13
Apr

7 Tips Desain Kamar Mandi Eco Friendly

7 Tips Desain Kamar Mandi Eco Friendly

Interior Kamar Mandi Modern Mewah Dengan Lemari Coklat Gelap Marmer — Stok Foto © iriana88w #363570332

Kontraktor JogjaEco friendly belakangan kian digemari kalangan muda atau kalangan millenial. Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan bisa dimulai dari penerapan desain ruangan di rumah sendiri lho! Seperti halnya mendesain kamar mandi yang eco friendly dengan cara memperhatikan bagian pemborosan mana yang bisa diakali agar lebih hemat air dan juga hemat listrik. Maka dari itu, berikut Kami sajikan 7 tips desain kamar mandi eco friendly. Yuk simak!

 

Gunakan shower

7 Cara Menciptakan Kamar Mandi Eco Friendly

Shower akan menghemat penggunaan air dan membuat mandi lebih praktis. Kamar mandi dengan shower juga lebih hemat tempat sehingga cocok buat Anda yang memiliki kamar mandi berukuran mungil. Pilih shower yang berjenis low flow yang memiliki sistem aliran air lebih hemat namun tetap mengucurkan air dengan kencang.

Pilih kloset hemat air

7 Cara Menciptakan Kamar Mandi Eco Friendly

Kloset sering kali jadi sumber pemborosan air di kamar mandi. Sebaiknya Anda mengganti kloset dengan tangki air yang ramah lingkungan. Beberapa produsen juga telah menyediakan fitur hemat air pada kloset yang ia tawarkan. Cara paling sederhana untuk memastikan kloset Anda ramah lingkungan adalah dengan memastikan kloset berfungsi dengan baik, tidak ada kotoran yang menyumbat, dan tidak ada pipa yang bocor.

Keran otomatis

7 Cara Menciptakan Kamar Mandi Eco Friendly

Area berikutnya yang berisiko jadi sumber pemborosan air adalah keran. Sering kali pemilik rumah membiarkan keran menyala ketika ia menggosok gigi, mencuci muka, ataupun bercukur. Bila tidak bisa membiasakan diri untuk mematikan air ketika tidak diperlukan, Anda bisa mengganti jenis keran menjadi keran bersensor otomatis. Keran ini akan menutup aliran air dalam waktu tertentu sehingga akan mengurangi air yang terbuang.

Maksimalkan sirkulasi

7 Cara Menciptakan Kamar Mandi Eco Friendly

Maksimalkan jendela dan bukaan lainnya di kamar mandi. Dengan begitu kamar mandi akan terhindar dari bau dan Anda tidak perlu menggunakan exhaust fan untuk mengeluarkan udara bau. Bukaan yang lebar juga akan membantu penerangan alami di siang hari sehingga akan menghemat listrik.

READ  Jenis Paving Block dan Ukuran

Lampu LED

7 Cara Menciptakan Kamar Mandi Eco Friendly

Langkah ramah lingkungan berikutnya adalah dengan mengganti lampu kamar mandi ke lampu LED yang hemat energi. Hindari penggunaan lampu bohlam karena selain boros listrik, cahaya redup dari bohlam juga berbahaya untuk dipakai di kamar mandi. Lampu yang redup akan mengurangi kemampuan pandangan dan bisa menimbulkan kecelakaan bagi pemilik rumah yang sedang menggunakan kamar mandi.

Unsur alam

7 Cara Menciptakan Kamar Mandi Eco Friendly

Bila ruangan mencukupi, tidak ada salahnya meletakkan beberapa tanaman hidup di kamar mandi untuk kesegaran alami. Pastikan tanaman yang dipilih adalah jenis yang tidak membutuhkan terlalu banyak cahaya matahari untuk hidup.

Pembersih alami

7 Cara Menciptakan Kamar Mandi Eco Friendly

Salah satu masalah yang cukup penting namun sering terabaikan adalah kandungan pembersih kamar mandi berbahan kimia. Sebaiknya ganti alat mandi, sampo, sabun, dan pembersih kamar mandi ke bahan-bahan yang ramah lingkungan. Dengan begitu Anda akan mengurangi risiko pencemaran lingkungan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu yang sedang mencari cara untuk semakin hemat listrik dan air. Jangan lupa untuk sebarkan artikel yang bermanfaat ini kepada kerabat terdekat ya!