29
Apr

7 Inspirasi Tempat Wudhu Minimalis Buat Rumah Kecil

7 Inspirasi Tempat Wudhu Minimalis Buat Rumah Kecil

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –Tidak lengkap rasanya punya rumah tapi tidak ada ruang khusus untuk ibadah. Salah satu ibadah yang diperintahkan bagi seorang muslim adalah sholat. Rasulullah SAW sendiri pernah bersabda “shalat yang afdhal bagi seseorang adalah  rumahnya, kecuali shalat-shalat wajib” (HR. Al Bukhari no. 7290) Nah untuk menambah kekhusukan sholat dalam rumah, Anda perlu mendesain ruangan khusus meskipun tampilannya minimalis, lengkap beserta tempat wudhunya. Umumnya, musholla dalam rumah ini biasanya terempatkan pada ruang terbuka, cukup terpisah dengan lemari yang pas. Berikut ini 7 inspirasi tempat wudhu minimalis buat rumah kecil.

1.   Di sebelah tempat cuci baju

tempat wudhu

Laundry room alias tempat cuci baju identik dengan area basah. Untuk itu, area ini sangat cocok jika digunakan sebagai tempat berwuduhu. Tak perlu tambahan lahan, kamu cukup memanfaatkan lahan tersebut menjadi multifungsi.

2.    Didekorasi dengan rumput sintetis

tempat wudhu

Tempat berwudhu selanjutnya bisa memanfaatkan sudut ruangan kecil seperti di atas. Agar terlihat estetis, kamu bisa menambahkan bata ekspos yang dicat dengan warna putih. Supaya semakin cantik, berikan rumput sintetis yang bisa berfungsi sebagai keset.

3.     Sudut semput untuk wudhu sekaligus menjemur baju

tempat wudhu

Punya sudut jemuran gantung?. Jangan hanya gunakan bagian atasnya aja, manfaatkan juga bagian bawahnya untuk berwudhu. Berikan tanaman hias dan pajangan berupa kanvas bergambarkan tanaman favoritmu.

4.     Sisi kosong di sebelah musala

tempat wudhu

Musala kecil juga bisa lho disisipkan tempat wudhu di sisinya. Tempatkan area wudhu ini dekat pintu masuk. Biasanya, area ini dijadikan tempat untuk meletakkan sepatu.

Namun karena ini di rumah, kamu tak memerlukannya dan bisa mengganti bagian tersebut dengan tempat untuk berwudhu.

READ  Tips Menata Meja Ruang Tamu Lebih Berkelas

5 .     Di sisi kanan mesin cuci

tempat wudhu

Masih di area dekat mesin cuci, manfaatkan bagian saluran air untuk tempat berwudhu. Berikan batu coral kecil agar tak tampak polos begitu saja. Tanaman hias juga cocok untuk mempercantik area ini.

6.      Tempat wudhu di sebelah kamar mandi

tempat wudhu

Daripada menggunakan kamar mandi untuk berwudhu, buat tempat wudhu di depannya. Dengan begitu, tak ada kemungkinan untuk terkena najis setelah berwudhu.

7.      Buat musala lebih tinggi dari area wudhu

tempat wudhu

Apabila kamu mau menyatukan musala dan area wudhu, solusinya adalah dengan meninggikan tempat sholat. Buatlah seperti rumah panggung, di mana lantai untuk sholat lebih tinggi daripada lantai wudhu.

Bedakan juga motif lantai keduanya. Untuk tempat wudhu, berikan karpet rumput yang bisa berfungsi sebagai keset. Tambahkan tanaman hias agar tampilannya semakin maksimal.