15
Des

7 Benda di Rumah ‘Tempat Favorit’ Bersarangnya Kuman

7 Benda di Rumah ‘Tempat Favorit’ Bersarangnya Kuman

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Meski rumah sudah kerap dibersihkan, ternyata banyak barang dalam rumah yang berpotensi mendatangkan kuman atau bakteri. Oleh karena itu, kita menganjurkan untuk mengganti atau membersihkan benda-benda tersebut secara rutin. Jika tidak, Anda dan keluarga bisa terserang beragam penyakit, mulai dari flu, demam, gangguan pencernaan, alergi, dan penyakit lainnya. Berikut ini 7 Benda di Rumah ‘Tempat Favorit’ Bersarangnya Kuman.

1. Mesin pembuat kopi

Menurut sebuah studi yang melakukan Roman Golash, ahli mikrobiologi pada Universitas Loyola, mesin pembuat kopi merupakan tempat yang rawan terhinggapi kuman. Ditemukan berbagai jenis bakteri, yaitu staphylococcus, streptococcus, bacillus cereus, dan E. coli.

2. Sikat gigi

Dalam sebuah penelitian yang melakukan oleh National Sanitation Foundation, tertemukan bahwa 64 persen gagang sikat gigi mengandung jamur dan ragi. Sementara itu, 27 persen mengandung coliform dan 14 persen mengandung staphylococcus.

3. Handuk

Handuk yang tergantung pada pintu kamar mandi menjadi tempat favorit kuman berkembang biak. Menurut ahli mikrobiologi Dr Gerba, wajah kita akan memenuhi oleh bakteri E. Coli saat menggunakan handuk yang sudah lama tidak tercuci.

4. Wastafel dapur

Dr Gerba mengatakan wastafel dapur adalah tempat yang dipenuhi kuman. Sebuah studi bahkan menemukan 45 persen wastafel dapur mengandung bakteri coliform.

Untuk mengatasi hal ini, Anda disarankan mendisinfeksi wastafel setidaknya dua kali seminggu.

5. Keran kamar mandi

Dalam studi NSF, ditemukan 27 persen gagang keran mengandung staphylococcus, dan sembilan persen mengandung bakteri coliform.

6. Wadah makanan anjing

Bagi yang memelihara anjing menyarankan rutin mencuci wadah makanan hewan tersebut. Sebab, menurut penelitian yang melakukan NSF, mangkuk makanan anjing merupakan sarang kuman. Studi ini menemukan, 67 persen mangkuk makanan hewan peliharaan mengandung bakteri Salmonella. Bahkan, pada sebagian mangkuk juga menemukan jejak E. Coli.

7. Keset depan teras

Bayangkan jika sepatu Anda yang kotor menyimpan banyak bakteri dan kuman. Setiap Anda puang ke rumah, pastikan Anda membersihkan bagian bawa sepatu setelah menginjak keset. Atau, tinggalkan sepatu Anda depan pintu untuk menghindari kuman terbawa masuk ke dalam rumah.

READ  Manfaat Mengaplikasikan Kaca Nako