02
Okt

7 Jenis Kitchen Island untuk Melengkapi Fungsi Dapur

7 Jenis Kitchen Island untuk Melengkapi Fungsi Dapur

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Salah satu elemen dapur yang saat ini semakin digemari dalam desain dapur kekinian adalah kitchen island. Anda mungkin akan menyebutnya sebagai meja dapur, namun kitchen island lebih dari sekadar meja yang umum kita lihat di dapur.

Selain menjadi tempat meletakkan berbagai barang belanjaan dapur sebelum masuk lemari dapur atau sebagai tempat persiapan memasak, kitchen island juga berfungsi sebagai area bersantai di dapur. Kitchen island dapat dimanfaatkan sebagai tempat tambahan penyimpanan perkakas atau bahan dapur. Selain itu, jika Anda suka konsep rumah terbuka, kitchen island cocok menjadi pemisah antara dapur dan bagian rumah lain.Beriku ini artikel yang akan membahas 7 jenis kitchen island untuk melengkapi fungsi dapur:

1. Kitchen Island Table

Elemen dapur yang satu ini terdiri dari meja yang diletakkan di tengah atau pinggir dapur. Kitchen island table bisa berupa meja dengan empat kaki yang bagian bawahnya terbuka atau meja yang bagian bawahnya tertutup. Meja yang bagian bawahnya terbuka cenderung lebih mudah dipindahkan karena bobotnya lebih ringan.

2.  Small Non-Portable Kitchen Island

Bila dilihat sekilas, kitchen island ini memang mirip dengan yang beroda. Namun, meja yang satu ini berukuran lebih mungil dan bobotnya cukup berat. Bobot tersebut membuat Anda tak dapat memindahkannya dengan mudah. Kendati demikian, Anda masih dapat memaksimalkan fungsinya dengan memilih model meja dapur yang dilengkapi ruang penyimpanan.

3. Kitchen Island  Beroda

Jika Anda ingin memfungsikan kitchen island untuk berbagai aktivitas lain, sebaiknya Anda memilih model yang bagian bawahnya dilengkapi roda. Sehingga Anda dapat memindahkannya dengan mudah tanpa terhalang oleh bobot yang berat. Selain itu, meja dapur yang beroda juga mempermudah Anda membersihkan bagian bawahnya sampai tuntas.

READ  Plus Minus Pelapis Dinding

4. Kitchen Island dengan Base Cabinet

Dapur yang berukuran kecil tentu menyulitkan Anda untuk menyimpan perabot dan bahan makanan. Namun, Anda bisa mengandalkan solusi berupa penggunaan kitchen island dengan jenis base cabinet. Bagian bawah meja dapur ini dilengkapi rak tertutup dan terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai jenis barang. Dapur pun akan tampak lebih rapi tanpa barang-barang yang berserakan.

5. Kitchen Island  Meja Makan

Dapur yang sempit biasanya membuat pemilik rumah kewalahan menata posisi meja makan. Hal ini tak akan membuat Anda bingung lagi kalau Anda memilih kitchen island yang punya fungsi ganda untuk meja makan. Selain digunakan untuk mengolah bahan makanan, model kitchen island ini juga dapat dialihfungsikan sebagai meja makan dengan dilengkapi tambahan kursi. Anda harus membersihkannya lebih sering supaya nyaman digunakan untuk aktivitas makan bersama keluarga.

6. Kitchen Island  Berjenjang

Ukuran kitchen island yang satu ini biasanya cukup besar dan berbentuk huruf L. Salah satu sisinya lebih tinggi dibandingkan sisi lainnya sehingga dapat difungsikan sebagai mini bar atau tempat bersantai. Bagian yang lebih rendah harus disesuaikan dengan tinggi badan rata-rata sehingga nyaman digunakan mengolah bahan makanan tanpa membuat Anda mudah pegal.

7. Kitchen Island  Multifungsi

Jenis kitchen island yang satu ini terbilang lebih canggih dibandingkan jenis-jenis lainnya. Ada saluran air bersih, sistem pembuangan air, dan sumber listrik yang bisa diakses langsung dari kitchen island. Proses memasak jadi lebih mudah karena ada sumber air dan listrik yang dapat diakses tanpa membutuhkan sambungan kabel berukuran panjang.