tidak selalu ada dalam dapur rumah lawas. Bahkan dapur sering kali ditempatkan di pojok belakang rumah yang kurang terurus. Oleh karena itu, renovasi dapur bisa menjadi langkah untuk membuat suasana rumah Anda menjadi segar kembali. Anda dapat memperluas dapur dan mengubahnya dengan tema dapur keninan sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga dan kerabat.

6. Renovasi kamar mandi

7 Tips Membuat Rumah Lawas Kembali Segar dan Kekinian

Bagian rumah lawas yang memiliki nasib sama dengan dapur adalah kamar mandi. Zona ini sering dianggap sebagai zona belakang yang terabaikan. Seperti status dapur modern pula, saat ini kamar mandi juga telah menjadi sumber kebanggaan penghuni rumah. Salah satu cara menciptakan kesan kamar mandi yang baru adalah dengan merombak model keramik yang ada, atau dengan mengganti sanitary ware di kamar mandi dengan jenis yang lebih terkini.

7. Menambahkan Skylight

7 Tips Membuat Rumah Lawas Kembali Segar dan Kekinian

Jika Anda memiliki rumah lawas dengan ruang dalam yang banyak dan tidak terjangkau cahaya matahari, mungkin sudah saatnya untuk menambahkan skylight pada satu atau beberapa sudutnya. Anda dapat menambahkannya di atas kamar mandi, dapur, ruang keluarga, dan sebagainya. Tidak ada patokan tertentu tentang penempatan skylight, tergantung pada keperluan Anda. Yang jelas, skylight akan memberi kesan segar, cerah, dan lapang pada interior rumah Anda.