16
Nov

7 Alasan Memilih Desain Farm House untuk Hunian

7 Alasan Memilih Desain Farm House untuk Hunian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Di indonesia sendiri farmhouse lebih dikenal dengan sebutan rumah ala desa. Arsitek desain rumah desain rumah farmhouse adalah gaya desain yang menerapkan gaya pedesaan yang tenang dan menyatu dengan alam yang di terapkan hingga ke dalam ruangan rumah. Topic desain ruangan rumah minimalis desain interior. Rumah ini terlihat simpel namun tetap elegan untuk dilihat. Ketika kita mempunyai rumah sendiri mungkin menjadi impian dan keinginan bagi setiap orang. Desain rumah bertingkat dengan bergaya farmhouse desain rumah bertingkat dengan bergaya farmhouse. Berikut ini 7 alasan memilih desain farm house untuk hunian.

 

 1. Desain Minimalis

Desain farm house memiliki desain yang minimalis - source: housplans.southernliving.com

Rumah dengan gaya farm house bisa digolongkan ke dalam kategori rumah dengan gaya minimalis karena bentuk dan tampilannya yang simple. Anda tidak akan menemukan banyak ornamen yang terpasang di dinding, lantai, ataupun langit-langit. Focal point umumnya dibebankan pada jendela yang bisa dipilih dengan model menarik, namun tetap sesuai dengan konsep farm house yang minimalis.  Pemilihan warna pada desain interior farm house juga lebih banyak menggunakan warna putih, abu-abu, dan juga krem yang membuat kesan minimalis jadi semakin kental.

2. Suasana Hangat

Rumah bergaya farm hosue memberikan suasana hangat - source: distinctconstuction.com

Suasana hangat dapat dirasakan di rumah dengan gaya farm house, dengan memilih desain interior yang didominasi oleh penggunaan material seperti kayu untuk lantai, jendela, atau tiang penyangga. Di negara bermusim dingin, penempatan perapian bermaterial kayu atau batu menjadi keharusan dalam desain interior farm house. Sementara di negara tropis seperti Indonesia, perapian elektrik atau perapian buatan bisa ditempatkan di salah satu sudut ruangan agar penerapan gaya farm house akan tampak lebih maksimal.

READ  Japandi Style, Perpaduan Desain Interior ala Timur dan Barat

3. Kesan Alami

Desain farm house menggunakan banyak material alami - source: countryliving.com

Pada awalnya, farm house merupakan rumah yang dibangun di lingkungan pedesaan, dekat dengan ladang, sawah, atau peternakan, yang berarti bahwa farm house adalah rumah yang dekat dengan alam. Untuk menjadikannya sebagai hunian yang menyatu dengan alam, material alami seperti batu dan kayu banyak digunakan pada beberapa bagian dari interior. Selain itu, keberadaan jendela besar dengan pemandangan hijau seperti taman atau halaman juga akan membuat kesan alami semakin terasa nyata. Untuk menambah kesan alami, anda juga bisa menambahkan furnitur ala desa berbahan kayu yang pasti akan membuat ruangan tampak lebih alami.

 4. Biaya yang Hemat

Gaya farm house minim menggunakan furnitur sehingga relatif lebih hemat - source: home.howstuffworks.com

Ruangan yang memiliki desain interior farm house dirancang dengan konsep minimalis, dan tidak menggunakan terlalu banyak furnitur ataupun dekorasi. Tentunya, hal ini akan menghemat biaya untuk membeli furnitur dan dekorasi yang umumnya membuat kita perlu merogoh kocek agak dalam. Selain itu, gaya farm house juga identik dengan jumlah jendela yang cukup banyak, sehingga memungkinkan sinar matahari untuk masuk dan menyinari ruangan di dalam rumah dengan mudah, yang pasti akan menghemat pengeluaran listrik di pagi hingga siang hari, karena lampu ruangan tidak perlu dinyalakan.

5. Suasana Sejuk

Penggunaan material alami pada desain farm house memberikan suasana sejuk - source: www.umbringen.co

Penerapan material alami seperti bebatuan di dinding serta adanya banyak jendela. Akan membuat ruangan dengan gaya farm house menjadi lebih sejuk. Ruangan yang sejuk dengan sirkulasi udara lancar akan membuat penghuninya merasa lebih nyaman untuk beraktivitas dan tentunya akan lebih meningkatkan kualitas kesehatan. Untuk mata, kesejukan juga bisa didapatkan dengan menggunakan furnitur ala desa seperti kursi atau meja yang terbuat dari rotan.

6. Kesan Bersih

Gaya farm house dengan furnitur terang memberikan kesan bersih - source: www.decoraid.com

Karena penggunaan warna yang terang dan minimalnya jumlah furnitur di dalam ruangan. Maka keberadaan debu dan kotoran akan lebih mudah terdeteksi. Dengan begitu, keinginan untuk selalu menjaga kebersihan rumah akan semakin tinggi karena akan muncul rasa tidak nyaman melihat rumah yang kotor.

READ  Kenali 5 Jenis Countertop untuk Dapur Kesayangan Anda

7. Desain Unik

Desain farm house memiliki desain unik dan minimalis - source: www.architectmagazine.com

Sekalipun bisa dikategorikan sebagai rumah dengan konsep minimalis. Eksterior dan interior rumah gaya farm house lebih unik dibandingkan dengan rumah berkonsep minimalis total. Melihat banyaknya referensi di internet, rumah gaya farm house dapat dengan mudah dipadupadankan dengan gaya lain tanpa terlihat aneh. Misalnya, desain interior farm house akan terlihat sangat apik jika disandingkan dengan desain furnitur bergaya industrial.